13| Melting

16.1K 1.9K 109
                                    



Dari awal gue emang udah ada firasat gak enak sama acara itu. Biasanya kalau Radian ngajak gue ke acara-acara yang banyak makanannya gitu gue semangat banget, rasanya mau berubah jadi Patrick Star yang makan semua makanan di meja dengan sekali tangkap. Tapi gairah-gairah itu gak bergejolak waktu Radian nyebut nama gue buat ikut ke pusat untuk ngewakilin tim Molan, gue biasa aja dan terkesan gak minat.

Ternyata bener, hari ini firasat gue itu terbukti. Firasat gak enak gue ternyata berdasar. Dasar itu kayak salah satu titik terbawah yang gue tempatin, yang gue sendiri belum nemu gimana caranya gue balik lagi ke atas. Hampir dua tahun gue nahan-nahan buat gak nangis, tapi sore ini ternyata gue gak sekuat tahun-tahun yang udah gue lewatin.

Tiba-tiba gue inget perkataan temen kuliah gue dulu, katanya, nanti ada saatnya gue gak sekuat pertahanan yang udah gue buat. Dia emang percaya waktu gue bilang gue gak apa-apa ninggalin semua yang dulu gue anggep pelindung, tapi dia gak percaya kalau gue gak akan pernah nangis. Dia bilang, kalau suatu saat nanti gue dipertemukan lagi sama si pelindung itu, gue bakal nangis karena gue dipertemukan dengan perasaan bersalah. Sepaket.

And you see what happen right now? It's a tear. Air mata mengalir ngelewatin pipi, bikin mekap gue berantakan. Sialan emang, kalau anak kecil lewat depan gue, gue bakal dikira badut mekdi nih.

But, wait. Bersalah? Gue nangis karena bersalah? I think ini bukan perasaan bersalah yang temen gue bilang itu. I'm sure. Ngapain gue merasa bersalah, sedangkan bukan gue yang ngelakuin kesalahan?

Mungkin gue nangis karena pas dia ada di hadapan gue, kilas balik itu muncul dan gue terlalu menikmati rasa kekecewaan yang pernah gue alami. Rasanya kayak membuka luka lama yang udah kering, apalagi dia masih bisa senyum lebar waktu ngasih buket bunga ke Molan. Apa dia gak pernah ngerasa bersalah? Apa dua tahun ini cuma gue yang masih terbalut luka lama?

Oh, God, poor me. Dia punya keluarga, sedangkan gue cuma sendiri. Jelas dia lebih bahagia daripada gue. I'm not his happiness, dia malah lebih happy kalau gue gak ada di hadapan dia.

"Lala?"

Gue kaget tiba-tiba ada suara manggil nama gue di tengah-tengah sepinya basement gedung. Kekagetan gue cuma berlangsung beberapa detik, otak gue cukup tanggap sama suara yang barusan manggil gue. Tapi yang bikin gue gak ngerti adalah, ngapain dia di sini? Kok dia tau gue ngumpet di sini?

"La, lo ngapain sih duduk di bawah gitu? Mana mukanya ancur lagi, mau ngemis?"

Buset, ini orang sialan banget nih. Kalau bukan bos, udah gue lempar kali pake sepatu hak gue. Masa gue dikatain pengemis? Yang bener aja! Bukannya ngasih apa kek gitu, makanan, minuman, ini malah menghardik orang lagi sedih.

"Ngapain Bang di sini?" mata gue yang tadinya gak mau natap dia, sekarang gue tatap dengan sedikit gak bersahabat. Semoga dia ngerti gue cuma mau sendiri.

"Seharusnya gue yang nanya, ngapain lo di sini? Acara belum selesai, kok lo udah balik? Mau nambah targetnya?"

Gue berdecak. "Udah gak mood, Bang. Gue mau pulang aja."

"Nanti, gue harus ketemu sama Mr. Chen dulu baru kita balik. Ayo, ke dalem lagi!"

"Bang, gue nunggu di sini aja deh ya. Kalau boleh, gue malah pengen balik sendiri aja. Toh gue udah gak ada kepentingan lagi, kan?"

Dia ngembusin napas, terus ikut duduk di jalan buat nyamain posisi gue. Astaga, dia ngapain ikut-ikutan? Tadi ngatain gue kayak pengemis, sekarang dia malah duduk di sebelah gue. Mau ngemis juga dia?

"Lo nangis?"

Mati gue! Demi apa pun gue lupa lagi banjir air mata sekarang, mana gue lagi gak pegang tisu, gara-gara mager ngambil di dalem tas gue lupa apus noda-noda di muka gue. Asli, pasti gue acak-acakan banget di depan Molan. Ini apa yang harus gue lakuin wahai kerang ajaib?! Ngapain juga dia jadi perhatiin gue?!

Tuan UltimatumWhere stories live. Discover now