Prologue

28.6K 3.4K 272
                                    

DEFINISI daratan pada masa itu bukanlah sekadar bentangan tanah yang tertambat di dasar laut tempat manusia berpijak. Sebaliknya, daratan merupakan sesosok makhluk hidup; monster kura-kura berukuran raksasa dengan tempurung mahaluas yang mampu menampung satu peradaban sekaligus di atasnya. Orang-orang menyebut daratan mereka sebagai Oceanus.

Terdiri dari berbagai bangsa, Oceanus berjumlah enam puluh: kaum elf, vampir, shapeshifter naga, centaurus, pemburu, penyihir, dan masih banyak lagi. Seluruh Oceanus hidup dengan damai, mengurus pemerintahan dan peradabannya masing-masing. Ketika Oceanus-Oceanus berpapasan, tak jarang penduduk kedua peradaban akan melakukan pertukaran budaya. Baik secara perkawinan, perdagangan, dan sebagainya. Tak jarang ada Oceanus yang penduduknya berisi campuran dari berbagai bangsa.

Mereka berdampingan tanpa mengganggu satu sama lain. Kerajaan shapeshifter naga yang begitu disegani, kerajaan kaum peri yang paling kuat, kerajaan gagah nan tangguh milik bangsa centaurus, kerajaan para pemburu yang pandai memandai besi dan menjinakkan hewan, hingga Oceanus berisi kehidupan liar berisi beraneka ragam hewan.

Hingga hari itu datang. Satu Oceanus ditemukan mengambang kaku. Tak ada satu pun penduduk hidup di dalamnya. Peradabannya mati. Seisi daratan porak-poranda. Istana kerajaan runtuh. Pemukiman nyaris rata dengan tanah. Api melahap hutan. Mayat-mayat bergelimpangan.  Monster kura-kura itu terombang-ambing di lautan tanpa penghuni di atas tempurungnya yang seluas Bali.

Tak ada seorang pun tahu siapa biang kemusnahan Oceanus bernasib sial itu. Namun seluruh Oceanus tahu, ada pengkhianat di antara mereka semua.

Oceanus: The Breathing IslandWhere stories live. Discover now