Ramadan Yang Sederhana

57 9 12
                                    

  27 November 2000

Kak, hari ini udah bulan puasa. Aku juga ikut puasa bareng ayah. Laper juga, hahahaha. Asya sebenarnya udah ikut sama Ayah dan Bunda puasa dari kelas 2. Cuma masih bolong-bolong. Hehehe ngambil es krim di kulkas.

Oh iya Kak, Asya tadi kelaparan di rumah. Kan libur sekolah seminggu. Nanti masuk udah ulangan caturwulan. Kak tadi juga Asya juga lemes banget, pengen buka habis azan siang. Tapi Ayah bilang nanggung bukanya kan jam enam. Ihhh.

Terus sorenya Ayah ngajak Asya ke pasar takjil.  Asya pengen beli banyak sih, kayak kolak, es cendol, kue, ayam goreng. Semuanya enaaaakkk banget. Tapi Ayah cuma beli ayam goreng dengan es buah. Nggak apa-apa, selama makan dengan Ayah semua makanan enak kok. Terus kita makan bareng deh di rumah nenek. Bareng Paman Jabir, dedek Irfan, sama Bibi Ria. Asyik.

Oh iya Kak kenapa pelajaran kelas 4 itu susah banget yah? Gak kayak dulu.

Catatan : Bunda, Asya udah puasa pertama. Bunda, Asya kangen.

***

    Bunyi adu antara minyak, wajan dan sudip. Gemerisik minyak yang meloncat-loncat membuat duda satu anak itu harus kembali menjaga jarak. Sepuluh sentimeter dari wajan adalah jarak aman, jauh dari minyak panas ketika menggoreng telur mata sapi.

    Sidang isbat setelah Isya' tadi telah selesai. Mengumumkan puasa tahun ini esok hari, tepat di tanggal 27 desember. Ramadhan tanpa Bunda ya?

    Ardi kembali mengucek matanya. Ia harus cepat untuk selesai menggoreng. Waktu imsak tinggal sejam lagi. Ah, tau begini Ia siapkan makan sahur sebelum tidur. Belum lagi pagi yang lebih dingin dari biasanya, lebih sepi, dan seakan-akan ada yang memperhatikannya dari sisi ruangan.

    Ia menggeleng kepala sekencang mungkin, mengusir rasa was-was yang ada. Mana mungkin ada Setan atau Jin di bulan ramadan. Mereka semua dirantai dan tidak diijinkan untuk menggoda manusia. Ia harus cepat selesai menggoreng telur dan bersegera sahur.

   "Ayah-"

    "ASTAGFIRULLAH." Hampir saja sepiring telur itu jatuh ke lantai. Ardi mengelus dadanya pelan.

    Hanya Asya, hanya Asya bukan jin anak kecil

    "Asya ngagetin Ayah," ucap dia pelan. Asya hanya tersenyum kecil sembari menguap lebar-lebar.

    "Ayah nggak bangunin Asya sahur?" Tanya Ia pelan, sembari mengelap aliran sungai di sisi bibirnya dengan baju tidur.

    Ah iya, Dia lupa membangunkan Asya. Memang sih, niatnya membangunkan Asya setelah selesai menggoreng telur ini. Belum lagi membangunkan Asya memerlukan waktu yang cukup lama. Belum lagi menggeliat di kasur, mengucek mata, menarik selimutnya.  Bisa-bisa tahrim subuh lebih dulu memanggil.

    "Sudah, ayo sahur dulu. Udah mau imsak, Asya mau puasa kan?" Ardi melangkah lebar ke meja makan. Asya yang telah mencuci muka terlebih dahulu ikut nimbrung.

    Hanya ada sepiring nasi dan dua telur mata sapi. Sayur bayam sejak malam telah basi. Setidaknya sahur yang terkesan sederhana ini mampu mengisi tenaga hingga senja datang. Sudah menjadi tradisi bagi keluarga kecil Ardi. Akhir sahur mereka tutup dengan segelas susu dan sereal gandum.

    "Ayah nanti buka puasanya makan apa?" Tanya Asya semangat, Ia paling semangat dalam urusan yang satu ini.

    "Nanti beli aja ke pasar ramadan," jawab Ayah yang diikuti anggukan Gadis kecilnya.

    Ayah dan anak itu mengisi luang di waktu antara imsak dan azan dengan bercerita. Asya yang libur sekolah selama lima hari di awal puasa berencana akan main ke rumah nenek Kartika. Ayahnya? Ya, tidak ada libur untuk pegawai wartawan koran bukan? Mungkin hanya akan dikurangi jam kerjanya.

Asya's DiaryWhere stories live. Discover now