Motivasi Spesial

5.1K 1K 586
                                    


Hallo!

Chapter ini akan berisi motivasi dari beberapa bintang tamu yang aku kenal. Yaitu, dari beberapa member wattpdSQUAD ❤️

Aku dapat ide membuat chapter ini saat aku lagi sharing sama mereka. Dan yah, aku senang banget saat mereka mau membantu aku untuk CHPA. Sekali lagi, makasih yaaaa!

Okay, here we go!

Fyi, mereka sama sekali nggak tau motivasi dari member yang lain, karena semuanya mengirimkan ke aku secara personal. Nggak ada yang nyontek, lho!

Tapi, ajaibnya, ada satu kesamaan dari beberapa penulis ini. Simak baik-baik, ya! Semoga bermanfaat! ;)

1. "Buat newbie di Wattpad jangan sedih kalo cerita kalian belum banyak yang baca. Karena cerita yg udah dibaca banyak juga semuanya tuh gak instan, butuh proses.

Jangan terlalu matokin ke view harus berapa dan read harus berapa. Intinya reader datang sendiri dan kita juga harus sabar karena mau sukses itu gak gampang." - Vinnaovin

2. "Untuk penulis baru yang masih awal menjamah dunia wattpad, jangan kaget kalau nggak dapat vote atau komentar seperti harapan awal.

Ingat apa tujuan kamu menulis di sini. Untuk apa kamu berada di sini. Semua nggak bisa diraih hanya dalam satu malam. Semuanya butuh proses. Nikmati prosesnya sembari belajar untuk terus memperbaiki tulisan kamu.

Jangan menyerah hanya karena cerita kamu nggak ada yang mengapresiasi. Teruslah menulis. Hasil akhir dari sebuah proses akan berbuah manis. Jangan menyerah sebelum mendapat hasil yang memuaskan. Semangat!" -rorapo_

3. "Siapa aja bisa menulis. Yang bikin beda adalah kalian mau berusaha dan tekun belajar atau enggak. Menulis itu sama kayak seni yang gak ada rumusnya. Harus banyak baca buku, rajin nulis.

Berani gagal, bikin kalian tau di mana letak kesalahan dan bisa memperbaiki diri. Makanya, suka heran sama yang baru main wattpad, terus ngeluh karena cerita dia gak ada yang baca. Niat dia sebenernya nulis untuk apa dulu?

Naik sepeda juga harus pake roda bantu dulu, kan. Jangan mau serba instan. Nanti jatuhnya nyungsep." - Faradisme

4. "Awal itu emang sakitnya luar biasa. Bisa sampai punya karya dan followers pun gak segampang membalikkan tangan. Tapi, kalau belum apa-apa udah pesimis, itu sama aja kayak kita ngatain diri kita sendiri itu pengecut.

Calon orang sukses lebih memilih terus mencoba walau sudah jatuh berkali-kali, daripada diam di dalam ketakutan akan kegagalan.

Kenapa? Karena dia punya semangat tinggi dengan kepercayaan kuat bahwa segala usahanya yang dibarengi pengorbanan tidak akan sia-sia." - twoNn22

5. "Tulislah suatu karya yang ingin lo baca, bukan yang orang lain ingin baca. Kalo lo serius mau jadi seorang penulis, jangan terpaku sama pendapat seseorang tentang ide lo karena lo ya lo bukan orang lain.

Konsisten sama ide sendiri, jangan mau disuruh-suruh ganti jalan cerita karena gak sesuai sama ekspektasi mereka. Karya lo, punya lo. Bukan punya mereka. Berkarya karena cinta bukan paksaan orang lain." - chacafaza

Curahan Hati Penulis AmatirWhere stories live. Discover now