11. Jamkos

48 13 23
                                    

Keadaan kelas yang digadang-gadang sebagai kelas unggulan ini sungguh paripurna. Nggak ada satupun murid yang ada di dalam kelas yang notabene sekarang jam pelajaran prakarya itu. Alias kosong.

"Weh oper ke gue oper ke gue!"

Keadaan kelas jadi tidak terkendali waktu Jun bilang ‘Hari ini kita jamkos sampe istirahat’. Semua langsung pada keluar. Entah ke kantin, ngobrol-ngobrol atau main bola kayak mereka itu.

Namanya juga kelas biadab. Wakil ketua kelasnya pun nggak jauh-jauh dari kata biadab. Jae, Jun, Chan, Chen sama Jepon udah main oper-operan bola.

Maksudnya itu gini, mereka bukan main sepak bola melainkan main oper-operan bola. Jadi mereka berempat membentuk semacam lingkaran, posisinya si Jepon ada di tengah. Dengan bola yang dioper kesana-kemari yang membuat orang pusing. Tugas Jepon adalah mengambil bola itu, dengan menggunakan kaki tentunya. Nah nanti kalau Jepon udah dapet bolanya yang menggantikan posisinya adalah orang yang mengoper bola tadi yang harusnya nggak ke Jepon malah meleset ke Jepon.

Paham?

"CHAN JANGAN KE SITU!"

"CHEN GOBLOKNYA NGGAK KETULUNGAN EMANG."

"KALO KESITU YA NGGAK BISA GOBLOK"

Umpatan demi umpatan udah keluar dari mulut para biadab kelas delapan ‘A’ ini. Bagi mereka sehari nggak ngumpat bagai bumi tanpa udara.

Hampa dan mematikan. Haha

Kalau teman-temannya pada heboh. Sung malah duduk anteng dipinggir lapangan sambil melihat teman-temannya yang lagi-lagi patut dipertanyakan mengenai—

‘Berapa kadar kewarasannya?’

Dia juga berpikir mungkin kalau waktu itu dia nggak dikenalkan oleh Jeje ke mereka berlima itu. Mungkin dia bakalan duduk sendirian dikelas dan nggak tau mau ngapain.

Waktu itu masih awal-awal banget masuk, sekitar empat hari pertama dan itu bener-bener membosankan buat Sung.

Dia ngelihat temen-temennya eh ralat orang-orang dikelasnya pada ngobrol-ngobrol, bercanda sementara dia cuma duduk sambil bengong atau nggak baca buku kalau bosen ya ngelihatin mereka kayak sekarang ini.

"Kenalan dulu, mereka itu baik kok. Cuma ya gitu agak gila." Sung langsung noleh ke Jeje yang nampak sedikit terkekeh melihat kelakuan temen-temennya itu.

"Memangnya mereka mau temenan sama saya?"

"Coba aja dulu. Mungkin mereka juga sama kayak Lo, nggak ngerti Lo mau temenan sama mereka atau nggak."

"Cobain gih! Biar lo nggak suntuk juga. Masa sekolah cuma duduk sama belajar, nggak seru itu mah!" kata Jeje memberi semangat errr maksudnya membantu biar Sung juga punya temen.

"Kamu juga sering sendirian nggak punya teman. Nggak seru!" Jeje terkekeh melihat Sung yang sedikit udah nggak terlalu formal itu.

"Temen gue mah banyak! Cuma lagi nggak barengan aja."

"Jadi coba kenalan dulu. Mereka baik kok walaupun sebenernya gila. Haha"



Sung yang lagi nampak senyum itu juga nggak lepas sama penglihatannya Jeje. Dia jadi agak seneng, walaupun Sung nggak banyak cerita tapi udah sedikit mau berteman. Bisa dibilang mereka temenan sekarang. Cuma mungkin Sung emang nggak suka sama olahraga makanya nggak ikut.

"Woy! Ada temen baru bukannya ditemenin malah didiemin!" teriak Jeje waktu itu.

Anak-anak geng-nya Chan langsung melihat Jeje. Mereka pada senyum kaku, mungkin mereka juga nggak tau gimana caranya ngomong sama Sung. Orang pas pertama masuk aja mereka diomongin Sung langsung pada kicep.

Chan inisiatif buat mendekat ke arah Jeje lalu berbisik. “Ra ngerti aku carane ngomong mbe dek e iku, Je.”
(Nggak ngerti gue caranya ngomong sama dia Je)

Jeje memandang nggak percaya ke arah Chan. Dia sama temen-temennya nggak ngerti cara ngomong sama Sung? Gimana ceritanya? Orang mereka ini guru yang ngomong aja dibantah. Lah ini temen sekelas malah takut.

"Pfftt Lo beneran?" Jeje udah nahan tawa mati-matian. Soalnya dari mukanya Sung ini nggak ada tampang jahat-jahatnya mungkin yang buat mereka agak ragu buat ngomong itu ya nggak ngerti apa yang mau diomongin itu.

Orang Sung-nya aja nggak ada inisiatif buat mulai ngobrol. Sekitar empat harian ini dia paling ngobrol singkat sama Jeje. Itupun Jeje yang nanya.

"Dia itu nggak pinter ngomong kalau soal beginian—" Omongan Jeje dipotong sama Chen yang kebetulan udah gatel pengen ngomong.

Jadi, Jeje itu ikut gabung sama geng-nya Chan dibelakang. Sementara Sung lagi buka-buka buku di kursinya.

"Tapi waktu presentasi pertama itu dia lancar banget ngomongnya," kata Chen.

"Mungkin dia nggak tau juga apa yang mau diomongin kan?"

"Bener juga," sahut Jepon yang kebetulan nyambung.

"Terus mau Lo apa?" Sama seperti Jepon, Jun juga langsung konek.

"Ya... Kalian coba gitu ajak dia ngobrol, masa terus-terusan dia sama gue. Kan nggak enak, gue ini cewek. Masa kemana-mana sama cowok." Alasan Jeje yang cukup logis juga. Karena bagai manapun Jeje itu tetep mikirin nanti omongan kakak kelas tentang dia sama Sung. Tau sendiri kan kakak kelas itu udah kayak hakim. Mana cowoknya kayak Sung lagi. Ya meskipun lebih gantengan Jepon sama Jae.

Tapi! Yang bilang Sung jelek itu bodoh! Dia itu kalau senyum lebar—yang sayangnya cuma Jeje lihat sekilas—manisnya minta ampun.

Jeje jadi inget waktu dia minta supaya Chan dan temen-temennya nemenin Sung. Habis dia kasihan, Sung itu udah kayak robot kontrol. Haha

"INI SIAPA YANG NENDANG BOLA?" Suara menggelegar di seluruh lapangan. Haha. Jeje langsung kaget waktu ada Pak San di dekat lapangan. Masalahnya Pak San ini guru olahraga kelas sembilan yang galaknya nggak ada tandingannya.

Chan sama temen-temennya pada diem. Sung yang posisinya di pinggir lapangan juga diem.

"Lari keliling lapangan sepuluh kali!"

Alhasil semuanya pada lari termasuk Sung. Iya! Sung yang nggak ikut apa-apa. Tapi tetep aja dia nggak berekspresi. Udah dibilang kan kalau dia itu manusia simpel.

Ditanya ya dijawab. Nggak tau ya tanya. Disuruh ya manut. Walaupun nggak ada yang tau gimana dongkolnya hati Sung.

Makanya temen-temen! Kalau mau nakal itu jangan tanggung-tanggung. Kalau udah diluar kelas apalagi lapangan kalau mau main ya main aja, kalau masalah hukuman nanti dilakukan sama-sama. Anak cowok kalau masalah hukum-menghukum gini biasanya kompak banget kok. Nggak bakalan ada yang bener-bener rugi atau untung, semuanya dibagi rata.

Bener-bener nerapin sila ke-lima Pancasila mereka mah. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.



Kalau kayak Sung ini kan banyak ruginya. Dia nggak ikut main tapi dia juga dapet hukuman sama kayak anak yang main, untungnya dia cuma bisa ngadem sama liatin temen-temennya main yang sebenernya dilihat dari depan kelas pun udah kelihatan.









A. N
Kritik dan sarannya ditunggu😁

One Class | LengkapTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang