36| Unfortunately, It's Too Far

12.6K 1.8K 197
                                    









"Sekali lagi, thanks ya Molan, kamu mau nganterin Lala ke sini. I can't describe how happy i am. Especially Mama, dia pasti seneng banget."

"Ah, saya cuma nyaranin apa yang harusnya dia lakuin aja, Kak Lit. Sepenuhnya, Lala mau ke sini karena niat dan kemauan dia sendiri," gue nyeruput teh yang disuguhin Kak Lita, "Problem Lala sama Mr. Marisman kayaknya complicated banget, Kak. Saya sebenernya masih gak ngerti kenapa mereka bisa saling gak ketemu satu sama lain, selama dua tahun pula. Tapi emang sih ya, dua orang yang punya ego tinggi dan keras kepala itu susah buat baikan kalau lagi marahan."

"Ya kayak yang saya bilang tadi, Lan, mungkin topik keluarga itu sensitif buat Lala, jadi dia marah pas ayahnya tunangan tiba-tiba. Tapi saya gak bisa nyalahin siapa-siapa, karena saya ngerti sama perspektif ayah dan Lala. Problem-nya di mereka berdua, yang belum saling menerima."

"Tapi, sorry nih, Kak, kalau Mr. Marisman gak mau nemuin Lala, kenapa gak Mrs. Marisman atau Kak Lita yang nyamperin Lala? Seenggaknya bisa ngasih pengertian ke dia, kan."

"Sebenernya saya udah mau nemuin dia sebelum hari pernikahan Mama, tapi bener-bener gak boleh sama Papa, katanya Lala masih belum siap buat nerima keluarga baru."

"Dan dua tahun itu gak ada yang nyoba nemuin dia di apartemennya?"

"Kata Papa sih dia sering ngunjungin apartemen Lala diam-diam. Tapi gak tau bener apa enggak. Mama gak bisa ngebantah Papa, dan saya langsung balik ke Aussie dua minggu setelah pernikahan mereka. Baru beberapa bulan ini saya balik ke Indonesia, setelah berbulan-bulan minta pengajuan pemindahan kerja dari pusat bank yang ada di Aussie ke pusat yang ada di Jakarta. Karena kebetulan saya tahu Lala kerja di salah satu cabang bank ini, saya langsung mutusin buat nemuin dia, adik perempuan saya satu-satunya, tanpa bilang Papa. Walaupun sedih pas dia langsung pergi gitu aja pas saya bilang kakak tirinya, tapi saya seneng akhirnya dia mau pulang ke rumah buat nemuin Papa."

Satu yang gue tau, waktu Bu Lita ngomong barusan, matanya gak fokus ke arah gue layaknya orang yang lagi komunikasi. Dia menerawang ke arah semak-semak di depan teras taman, mengumbar senyum di akhir kalimatnya. Dari situ gue bisa menarik kesimpulan, bahwa walaupun mereka bukan saudara sekandung dan belum pernah tatap muka secara intens, Bu Lita bener-bener sayang sama keluarganya.

Gue salut banget sama sikap dewasanya Bu Lita. Walau cuma beda dua tahun, tapi gue ngeliatnya dia jauh banget di atas gue. Dan entah kenapa ya, gue tau gue bukan Lala, tapi gue juga ngerasa beruntung banget kalau ternyata Lala bakal tumbuh sama keluarganya yang sekarang. She should be happy, biar gak ngomel mulu bisanya.

"Lita?"

Bagai dikejutkan oleh sesosok makhluk ghaib, gue sama Bu Lita tersentak dan langsung noleh ke arah sumber suara. Beberapa senti dari tempat gue duduk, Mr. Marisman udah berdiri sambil bawa iPad. Walaupun pakaiannya kasual, tapi tatapan matanya tetep aja gak santai. Atmosfer berubah jadi kayak rapat perusahaan.

"Eh, Papa. Ada apa?"

"Papa udah selesai ngobrol sama Lala.  Kamu ke dalem sana, ajak Mama. Papa mau ngobrol sama Ramamolan."

Tatapan Bu Lita berganti ke arah gue. "Oke," dari nadanya gue tau dia juga bingung gue sama Mr. Marisman mau ngobrolin apa, "Saya tinggal dulu ya, Molan."

"Iya, Kak. Makasih tehnya."

Bu Lita ngangguk dan ninggalin gue ke dalem rumah. Gue dibiarin masuk ke dalem kandang singa.

"Kamu suka kopi, Ramamolan?"

"Lumayan, Pak. Tapi saya bukan coffee addict."

"Tidak masalah saya buatkan kamu kopi Americano?"

Tuan UltimatumWhere stories live. Discover now