001

38.2K 2.9K 103
                                    

"Gamau, ah, Jim!" Taehyung cemberut, alisnya menekuk dengan bibir dimaju, guratan dahi pertanda menolak dan tangan yang disilangㅡtanda nggak mau.

"Terus lo mau gimana?" Jimin nanya, lagi.

Siang itu Jimin datang, berantakan banget. Rambutnya kayak singa nggak keramas, jas hitam kerjanya udah di taruh di pundak, dasi kerjanya udah setengah lepas.

Katanya, bawa berita baik alias lowongan kerja di perusahaan tempat dia kerja. Kalau kata Jimin, sih, lumayan. Kerja berat, tapi gajinya cukup untuk bertahan hidup di kota orang, kayak nasib dia ama Taehyung. Masalahnya cuman satu; sohibnya itu nggak mau.

"Maunya yang ringan aja!" Taehyung memberontak. Nggak peduli Jimin udah kesekian kali mijat pelipisnya sendiri, menghela nafas jengah, atau memutar bola mataㅡnggak tahan dengan dia.

"Yang ringan itu gimana?"

"Ya, kayak jadi pelayan cafe, atau yang nyuci piringnya, atau jadi karyawan Namjoon hyung aja lah!" Taehyung ngambek.

"Pala lo!" Jimin maki, makin udah nggak sabaran ngadapin sohibnya. "Udah dibilangin berapa kali juga, bunda lo nggak nyuruh lo jadi karyawan Namjoon hyung. Pelayan cafe ama tukang nyuci juga gajinya dua kali lipat ama yang gua tawarin, Taehyung, bahkan tiga kali!"

Taehyung mendecih, tangannya belum berhenti disilang. Jimin yang duduk di depannya udah nampilin dahi yang makin berkerut. "Kenapa bunda nggak nyuruh coba?!"

"Dia kagak mau anaknya cuman numpang enak sama sepupu dekat. Tau juga kan, Namjoon hyung itu sering manjain lo." Jimin berucap, kali ini lebih santai.

Kim Namjoon itu seratus sepuluh ditambah tiga ribu persen nggak ada hubungan darah sama Jimin. Dia sepupu paling dekat Taehyung. Yang Jimin juga nggak tau kenapa dan kapan serta bagaimana, akhirnya, dia juga bisa dekat juga sama pemuda puitis itu. Keknya ngalir dah hubungan darah mereka.

"Jadi, gimana?" Jimin nanya lagi, sambil nyenderin diri di kursi.

Taehyung diam. Nggak bilang apa apa, bahkan nggak natap Jimin. Tapi, sebagai sohib sejak jaman purbakala, Jimin tau diamnya bukan tanda bodoamat melainkan lagi mikir.

Walau, mikirnya kelamaan buat Jimin mutar bola mata untuk kesekian kali hari ini.

"Ini kesempatan, loh, Taehyung." Jimin bilang, kini tubuhnya dimajukan hanya untuk menarik atensi sang sahabat, yang lantas berhasil, karena merasa dilirik.

"Gua tau," Taehyung nyahut, tiba tiba ngusak kacau tengkuknya, "Tapi kerja kantoran kayak gitu, nggak lihai gua."

"Dikira gua lihai?!" Jimin setengah berteriak.

"Lihai menurut gua! Gua taunya laptop buat main game doang, kalo urusan kantor nyerah gua."

Jimin mendengus, "Lembek banget lo," Makinya, "Belum dicoba udah nyerah."

Taehyung cuman jawab dengan tatapan yang ia coba buat tajam.

Taehyung lihat, tubuh Jimin yang tadinya kembali makin tersadar, dengan satu hentakan, makin mendekat. Matanya mendelik, tangannya yang megang kertas kerjanya terkepalㅡaura serius.

"Ini kesempatan!" Jimin bilang, "Lo udah hampir satu tahun lebih di Seoul, tapi nggak dapat kerja sampe sekarang. Mau sampai kapan?"

"Ya, gua tau." Taehyung coba ngejawab, "Tapi kanㅡ"

"Bunda lo nyuruh ngerantau supaya cari duit dan mandiri." Jimin motong, kayaknya udah benar benar penat gimana caranya supaya sohibnya itu sadar. "Gua tau lo rindu bunda lo di Daegu. Kita rindu rumah, Taehyung. Tapi kalo lo pulang tanpa apa apa, bahkan nggak sama pekerjaan yang lo dapet, buat apa?"

"Gua maunya kita pulang ke rumah bawa hal yang dibanggain, Tae. Bisa bilang kita punya pekerjaan bagus, udah ngerasain gajinya, udah ngerasain enak ama nggak enaknya." Jimin liat, Taehyung pelan pelan nunduk, dan itu bagus, mungkin dia udah sadar. "Gua bawa kita pulang sambil sadar kalo cari uang itu nggak mudah."

Masih. Taehyung nggak ngejawab.

"Ini kesempatan," Jimin bilang, sekali lagi, cuma buat ngingatin sohibnya. "Slotnya cuman buat dua orang. Dan gua nggak ngejamin bakal lama kosongnya. Itu perusahaan terkenal, soalnya."

Taehyung diam. Kali ini nggak nunduk, matanya udah natap Jimin. Dahi berkerut, kebingungan melanda.

Antara iya, tidak, dan bisa jadi.

Menghel nafas, sebelum Taehyung balas pelan, "Yaudah deh."

Jimin lantas sumringih. Dia senyum, lebar banget, lalu ketawa. Beranjak dari kursi, lalu menghantam Taehyung dengan pelukan.

Uh, senangnya.

Taehyung mendengus, "Kenapa, sih, lu harus dapet kerja duluan dari gua?"

Jimin ketawa, gemas. "Siapa suruh malas malasan?"

"Malas malasan pala lo! Rajin gua mah," Taehyung nyaut, "Rajin ditolak lamaran kerja."

Jimin ketawa lagi. Dia ngusak surai cokelat berpadu kuning madu punya Taehyung.

"Nama perusahaannya apa, Jim?"

Jimin lantas ambil kertas kerjanya yang tergeletak, sedikit remuk diujung karena sempat kesal ke sohibnya tadi. Ia tunjuk logo yang terpampang paling atas. "Nih."

"Jeon Company?"

"Iya!" Jimin jawab, antusias banget. "Besok gua jemput, lo siap siap yang rapi, ok?!"

Taehyung ngangguk. Sahabatnya senang banget liat dia punya kerja, sedangkan Taehyung sendiri aja udah siap ngemapusin diri sendiri.

Udah lah, yang penting masih satu atap ama Jimin.

"Tae."

"Apaan?"

"Maaf kalo lo nggak suka pekerjaan ini, tapi hidup emang gitu. Harus kuat dihantam realita."

Taehyung senyum. Kalo merantau sendiri di kota sebesar ini tanpa Jimin, Taehyung nggak tau gimana bentukannya saat ini. Mungkin udah ngemis di pinggir jalan.

"Kelamaan nongkrong ama Namjoon hyung lu, ya? Kok bijak?"

"Halah, bajingan."

Tapi ujungnya, mereka ketawa. Unch.

tbc..

SAJANGNIM? / KVTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang