5| Bus dan Foto Pahit

23.5K 2.2K 138
                                    







Haduh, Jakarta tuh bener-bener ya masih pagi gini udah bikin gerah aja. Gue yang lagi jalan di trotoar ngerasain banget hawa panas dari mesin kendaraan di jalanan yang lagi padet-padetnya jam segini. Mana ada satu mobil yang kayaknya gak ngerti tentang fungsi klakson, sampe-sampe tiap menit dia bunyiin klakson mobilnya. Belum lagi polusi dari motor bobrok yang tiba-tiba naik ke atas trotoar dan ngalangin jalan gue. Sialan tuh orang! Dia lewat di saat gue lupa bawa masker. Asap knalpotnya semriwing banget kena muka.

Kalau kayak gini gue suka menyesal kenapa apartemen gue agak jauh dari JPO. Itu alasannya gue jarang banget pake fasilitas transportasi umum Jakarta, gue lebih demen pake ojol. Kalau kayak gini kan gue harus jalan dulu, mana sendirian lagi gak ada gandengannya. Kalau bukan gara-gara Andien ngajak naik bus bareng, gue ogah cantik-cantik gini kena polusi, korupsi, dan nepotisme.

Habis menyebrangi jalanan penuh kesengsaraan itu, akhirnya gue udah masuk ke dalem bus Transjakarta dengan selamat. Tumben banget gue dapet bus yang agak sepi, biasanya rame banget kayak anak SMP lagi nge-bm. Dan beruntungnya gue dapet tempat duduk yang kanan kiri gue terbebas dari penumpang kepo. Gue kadang kalau buka YouTube suka dikepoin sama tetangga, dia mundur-mundurin kepalanya buat liat video yang lagi gue puter. Otomatis gue yang lagi nonton pun risi dan keganggu, kalau gue close videonya malah gak enak juga dia lagi anteng dapet hiburan. Kalau kosong gini kan, gue bisa bebas nunggu nyampe di halte deket rumahnya si Andien.

Sebagai kaum nunduk, jelas yang gua lakukan di dalam bus cuma berkutat sama ponsel. Yang gue buka sih pertama-tama dan paling utama adalah video mukbang, sumber kenikmatan bagi pemuja makanan kayak gue gini. Nanti kalau udah ngiler, gue cari deh cara sederhana bikin makanan yang ada di video mukbang itu. Hitung-hitung libur kerja bisa sekalian belajar masak buat calon suami nanti kan.

Kebetulan gue nemu video mukbang daging Mujigae ala-ala rumahan gitu. Gue ngeliatin cara dia makan yang kayaknya enak banget, sambil makan dia nge-review makanannya yang dia bilang sebelas-dua belas sama Mujigae asli. Akhirnya dalam hati gue muncul pertanyaan, gimana cara masak Mujigae rumahan? Dia bikin sendiri apa gimana?

Dan di akhir video, pertanyaan itu akhirnya terjawab. Dia ternyata bikin sendiri makanan itu, dan video masaknya terpisah di video lain. Otomatis gue langsung close video mukbang itu dan cari cara masak daging Mujigae rumahan. Gue udah gak sabar banget nunggu hasil pencarian gue keluar, eh pas udah muncul, gue malah dapet judul aneh di deretan video paling atas.

Cara Memasak Angin.

Bodohnya gue malah penasaran, dan akhirnya gue tonton sampe selesai. Gue gak ngerti apa yang ada di pikiran si pembuat video, apa kurang sehat, apa kurang duit kali gue gak ngerti. Aneh-aneh aja orang-orang yang hidup di negara berkembang ini. Kurang-kurangin deh makan micin.

Tapi, sumpah gue ngakak selama video itu berlangsung, gue sampe harus nutup mulut biar orang-orang di dalem bus gak nyangka gue gila. Gue gak kuat nahan ketawa, di satu sisi gue bertanya-tanya kenapa humor gue receh banget. Apa kutukan ya gara-gara isi dompet gue recehan semua.

Udah capek ketawa, gue jadi mager buka YouTube. Gue taruh ponsel gue ke dalam tas, terus gue asyik liat-liat pemandangan di luar bus sambil nungguin sampe di halte deket rumah Andien yang ternyata sebentar lagi sampe.

Pas gue lagi bengong, eh bus Tayo lewat di hadapan gue, ke arah yang berlawanan.

Pas gue lagi bengong, eh bus Tayo lewat di hadapan gue, ke arah yang berlawanan

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Tuan UltimatumWhere stories live. Discover now