25| Molan's Family

14.1K 2.1K 301
                                    










Tau gak sih apa yang gue rasain waktu nyokapnya Molan tiba-tiba nyuruh gue ikut makan malem bareng? Iya, rasanya awkward banget sih parah. Selain hari ini tuh baru pertama kalinya gue ke rumah dia dan kenal sama nyokapnya, baru hari ini juga gue ngerasain lagi yang namanya makan malem keluarga setelah sekian lama gue gak ngerasain itu.

Nyokapnya Molan juga nawarinnya kayak gak bisa ditolak, even secara halus. Soalnya setelah dia nawarin, dia langsung kabur ke dapur lagi dan berkutat sama acara masak-masaknya.

Tadinya gue sempet minta bantuan Molan buat bujuk nyokapnya secara halus, kali aja sama anaknya dikasih pengertian gitu kan. Eh, belum apa-apa dia malah angkat tangan kayak peserta MasterChef selesai masak. Dia juga nyerah katanya. Jadilah gue terpaksa harus menghormati ajakan nyokapnya Molan, gue duduk lagi di sofa dan bahas masalah kerjaan sama Molan. Sampe akhirnya acara makan malem itu dateng.

Sumpah ya, gue sebenernya tau ini tuh cuma makan malem biasa. Tapi sekarang, pas gue duduk di meja makan bareng keluarganya Molan, entah kenapa gue jadi deg-degan kayak mau ambil rapor. Di depan gue nyokapnya dia, di samping gue Molan, dan di sebelah nyokapnya itu ada adiknya yang masih SMA. Mana dia lagi senyum-senyum lagi. Gue jadi makin parno, takut aja dia ngiranya gue ada something sama Molan.

Huh, kalau aja gue orangnya masa bodo sama perasaan orang lain, udah gue tolak kali ajakan nyokapnya Molan. Mending gue pergi aja tanpa pamit. Tapi sayangnya gue gak bisa begitu.

"Maaf loh Tante, aku jadi ngerepotin Tante. Yang sakit kan Bang Molan, harusnya aku yang bawa makanan. Eh, ini malah aku yang disuguhin makanan."

Sambil nyiapin alat-alat makan, dia terkekeh. "Gak apa-apa, La. Jarang-jarang ada cewek yang mampir ke rumahnya Molan, jadi seneng aja kalau kamu dateng. Tante jadi ngerasa semangat gitu tiba-tiba, aneh banget. Maklum, Tante udah pengen cepet-cepet jadi nenek, Molan udah hampir kepala tiga soalnya."

"Ma ...," protes Molan menanggapi ucapan nyokapnya. Tatapan dia sekarang ini gue kenal, kalau udah begitu, tandanya Molan lagi memperingati.

Dan karena gue gak bego-bego banget, tentu aja gue ngerti ke mana arah omongan nyokapnya Molan. Bahkan saking cepat tanggapnya otak gue mencerna ucapan itu, muka gue jadi merah merona seperti baru. Bentar lagi gue mungkin bisa meledak. Kalau di kartun-kartun, gue mirip Patrick Star yang seluruh tubuhnya berubah jadi biru.

Sialnya, momen gue memerah itu diliat sama adiknya. Double damn!

"Kasian tau Ma, Kak Lala jadi merah gitu mukanya. Ganas banget sih baru juga ketemu sekali ini."

"Ih, Mama cuma bilang kenyataan aja loh padahal. Takut aja si Bujank lupa gitu sama umur."

"Emang Kak Lala siapanya Kak Molan deh?"

"Aku temen kantornya Bang Molan, Nan. Bang Molan ini atasan aku."

"Oh, cuma hubungan kerja gitu? Yang lain-lain juga gak?"

"Nanda, inget uang jajan kamu."

"Apaan sih! Aku lagi ngobrol sama Kak Lala, bukan sama Kakak!" ucap Nanda esmosi, Molan cuma bisa mendengus. "Eh, Kak Lala, jangan panggil Kakakku Bang dong, gak cocok. Panggil aja dia Mas."

Ngedenger itu gue tercenung. Gila aja, habis Nanda bilang gitu gue langsung ngebayangin gimana sehari-hari gue manggil 'Mas' ke atasan gue. Di kantor, di luar kantor, gak ada yang manggil Molan kayak gitu. Kalau gue beneran ngikutin saran Nanda, yang ada nambah lagi aja masalah gue di kantor. Yang kemaren belum kelar dibahas sama ibu-ibu, masa gue mau bikin mereka ngegosip lagi?

"Kamu duduk di meja makan tujuannya apa, Nanda? Makan sana!" alih-alih gue yang jawab, Molan lebih dulu menginterupsi Nanda biar dia anteng di meja makan. Syukurlah dia menyadari kalau gue mati ketombe, jadi acara makan-makannya aman dan tentram. Dan gue lebih bersyukur lagi si Nanda nurut sama Kakaknya.

Tuan UltimatumTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang