40#

3.2K 112 2
                                    

Flashback On..

"Tubuh nya kembali merespon dok" ucap salah satu perawat yang mendorong brankar saat melihat pergerakan tangan Anya.

Dengan cepat para tim medis kembali berlari dan mendorong brankar kearah ruangan yang dikhusukan untuk penanganan pasien seperti ini. Sedangkan Diana sudah bernafas lega dan berharap cemas agar putri nya bisa di selamatkan.

Setelah dokter kembali memasang semua alat pembantu untuk kelangsungan hidup Anya butuh waktu sekitar satu jam lebih kemudian para dokter bisa menyunggingkan senyum nya. Pasien nya kali ini selamat, dan ini benar-benar Mukjizat dari Tuhan karena tubuh yang tadi detak jantung nya sempat berhenti kini sudah kembali normal lagi.

Sekitar beberapa hari Anya sudah dipindahkan keruang perawatan tapi masih banyak pertanyaan yang berada diotak Bagas saat ini, walaupun rasa syukur ia ucapkan berkali-kali ketika melihat putri kesayangan nya sudah kembali berada ditengah-tengah keluarga kecil mereka.

"Keadaan Anya kedepan nya akan baik-baik saja kan dok??" tanya Bagas.

"Putri bapak seperti nya sudah sangat sehat, ini juga berkat do'a keluarga yang mendorong diri pasien untuk segera sembuh."

"Tapi bagaimana bisa dok?" tanya Bagas seolah masih tidak percaya.

"Dalam ilmu kedokteran hal seperti ini pun jarang sekali terjadi, biasanya banyak orang yang mengartikan nya dalam nuansa mistis dan spiritual. Meski begitu, kondisi yang sering disebut dengan istilah 'Near Death Experience' ini juga bisa dijelaskan secara ilmiah" jelas dokter.

"Secara medis kami pun belum jelas betul bagaimana prosesnya dan apa yangterjadi, namun untuk menentukan kematian perlu menilai dari denyut jantung dan pembuluh darah serta fungsi otak"

"Secara fisik tidak adanya reaksi pupil terhadap sinar, karena kalau sudah mengalami mati otak maka reaksi pupilnya negative, pupil akan melebar dan saat diberi sinar tidak bereaksi"

"Pada kejadian Anya beberapa waktu lalu kemungkinan belum mati otak, tapi henti jantung. Peredaran darah berhenti tapi otak nya masih berfungsi, kenapa berfungsi saya pun tidak tahu. Seharusnya jika otak kekurangan oksigen tiga menit saja maka bisa terjadi kerusakan permanen di otak. Namun nyata nya pada kondisi Anya saat ini masih bisa kembali lagi ke normal, denyut jantung kembali dan tidak mengalami kerusakan otak"

"Ada juga yang mengatakan bahwa keadaan Anya sewaktu itu adalah kondisi seperti mati yang belum benar-benar mati. Aktifitas sel-sel tubuh dan bahkan organ sebenarnya masih ada, tetapi sangat minimal. Jadi kalau kondisi nya naik sedikit atau membaik lagi, pasien akan hidup lagi. Itu sebenarnya seperti tidur yang sangat dalam sampai detak jantung tidak terdeteksi"

"Pada kasus ini memori psikologis seseorang direset total jadi nol lagi sehingga mengalami rekonstruksi ulang dari kepribadian seseorang. Proses ini menjadi pembelajaran bagi diri seseorang yang memicu traumatis dan membuatnya tidak mau balik lagi kemasa lalu" sambung dokter.

"Lalu bagaimana saya harus mengobati rasa trauma anak saya?" ucap Bagas.

"Memulai kehidupan baru, pergi jauh dari lingkungan nya saat ini perlahan rasa trauma dan psikis nya akan terobati walaupun tidak sepenuh nya akan kembali seperti awal. Tapi itu semua kembali lagi pada Anya, seberapa besar keinginan dia untuk sembuh"

"Baik saya harus melihat keadaan pasien yang lain, saya permisi pak" pamit dokter.

• • • • •

"Panggil saja saya Nath pak"

"Baik dok,hm Nath saya dengar kamu pernah menyembuhkan rasa trauma seseorang. Saya sangat minta tolong kamu bantu anak saya agar menjadi sosok gadis yang ceria lagi" ucap Bagas yang di angguki kepala oleh Nath.

JEEVAN [TAMAT]Dove le storie prendono vita. Scoprilo ora