Hati-hati dalam Menulis

1K 173 49
                                    

Apa ada aturan dalam menulis sebuah cerita?

Bukannya semua orang itu bebas menulis apa yang mereka suka?

Kenapa harus berhati-hati dalam menulis?

Yak, itu uneg-uneg yang ada di kepala aku beberapa hari ini, setelah tidak sengaja menemukan cerita yang mungkin menyerempet 'bahaya' dan bikin aku takut.

Kenapa bahaya? Kenapa aku takut?

Karena setelah aku baca 2 part-nya, itu menyerempet ke arah 'mature content' tapi dikemas ringan dan pokoknya enteng banget kayak masih di batas wajar. Padahal serem, kalo menurut aku. Anak di bawah umur harusnya nggak boleh baca.

Aku nggak mau sebut judulnya, dan aku juga nggak bermaksud menyindir ya. Karena aku yakin, mungkin di wattpad bukan hanya cerita itu aja yang kayak gitu.

Konflik anak sekolahan, tapi ada mature content.

Konflik anak sekolahan, tapi membahas toxic relationship yang menyerempet ke arah 'mature content'.

Tolonglah, ingat, usia pembaca itu beragam. Boleh bikin cerita dewasa, tapi patuhi aturan yang ada soal genre dan setting cerita.

Janganlah konflik 'berbahaya' dikemas terlalu ringan bahkan jadi romantis. Bayangin aja kalau kamu punya adek masih SMP, terus dia baca. Perasaan kamu gimana?

Aku bukannya mau sok suci. Aku juga dulu pernah menulis cerita FF yang 18+, tapi akhirnya aku berhenti, karena aku nggak mau merusak otak orang lain. Aku juga nggak mau merusak otak aku lebih jauh lagi wkwk

So, aku berhenti. Beralih nulis Teenfiction, dan aku merasa jauh lebih tentram. Kolom komentar juga isinya adem-adem banget dan fokus sama konflik cerita atau karakternya.

Tujuan aku beralih nulis Teenfiction, karena konfliknya remaja banget dan aman. Tapi, setelah aku amati, sekarang walau genrenya Teenfiction ... ternyata ada aja yang masukin adegan yang berbahaya.

Jadi, aku bingung. Why? Kenapa harus ada adegan atau dialog seperti itu?

Dan kenapa cerita yang konfliknya seperti itu banyak banget yang baca?

Ayo, apa ada yang bisa jawab?

Aku serius nanya, karena penasaran.

Sebenernya ragu buat publish part ini, karena takut sedikit menyinggung. Tapi, aku jadi kepikiran terus dan ingin tahu pendapat orang lain di Wattpad.

Jadi, begitulah. Semoga pada paham part ini sama sekali nggak bermaksud menyindir atau menyinggung. Hanya uneg-uneg, dan aku ngetiknya santai banget sambil rebahan. Jadi, bacanya juga santai aja, ya. Jangan pakai nada tinggi atau emosi. Oke oke?

Ah, sebagai pembaca juga harus bijak. Jangan malah merasa tertantang dan ikut-ikutan nulis cerita yang tidak sesuai dengan umur kamu. Serius, cerita yang bagus nggak harus selalu ada adegan kissing atau yang lebih dari itu.

Itu yang harusnya bikin kamu tertantang. Buatlah cerita bagus yang bisa dibaca siapa pun, nggak memandang usia. Bahkan aman untuk anak SMP. Bisa?

Harus bisa. Fighting! Xx




Curahan Hati Penulis AmatirWhere stories live. Discover now