35| Memulai

13.6K 1.8K 190
                                    











Sabtu pagi seharusnya jadi awal weekend yang menyegarkan untuk kaum-kaum budak korporat kayak gue. Seharusnya gue bangun pagi untuk lari pagi, terus belanja ke supermarket di jam sepuluh. Tapi, untuk Sabtu pagi gue di weekend kali ini enggak diawali dengan aktivitas rutin itu. Atau mungkin Sabtu pagi setelah ini gak akan sama lagi. Karena, pagi ini gue mengawali hari libur dengan berpakaian rapi. Cantik di luar, tapi di dalam diri gue lagi deg-degan dan acak-acakan parah kayak diporakporanda. Soalnya, hari ini gue bakal ketemu bokap. Setelah dua tahun lamanya.

Sesuai janji, Molan mau nganterin gue ke Menteng buat nemenin gue ketemu bokap. Padahal dari status WhatsApp-nya Radian, gue liat semalem dia baru aja tanding basket sampe tengah malem. Tapi pagi-pagi buta tadi dia harus gue bikin ribet hanya karena gue udah gak tenang kayak kebakaran jenggot. Hanya karena gue butuh ditemenin, biar gue gak ngerasa sendiri.

Sekarang di mobil pun sama, dia tenang banget nyetir sambil bergumam lagu Survivor dari Destiny Child, sedangkan gue duduk dengan gelisah. Rumah bokap tinggal beberapa kilometer lagi, dan rasa takut itu makin kerasa.

Oh God, gue benci banget harus beradaptasi sama orang baru. Apalagi adaptasi buat jadi keluarga, yang notabenenya bakal nemenin gue seterusnya. Gue ngebayangin suasananya bakal awkward banget dan bikin gue gak betah. Atau malah bakal ada perubahan dari sikap bokap ke gue.

"Kenapa sih?" tanya Molan di balik kemudi, dia sempet ngelirik sebentar sebelum akhirnya fokus ngeliatin jalan lagi.

Gue menenangkan diri dengan menghela napas. "Gak apa-apa. Sorry banget ya, Lan, gue udah ngerepotin lo dari tadi pagi. Lo pasti belum sarapan ya?"

"It's ok. Lo laper emang? Mau berhenti dulu sebentar?"

"Belum laper banget, sih. Masih jam tujuh juga. Lo mau makan? Yuk cari makan dulu."

"Sama, gue biasa makan jam delapan kok. Jadi gak terlalu laper."

"Berarti ... gue ganggu waktu jogging lo ya?"

"Enggak, lo gak ganggu waktu gue. Kenapa sih? Kayaknya anxiety banget. Lo lagi mikir apa?"

"Gue ...," lagi-lagi gue menghela napas, "Gue lagi dikelilingi aura negatif."

"Maksudnya lo lagi ngatain gue aura negatif?"

"Ih, ngerti gak sih? Maksudnya tuh gue lagi dihampiri bayang-bayang yang mempengaruhi gue buat berfikir negatif gitu, loh. Kok malah tersungging?"

"Bercanda, biar lo gak cemberut mulu," Molan ketawa pelan, "Ngapain sih anxiety gitu? Lo lagi mikirin tentang bokap lo ya? Ini lo mau ketemu bokap lo sendiri loh, La. Justru seharusnya gue yang lagi dihinggapi banyak pertanyaan."

Bener juga, sih. Gue mau ketemu bokap gue sendiri, dan harusnya cukup dengan ngebayangin perang dingin sama bokap gue sejak dua tahun lalu gak pernah terjadi, hubungan kekeluargaan gue sama dia bakal balik mencair lagi kayak dulu. Jadi dari sekarang gue bisa membangun mood gue di hadapan bokap nanti, dan ngomong sama dia tanpa rasa awkward.

Tapi gimana, ya. Gue gak bisa gak ngerasain adanya perubahan kedekatan antara gue dan bokap. Dua tahun itu bukan waktu yang sebentar. Apalagi setelah gue pergi dan gak balik-balik, gue tiba-tiba nongol gini dan gak ngasih tau orang rumah dulu. Apa kata seisi rumah? Apalagi kalau gue langsung face-to-face sama ibu tiri gue.

"Eh, tapi lo pernah ketemu bokap gue kan di party perusahaan waktu itu? Apa gak ketemu?"

"Ketemu, sih," jawab dia cuek, "Dia baik. Tapi itu kan suasana formal. I mean, formalitas itu sesuatu yang fake, you know, like ... gue gak tau senyum yang bokap lo kasih waktu dia sama gue ngobrol di after party itu emang karena dia seneng atau karena memang dia seharusnya nunjukin itu. Bisa jadi pas ketemu sama dia nanti gue dikasih tatapan banteng."

Tuan UltimatumWhere stories live. Discover now