10| Tragedi Tangga

16.6K 2K 88
                                    


"Ndien, lo jadi cek KTP nasabah lo gak?"

"Lah, gue udah dari tadi ngecek."

"Anjrit," umpat gue spontan, "Kok gak bilang-bilang gue? Kan gue mau nitip, Ndien!"

"Ish, mana gue tau lo udah ada prospekan. Tadi gue buru-buru ke bawah, sekalian ambil Go-food."

"Terus gimana dong gue? Ada yang mau ke bawah gak sih?"

Telepon kabel yang lagi dipegang sama si Andien langsung dia jauhin dari kupingnya pas mau jawab pertanyaan gue. "Lo ke bawah aja sih, ada Molan juga kok di bawah."

"Semprul, lo gak liat ini gue lagi ngecekin data nasabah?"

"Ribet banget deh, La. Turun buat ngecek KTP doang gak lama kok."

"Anterin ya?"

"Sendiri!" sentak dia sambil natap gue kayak ibu tiri. Sumpah deh kalau di-casting sama sinetron kisah nyata atau azab pasti dapet peran antagonis dia tuh.

"Yaudah, iya! Jagain noh data-data nasabah gue jangan ada yang bikin berantakan."

"Dah, sana!"

Gue males banget sebenernya turun ke lantai dua. Selain lagi mager, gue juga lagi males banget sama yang namanya anak tangga. Kaki-kaki rumba gue ini kalau lagi mode mager suka tiba-tiba pegel gitu pas turun. Ini kantor harusnya ditambah fasilitas lift kek gitu, jadi enak kalau mau bolak-balik antarlantai. Kalau gabut juga gak apa-apa deh kerjaan gue naik lift doang buat bolak-balik, kayak anak kecil di mall.

Tapi pas inget kalau ada Molan di ruangan Mbak Gea, kemageran gue jadi bertambah berkali-kali lipat. Pasca kejadian stempel brosur tadi, gue rada takut otak gue jadi kurang waras. Bukannya fokus input data, nanti gue malah mikir yang enggak-enggak kayak tiba-tiba mikir senyuman—ASTAGA JANGAN LAGI!

Aduh gue lagi kenapa sih hari ini, masa iya gue dikutuk jadi orang gak waras. Apa jangan-jangan ini adalah salah satu ujian dari Tuhan? Please kalau bener ini ujian, gue butuh kunci jawaban biar gue cepet-cepet lepas dari pikiran gak waras gue tadi. Kalau bisa secepet mungkin, mumpung gue belum ketemu Molan nih.

Apa ya kira-kira hal yang bisa bikin gue—"Monyong eh monyong!"

Dari sekian banyak hal yang bisa gue ucapin, entah kenapa mulut gue malah latah dengan naskah yang begitu. Tangan gue yang dari tadi anteng gak ada kerjaan pun tiba-tiba kaget dan harus nopang badan gue yang udah jatuh ke lantai. Sialan, lantai sialan! Ini siapa yang bikin lantai di sini?!

Posisi jatuh gue gak enak banget lagi diliatnya, kayak tokoh-tokoh protagonis di sinetron, yang habis didorong sama majikan galak macam si Andien. Udah gitu tumit gue sakit banget, demi apa pun di dunia ini. Perkara mau cek KTP nasabah doang kok jadi begini banget sih nasib gue, ini kalau keliatan di CCTV terus masuk salah satu program tv swasta, bisa malu nih gue.

"La, ngapain?"

Mata gue yang sedari tadi sibuk ngeliatin pergelangan tangan, sontak beralih pandang ke arah depan buat ngeliat ke sumber suara.

Tapi, yang gue liat malah bikin muka gue merah. Ini satu lantai pada ngeliatin gue!

"Eh, enggak, Mas Bim. Ini kebetulan lagi latihan loncat indah."

"Hah? Di tangga?"

"Iya, metode baru," ucap gue asal sambil coba berdiri. "Mbak Gea ada kan, Mas?"

"Ada, masuk aja."

"Oke."

Gue perlahan-lahan jalan menuju ruangan Mbak Gea, mencoba meminimalisir rasa sakit yang gue derita di bagian tumit. Pelajaran pertama pas lagi di tangga: jangan ngelamun pas lagi nurunin tangga, jangan ngata-ngatain atasan di tangga, jangan minta kunci jawaban sama Tuhan cuma biar terhindar dari bayang-bayang senyuman atasan lo. Nanti lo malu kayak gue.

Tuan UltimatumWhere stories live. Discover now