How to be popular?

1.3K 180 48
                                    

Gimana caranya agar bisa menjadi penulis yang populer? 

Definisi populer di sini maksudnya itu ceritanya dibaca banyak orang, sekali update cerita banyak banget yang komen, setiap paragraf yang dia tulis selalu ada puluhan komentar, dan banyak yang membagikan ceritanya di media sosial. 

Gimana caranya?

Sejujurnya, aku juga nggak tahu caranya. Karena semua penulis pasti berusaha untuk menulis cerita yang menarik. Namun, memang hanya beberapa penulis yang berhasil 'menyentuh' hati pembaca. Aku bahkan masih perlu banyak belajar untuk berhasil menyentuh hati para pembaca seperti itu. 

I know, semua penulis punya rejeki masing-masing. Dari dulu, aku terus meyakini itu. Penulis yang terlihat sangat sukses pun, pasti memiliki tekanan atau kesulitan yang nggak bisa semua orang lihat. Untuk mencapai kesuksesan itu, pasti mereka sudah melalui banyak hal.

So, mereka layak mendapatkannya. 

Jika kita ingin populer seperti mereka, yang harus kita lakukan mungkin harus berusaha lebih keras lagi. Menulis tiga kali lebih giat dari biasanya, membaca novel lebih banyak dari biasanya, berdoa lebih banyak dari biasanya dan mungkin masih banyak kebaikan yang harus kita lakukan. 

Kalau kita hanya main hp dan rebahan aja, kapan kita bisa sukses?

Aku nulis semua ini juga sebagai pengingat untuk diri aku sendiri. I'm not perfect at all, but I will try harder to be awesome. Wish me luck.

Sekarang menulis bukan cuma hobi bagi aku, melainkan kewajiban. Dengan menulis, aku ingin membuat kedua orangtua aku hidup lebih bahagia. Bukan cuma bangga, tapi bahagia. 

Aku juga ingin membuat orang lain tersenyum saat membaca cerita yang aku tulis. Semakin banyak yang tersenyum, aku merasa semakin bersyukur. 

Sekarang menulis cerita baru bagi aku bukanlah hal yang mudah. Well, rasanya nggak semudah beberapa tahun yang lalu. Aku merasa memulai semuanya lagi dari awal. Tapi, aku percaya, kalau aku lebih rajin update, mungkin cerita aku akan semakin banyak yang baca. Seperti dulu. Iya, kan? Heheh

Sayangnya ada aja kerjaan atau kegiatan lain yang menghambat waktu aku menulis. Tapi untungnya, masih ada aja pembaca setia yang mengingatkan aku untuk Update cerita. Aku sangat berterima kasih. Serius. Di sela pekerjaan aku, setiap malam, aku berusaha menulis sekarang. 

*Menghela napas*

Ayo, kita sama-sama semangat untuk menjadi penulis yang lebih baik lagi setiap harinya. Fighting! Xx -Cipa

Curahan Hati Penulis AmatirWhere stories live. Discover now