Keluhan Jamie

1.4K 162 19
                                    

"Huaaa capek banget gue." Begitu teriak Jamie sesampainya ia di tempat perkumpulan The 6. Mereka memang berencana untuk berkumpul hari ini, sekedar untuk bersama-sama melepas penat yang menumpuk.

"Kenapa lo?" Tanya Walendra pada Jamie. Matanya masih tertumpu pada modul yang sedang dibacanya, sambil sesekali menyesap kopi yang ada di meja.

"UAS minggu depan, maket gue belum selesai, mana project ini itu juga banyak." Ucap Jamie, wajahnya terlihat lesu.

"Lo nggak malu ngeluh ujian sama Walendra yang ujiannya tiap bulan?" Jamie malah digeplak oleh Doni -yang baru saja datang- dengan partitur yang dibawanya, membuat Jamie mengaduh pelan.

Walendra berjengit, "nggak tiap bulan juga kali Don," ucapnya lirih.

"Ya tapi hampir tiap sebulan-dua bulan sekali kan Wal?" Tukas Doni kembali. Walendra hanya mengedikkan bahu, lagipula omongan Doni ada benarnya. "By the way, nih titipan lo, Jin." Ucap Doni sembari memberikan lembaran partitur -yang tadi ia gunakan untuk menimpuk kepala Jamie- kepada Jinandra.

"Wah, thank you bos!" Balas Jinandra sesaat ia menerima lembaran partitur dari Doni.

"Aduh Jam, nggak mau pulang aja lo? Gue anter deh. Tapi tidur yang bener, pasti nggak tidur kan lo? Udah berapa hari lo nggak tidur?" Brian malah bertanya merentet. Maklum, sebagai sesama anak teknik, Brian sedikit banyak bisa mengerti apa yang dirasakan Jamie. Meskipun sesungguhnya mereka berdua beda jurusan, Brian teknik sipil, sedangkan Jamie teknik arsitektur.

"Nggak usah Bri, masih sadar kok gue, baru dua hari juga." Balas Jamie, mengusap wajahnya. "Lagian kalo di rumah mana bisa tidur gue, yang ada tambah butek keingetan yang belum selesai mulu."

"Ututu, my Jamie kasian." Jaeris menguyel-uyel pipi Jamie. Biasanya kalau begini Jamie pasti akan langsung menepis Jae, hanya saja sekarang ia sedang dalam mode malas menanggapi apapun. Jae lantas lanjut berucap, "sini, mana maketnya? Mau gue bantuin nggak? Serahin aja sama abang Jaeris Abimana, dijamin beres."

"Eh nggak, nggak." Jamie cepat berucap, menolak tawaran Jae tersebut. "Lo ngegunting aja nggak lurus, malah ancur nanti maket gue, yang ada tambah pusing gue." Tukas Jamie lugas, membuat gelak tawa pecah di sore hari itu.

*****

"Kalo gini harusnya gue dulu pikir-pikir lagi pas Papa nyuruh masuk arsitektur." Jamie menghela napas berat. "Tau ah, mau nikah aja gue." Ucapnya sembari menelungkupkan wajah di meja.

"Heh, lo kata ngurus keluarga gampang?!" Iya, ini Brian yang teriak. Tak tahu juga mengapa Brian seperti skeptis dengan pernikahan, padahal yang paling sering gonta-ganti pacar juga dia.

"Semua hal yang kita jalani pasti ada kesulitannya masing-masing Jam." Giliran Jinandra buka suara. "Lakukan sebagaimana yang lo bisa aja Jam, asal lo sungguh-sungguh dan berusaha semaksimal mungkin, pasti ada jalannya kok. Usaha nggak bakal mengkhianati." Jinandra menasihati panjang-lebar.

"Iya Jam. Lagian kuliah yang bener, belajar yang bener udah pilihan yang paling mudah kok. Udah bagus kebutuhan kita masih di-provide, nggak perlu repot ngurus ini itu." Kali ini Walendra yang berucap.

"Hahaha" Jamie malah tertawa, sampai bertepuk tangan, merasa geli dengan keadaan yang tiba-tiba berubah serius. "Emang kalian semua my friends lah, terbaik. Gue ngeluh kosong aja nanggepinnya serius amat." Jamie menyeka tetesan yang keluar dari matanya karena tertawa yang terlalu kencang.

"Yeu lo mah. Nih cake-nya dimakan dulu Jam. Lo suka tiramisu kan?" Doni menoyor Jamie, yang dibalas Jamie dengan delikan tajam. Tapi begitu melihat sepotong cake yang dibawa Doni, mata Jamie langsung berbinar-binar.

"Buat Jamie aja nih Don?" Tanya Jae. Ia kemudian berpura-pura ngambek. "Uhuhu Doni jahat, kita-kita nggak dibagi."

"Jae, lo daripada sok imut gitu mending kasih gue tugas komposisi lo. Udah ditagih Bang Andra nih gue." Celetuk Jinandra, menyodorkan tangannya pada Jaeris. "Hadeh, kenapa ya gue dulu mau aja jadi ketua tingkat lo-lo pada," gerutunya lagi.

Jae cuma bisa manyun.

*****

(Eits chapternya belum selesai, masih ada Jaeris's POV hehe)

Ya halo! Dengan Jaeris disini. Hari ini gue dan anak-anak The 6 lagi pada ngumpul di cafe nih. Setelah sekian lama cukup sibuk dengan kegiatan masing-masing, akhirnya hari ini kita kumpul juga. Ya walaupun disempet-sempetin sih. Kayak Walendra tuh, masih sempet aja dia bawa modul sama textbook, padahal dibaca juga nggak. Alasan dia sih biar merasa tenang dikit bawa buku, biar merasa "kayak udah belajar", padahal mah belajar juga kagak.

Sekarang gue lagi ngedengerin Jamie yang ngeluh capek tentang kuliahnya. Ya gue bisa maklum sih. Gue aja kadang-kadang ada fase ngerasa capek, padahal gue sesuka dan se-enjoy itu sama jurusan yang gue pilih. Eh tapi nggak tau juga ya, apakah nanti gue masih bisa enjoy pas ngurusin final project yang katanya super-duper ribet itu hehe.

Balik lagi ke Jamie. Ya gue tau, pilihan dia sekarang itu bukan yang dia mau. Gue masih inget betapa bersinarnya Jamie dulu saat menceritakan plan impian dia pas jaman SMA. Eh, lo-lo pada udah tau kan gue dulu dua tahun duduk sebangku sama Jamie pas SMA?

Yeah, it also broke my heart waktu tau impian Jamie yang udah dia susun dipatahkan begitu aja. Tapi mau bagaimana lagi, punya Papa seorang arsitek yang sudah punya nama, membuat Jamie sedikit banyak "diarahkan" dipilihannya sekarang.

Eh ini gue lagi mellow, tapi sekarang Jamie-nya malah ketawa ngakak, kenceng banget lagi. Hmm, gue mau ikutan ketawa, tapi nggak tega. Kelihatan di matanya kalau dia nggak bener-bener ketawa.

Nah, ini dia Doni. Ohh, pantes aja Doni tiba-tiba ngilang tadi, rupanya beli cake buat Jamie. Iya, tadi si Doni ini tiba-tiba aja beranjak dari meja kita-kita, nggak pake ngomong apa-apa. Tsundere amat sih, gemes gue. Sama Jamie sok-sok ngajak ribut mulu. Padahal kita-kita tahu, Doni ini peduli sama Jamie. Sekarang aja, dia yang paling cepet bergerak, beli cake, biar Jamie semangat lagi. Heran juga sama Jamie, yang katanya cewek adalah makhluk yang perasa, tapi malah dia yang nggak peka. Tau ah, geregetan gue sama makhluk dua ini.



By the way, kira-kira Kiara ngerasain keluhan yang sama kayak Jamie nggak ya?

First Sight | Jae Day6Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang