Bab 33

9K 1.1K 48
                                    

.

.

Xu Jinhua melihat ekspresi Su Yi, sebelum melanjutkan dengan marah, "Penguasa itu tidak mampu menghentikan azab dari negaranya, pepatah ini memang benar. Aku tidak pernah berpikir aku akan hidup untuk melihat hari dimana aku harus menyaksikan sang kedaulatan sendiri yang menggali makam negaranya, tapi siapa yang bisa kusalahkan untuk itu? Namun apa yang menakjubkanku adalah bahwa setelah negara itu jatuh ke tangan suku asing, orang-orang benar-benar menikmati hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan menteri sepertiku yang pernah bertugas di rezim lama, ditempatkan oleh Wan Yan Xu, sang raja sendiri."

.

Su Yi tertawa pahit dan tiba-tiba berkata, "Jinhua, karena kau telah mengatakan itu, apakah itu berarti kau tidak ingin untuk mengembalikan Great Qi?"

.

Xu Jinhua berkata keras, "Tentu saja aku ingin mengembalikan negara kita. Pada hari aku dibebaskan, semua yang bisa ku pikirkan adalah bahwa negara kita telah hancur dan rumah kami hilang dan hatiku penuh dengan rasa khawatir dan marah. Sebagai seorang sarjana dan intelektual, itu benar bila aku menganggap pemulihan wilayah Great Qi sebagai tugas yang suci. Tapi apa gunanya, bisakah kau dan aku benar benar mengembalikan negara kita? Setelah Wan Yan Xu menaklukkan Great Qi, dia mengurangi pajak dan memerintahkan biji-bijian dan makanan harus dilepaskan untuk semua orang-orang yang terkena bencana alam. Dengan tindakannya yang seperti itu, negara yang bergolak hancur bangkit kembali. Sekarang, orang-orang biasa tidak memiliki kekhawatiran mengenai makanan atau pakaian mereka, mereka tampaknya telah naik ke surga setelah keluar dari tingkat kedelapan belas di neraka. Apa yang mereka tahu, mereka telah hidup seperti budak sepanjang waktu, dan mereka tidak memiliki banyak integritas moral yang tersisa. Sebaliknya, mereka merasa bersyukur kepada penguasa baru untuk kebajikannya. Aku sudah melewati banyak tempat setengah tahun ini, dan telah menemukan bahwa selain pelajar sepertiku, tidak ada orang lain yang peduli sama sekali pada Great Qi meskipun telah hancur." setelah perkataan panjangnya, dia tertawa pahit sebelum melanjutkan, "Dalam keadaan ini, pelajar yang benar-benar efektif. Ketika kita berkumpul bersama-sama, semua yang bisa kita lakukan adalah merengek dan membuat beberapa kecaman keras, bagaimana bisa itu dikatakan bermanfaat? Selain itu, Jin Liao memiliki tentara yang kuat, biji-bijian surplus dan kejenuhan pejabat berbakat hingga ke komandan. Dengan keunggulan ini, kita perlu lebih banyak orang sepertimu bahkan untuk mengatasi mereka dalam pertempuran, tapi di mana kita harus menemukan orang-orang sepertimu?"

.

Ketika Su Yi memandang ekspresi sedih Xu Jinhua, dia mengerti bahwa meskipun dia hanya berbicara singkat akan perasaannya sendiri, dia harus mengalami banyak penderitaan pada saat semua peristiwa ini terjadi.

.

Meskipun Xu Jinhua telah mengatakan bahwa mereka memerlukan seribu orang seperti Su Yi untuk mencapai kesuksesan, tetapi prospek saat ini memang begitu suram dan tak tertahankan.

.

Berpikir kembali, situasi ini adalah penyebab kenapa jiwanya ingin beristirahat dan tidur panjang. Dia mencengkeram tangan temannya erat tapi tidak mengatakan sepatah kata pun. Dua pasang mata saling memandang, tatapan satu sama lain mereka seolah bisa melihat kedalaman yang tak terkatakan tentang besarnya kesengsaraan dan duka mereka.

.

Zi Nong telah berdiri diam-diam disamping mereka, setelah diam berlarut-larut, dia merasa bahwa atmosfer menjadi terlalu menyedihkan. Zi Nong dengan terang dan blak-blakan menyela, "Tuan Xu, karena Anda seorang sarjana, jangan bilang bahwa Anda tidak tahu bahwa kualitas yang paling penting bagi seorang sarjana adalah menjadi seorang yang masuk akal? Anda dapat melihat bahwa orang-orang enggan untuk kembali ke rezim yang lama, untuk kembali ke hari-hari dimana mereka harus menjual anak-anak mereka sendiri untuk bertahan hidup, mengapa Anda harus menentang Jin Liao agar disebut setia? Dalam pandangan saya, itu tidak dapat dihitung sebagai kesetiaan, itu hanyalah loyalitas buta. Bahkan pelayan tidak penting seperti saya dapat mengingatnya, rakyat adalah yang paling penting, negara kedua, dan monarki adalah yang paling terakhir, jadi bagaimana bisa Anda tidak tahu prinsip ini? Selain itu, Raja kami menghargai orang biasa yang berpendidikan tinggi, dia tidak pernah memaksa orang dari Qi untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan Jin Liao, atau memungkinkan rakyat Jin Liao untuk menghina dan menindas orang Qi. Ketika Yang Mulia Su telah menjadi Ratu Jin Liao, itu akan menjadi seperti kerajaan yang bersatu melalui perkawinan, Jin Liao dan Great Qi kemudian bisa dianggap sebagai salah satu keluarga. Hubungan antara kedua bangsa kita akan menjadi lebih harmonis, apa yang buruk tentang skenario itu?"

.

Mood tiba tiba langsung menjadi berat dan tidak nyaman; perkataan ceroboh Zi Nong ini akhirnya memberikan isu sensitif tentang pernikahan yang akan datang dan penobatan Su Yi. Wajah Su Yi segera berubah kemerahan, dan bahkan telinganya memerah. Merasa sangat malu di depan teman lamanya, dia tidak bisa membantu tetapi untuk terus menundukkan kepalanya.

.

Xu Jinhua diam-diam mengamatiinya untuk waktu yang lama tapi tiba-tiba berkata, "Ruo Zhi, kita memasuki layanan pemerintah pada saat yang sama, dan selalu menikmati hubungan persahabatan. Aku juga selalu menganggapmu sebagai kepercayaanku. Sekarang, aku memiliki sesuatu yang ingin kukatakan, tapi aku takut jika aku mengatakan itu, kau akan menuduhku meremehkanmu. Jika kau tersinggung, apakah kau keberatan jika aku menyuarakan pikiranku?"

.

Su Yi tersenyum pahit dan berkata, "Tidak ada salahnya berbicara. Jika kau memiliki sesuatu dipikiranmu, tolong katakan padaku, aku tidak akan menyalahkanmu."

.

Kata-kata itu hampir mencapai bibir Xu Jinhua, tetapi dia menelan mereka kembali sebelum ragu lagi dan akhirnya memutuskan untuk mengatakannya, "Ruo Zhi, aku merasa bahwa jika kau dan Yang Mulia Wan Yan Xu memang memiliki perasaan satu sama lain, berarti bukan hal yang buruk bukan menjadi ratunya?"

.

Su Yi tidak pernah berharap untuk mendengar kata-kata tersebut dari Xu Jinhua, kepalanya tersentak heran dan dia menatap Xu Jinhua.

.

Xu Jinhua bergegas untuk menjelaskan, "Ruo Zhi, seperti yang kukatakan sebelumnya, aku tidak meremehkanmu, dan aku tidak melecehkan martabatmu sebagai laki laki. Aku hanya bermaksud untuk mengatakan jika kau juga memiliki kasih sayang pada Yang Mulia Wan Yan Xu, bahkan walau hanya sedikit, dan kau tidak benar-benar membencinya, tidak ada yang buruk tentang menjadi ratunya. Seperti yang wanita muda ini katakan, rakyat yang paling penting, asalkan rakyat bebas dari penindasan dan bisa hidup damai, itu tidak penting siapa Kaisar dan Permaisurinya. Jika itu bukan karena aku telah memahami ini, aku tidak akan bersedia untuk mengucapkan kata-kata tersebut. Orang yang menduduki takhta sebelumnya memang asli dari Great Qi dan Putra Langit, tapi apa hasilnya? Bahkan orang-orang yang hidup di tanah yang subur tidak bisa bertahan dengan pertanian dan harus menjual anak-anak mereka, belum lagi orang-orang yang tinggal di daerah tandus atau lahan terkena bencana alam. Aku bahkan mendengar bahwa kanibalisme telah menjadi hal yang biasa. Meskipun Kaisar saat ini adalah dari Jin Liao, tapi dia 'mencintai rakyat seperti anak-anaknya sendiri'. Jika aku mengabaikan kebencianku padanya karena menghancurkan negara kita, aku bisa jujur ​​mengatakan bahwa aku mengaguminya, sangat. Ruo Zhi, aku selalu mengerti karaktermu, karena situasi sudah seperti ini, tidak usah membuat hidupmu menjadi semakin sulit, tidak perlu melakukan hal itu sekarang. Tegasnya, orang yang bertanggung jawab atas semua ini, tidak lain dan tidak bukan Raja Qi dimana kau telah bersumpah untuk setia kepadanya."

.

Sebelum Su Yi bisa berbicara, Zi Nong telah bertepuk tangan dengan gembira dan berkata, "Kata-kata tuan ini begitu cerdas, dia sepenuhnya layak mendapat gelar sarjana. Meskipun aku tahu dari prinsip ini, aku tidak dapat mengartikulasikan pikiranku secara tajam."

.

Dia berbalik dan menatap Su Yi, "Yang Mulia, bahkan teman baik Anda memiliki pendapat seperti ini, hati Anda harusnya bisa merasa lebih nyaman, jangan terus menyiksa diri seperti ini sepanjang hari. Bukankah benar bahwa Anda pernah berkata jika bukan karena fakta bahwa Anda berasal dari fraksi musuh, Anda dan Kaisar kami benar-benar bisa menjadi orang kepercayaan seumur hidup."

.

Su Yi diam untuk waktu yang lama, akhirnya, dia memberikan dengungan 'humph' dan berkata, "Bahkan jika aku ingin menolaknya, itu bukan keputusankukan? Nasib semua teman-teman lama dan kerabatku ada di tangannya, aku tidak punya ruang untuk menentangnya."

.

Karena itu, dia melihat ke luar jendela dan seolah-olah sedang berbicara dengan dirinya sendiri, dia berkata, "Musim semi akan segera berakhir, upacara besar untuk memahkotakan seorang Ratu... akan semakin dekat, benar?"

.

.

Akhir Bab 33

70 VOTE + 15 COMMENT = LANJUT ENTAR SIANG

[Complete] Tahanan Perang Indonesia Vers.Where stories live. Discover now