[WJH] Arel

30.1K 3.9K 1.1K
                                    

Wen Junhui
As
Jourell Ravinsa

"Bu, Bu, Arel Ganteng gak?"

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

"Bu, Bu, Arel Ganteng gak?"

"Pak, baju Arel bagus gak hari ini?"

"Bu ... "

"Pak ... "

Ya gitu.

Kira-kira itulah pekerjaan gue sehari-hari kalau di RSJ; cuma bikin riweuh hidup orang. Kadang beberapa diantara mereka ada yang langsung ngacungin jempol sebelum gue nanya saking udah hafalnya dengan kebiasaan gue yang itu. Niatnya sih sekedar hiburan, masalahnya kalau Jourell Ravinsa gak ada di klinik Konseling, pasti mereka nanyain dan pada nyariin terus bilang; 'Kangen banget Ibu sama Arel, cepet masuk ya ganteng' plus emotikon love sebaris penuh khas emak-emak alay.

Sepertinya gue bisa masuk kedalam jajaran senior di Rumah Sakit Jiwa Provinsi. Sejak lulus S1 sampai lanjut S2 dan sekarang udah lulus alias bergelar master, Arel masih betah kerja di RSJ hingga disebut sesepuh oleh temen-temen satu squad gue. Gue gak tau kenapa tiba-tiba kita jadi bikin squad yang isinya para personil Rumah Sakit Jiwa. Yang gue inget sih dua tahun lalu kita semua ikutan lomba agustusan terus gak sengaja tergabung kedalam satu kelompok yang sama. Karena menang dan hadiahnya harus bagi-bagi, alhasil malemnya kita jalan-jalan ke pusat kota buat jajanin uang hadiahnya.

Banyak banget pasien yang nanya sama gue, bedanya Psikolog sama Psikiater itu apa sih? Kok yang itu punya gelar dokter sedangkan gue enggak padahal sama-sama kerja di Rumah Sakit Jiwa? Gimana ya, meski punya latar belakang yang sama karena sama-sama mendalami ilmu kejiwaan dan perkembangan manusia, sebenarnya ada yang sedikit membedakan kita berdua. Baik Psikolog atau Psikiater memiliki konsentrasi praktik yang sama seperti penanganan, pencegahan, diagnosis, dan terapi. Hanya saja, Psikiater boleh memberikan terapi obat-obatan atau Farmakoterapi karena basic mereka sebelumnya dari Kedokteran. Sedangkan Psikolog lebih fokus ke aspek sosialnya, seperti memberikan terapi psikologi atau psikoterapi yang lebih mengedepankan upaya pendekatan secara individual dan sosial.

Ngerti gak lo?

Kalo enggak, yaudah gak usah dipikirin, gue juga males ngelejasinnya lagi, ruwet.

Di hari kamis pagi, gue udah ada jadwal kegiatan buat ngadain penyuluhan sosial di Kota Baru Parahyangan. Rencananya udah dari seminggu lalu, katanya sih program dari dinas kesehatan juga dan kebetulan yang ditunjuk adalah Klinik Konseling Rumah Sakit Jiwa Provinsi. Gue dandan kece banget hari ini, padahal orang-orang kompakan pake baju dinas yang warnanya kuning kecoklatan mirip-mirip seragam PNS gitu. Masalahnya gue jadi pembicara, pokoknya harus keliatan ganteng dan necis di mata para peserta nanti.

Gue udah sebar di grup soal acara hari ini, siapa tau salah satu dari Manjiw Squad ada yang dateng buat ikut ngeramein acara. Sebel banget gue beberapa minggu ini grup wa sepi terus, katanya sih pada sibuk dan gue sendiri juga ngerasain itu tapi gak sampai lupa buat sekedar megang hape. Alesan doang pasti para kaum jomblo mah, padahal kalo di rumah kerjaannya cuma rebahan mirip orang lagi latihan jika seandainya suatu hari dijemput ajal.

TIGA BELAS JIWAWhere stories live. Discover now