Promosi

8.1K 1.9K 413
                                    


Bagi penulis baru di wattpad, pasti sering banget promosi di wall orang. Ngasih link, dan bilang 'baca cerita aku ya kak! Siapa tau suka'.

Apa itu salah?

Menurut aku, nggak.
Nggak salah, tapi sebenernya nggak terlalu berguna. Kenapa? Karena kebanyakan orang, sering mengabaikan promosi sejenis itu. Apalagi kalau author yang udah punya banyak banget followers. Mereka pasti males banget mampir di cerita orang yang nggak mereka kenal. #serius

Jujur, aku dulu emang pernah ngelakuin promosi ke wall-wall author lain. Tapi, karena selalu diabaikan, akhirnya aku merasa ... BODO AMAT DEH, kalau nggak ada yang baca. Yang penting, NULIS dengan hati untuk menghibur diri aja.

Yak, akhirnya aku terus menulis dan berhenti melakukan promosi. Aku hanya menulis, dan berusaha membuat cerita yang lebih menarik.

Proses aku mendapat pembaca itu cukup lama. Nggak instan. Penuh kesabaran juga.

Tapi, alhamdulillah ... sejak aku mulai mendapat pembaca, aku jadi semakin niat untuk menjadi penulis. Rasanya menyenangkan, saat tau ada yang bahagia karena cerita kita. Ada yang nangis karena cerita kita. Bahkan, ada yang selalu setia menunggu cerita kita.

Dulu, aku hanya pelajar biasa yang punya cita-cita bikin orang tua aku bahagia. Sekarang, aku adalah penulis amatir yang punya cita-cita bikin bahagia semua yang membaca cerita aku.

So, aku bisa kayak sekarang itu tidak mengandalkan promosi. Tapi, USAHA. Dan jangan lupa atau malas untuk bersosialisasi dengan penulis lain.

Aku mau curhat dikit.

Dulu banget, saat aku masih menjadi pembaca dan followers aku masih puluhan, aku pernah minta follback salah satu author favorit aku. Dan saat itu, aku nggak pernah direspon. Akhirnya aku nyerah, dan nggak berharap difollback.

Dua tahun kemudian (sekarang), tiba-tiba author itu follback aku dan bikin aku kaget. Aku sampai teriak, saking kagetnya. Dan sekarang, aku bahkan bisa satu grup sama penulis favorit aku itu.

Hayo, siapa yang bisa nebak?

Jadi, semuanya butuh proses. Jangan berharap, dalam semalam ceritamu langsung banyak yang baca. Jangan berharap, penulis favorit kamu dengan baik hati langsung follback kamu. Harus sabar, dan jangan putus asa.

Inget, semua penulis punya rejeki masing-masing.

Kamu udah berusaha nulis dengan baik, bahasanya rapi, alurnya keren, tapi ... pembaca kamu masih dikit?

Itu artinya, kamu kurang bersosialisasi. Coba deh mampir di cerita-cerita hits wattpad. Baca dan rajin kasih komentar ke cerita-cerita lain. Kenalan sama penulis yang kamu suka, sharing bareng (tanpa maksud promosi), dan belajar dari saran-saran penulis itu.

Dijamin, pembaca akan datang dengan sendirinya...

Dan mungkin emang butuh faktor 'LUCK', untuk mempunyai banyak pembaca. But, who knows? Siapa tau, sekarang kamu emang belum beruntung. Tapi, gimana dengan besok? Atau minggu depan? Nggak ada yang tau, kan?

Jadi, semangat!

Dan satu saran aku, jangan pernah promosi di kolom komentar. Itu sangat menyebalkan, dan malah bikin penulis cerita tersebut kesal. Kalo sial dan penulis itu galak, kamu bisa aja direport.

So, semoga kamu bisa mengikuti saran yang aku kasih. Tapi ingat, aku hanya berniat berbagi. Bukan menggurui. Kalau bagi kamu, promosi di wall itu SANGAT MEMBANTU, terserah :)

Curahan Hati Penulis AmatirWhere stories live. Discover now