Diri Sendiri

833 43 8
                                    

diawal, kau mungkin tak merasa nyaman, lebih-lebih ketika kau tak pernah memprioritaskan diri sendiri sebelumnya. ketika kau adalah orang yang selalu mendahulukan orang lain sebelum dirimu sendiri. ketika bahagia diartikan saat kau melakukan sesuatu untuk orang lain terlalu lama, sampai disatu titik dimana kau lupa bahwa kau perlu melakukan sesuatu untuk dirimu sendiri jua.

adalah tentang menyadari bahwa alasan kau tak merasakan sesuatu yang ingin kau rasakan karena kau berjalan jauh tapi netramu terfokus ke hal lain, ke orang lain.

adalah tentang melihat dirimu di cermin dan menerima fakta bahwa kau yang memilih jalan ini dan kau tak bisa menyalahkan orang lain apabila kau merasa tak bahagia dan merasa kosong.

adalah tentang melihat jauh ke kehidupanmu dan-- daripada menyalahkan orang lain, kau memilih untuk mengambil tanggung jawab.

adalah tentang rasa bingung, ketika kau sadar bahwa membuat orang lain bahagia tak lantas membuatmu ikut bahagia, kau harus mencari tau apa yang bisa membuatmu tak lagi merasa sedih dan kau bahkan tak tau jawabannya apa.

adalah tentang duduk bersila kemudian mencoba merenungkan apa yang diri sendiri inginkan, sembari mencoba untuk menilai dan membuang hal-hal yang sebenarnya tak kau butuhkan.

adalah tentang menghapus orang-orang tertentu di hidupmu untuk kebaikanmu sendiri, bahkan ketika kau merasa tak bisa membayangkan hidupmu tanpa mereka, bahkan ketika kau sungguh peduli. ketahuilah bahwa orang-orang tak serta merta menginginkan kebaikan yang sama untukmu. kadangkala, ruang dan jarak adalah pilihan yang paling baik.

adalah ketika kau memilih berhenti daripada berlari dari masalahmu, karena kau tau pasti bahwa kau tak bisa merasakan bebas ketika yang kau lakukan hanya menolak kenyataan yang ditawarkan semesta. rasanya tidak membuatmu nyaman lagi-lagi, tapi setidaknya kau berada di titik dimana kau akan menemukan jalan keluarnya. berhenti berlari dari masalahmu, kau butuh istirahat.

adalah tentang bertanya pada diri sendiri; "apakah aku melakukan ini karena aku mau? atau apakah karena aku merasa harus melakukannya hanya karena aku tak ingin mengecewakan orang lain?"

adalah tentang menerima bahwa saat ini kau butuh jeda dan kau lelah.

adalah tentang keinginan untuk bertanggung jawab sepenuhnya perihal apa yang kau rasakan tentang diri sendiri dan tidak mengizinkan orang lain mendefinisikan harga dirimu. tidak lagi.

adalah tentang mengambil langkah mundur, mengevaluasi segala proyeksi tentang dirimu yang kau tampilkan di media sosial kemudian bertanya, "apakah ini dirimu yang sebenarnya?", apabila jawabannya tidak, kau memutar arah dan kemudian kau mencari hidup yang tak perlu kau palsukan.

adalah tentang mengakhiri hubungan itu karena kau tau pasti bahwa kau tak bisa terus-terusan memberi kesempatan untuk orang yang tak pantas menerimanya.

adalah tentang tak menjawab panggilan dari sesorang dari masalalu yang datang kembali karena kau tak lagi peduli apa yang akan mereka ucapkan padamu. karena kau tau pasti bahwa mereka tak seharusnya pergi diawal.

adalah tentang menyadari bahwa kau tak harus jadi yang selalu merencenakan pertemuan dengan orang-orang dan mengikuti mau mereka setiap saat. mereka perlu memberi usaha yang sama seperti yang kau berikan untuk mereka, dibanding menganggap remeh hubungan yang kamu dan mereka jalani sekarang.

ini adalah tentang mempedulikan orang-orang yang juga peduli padamu, karena orang-orang inilah yang berarti untukmu.

ini adalah tentang mengizinkan diri sendiri untuk terjatuh dan berderai tangis, karena tak apa pertanyaan yang kau punya belum terjawab sekarang. tak apa-apa merasa tak yakin. tak apa-apa disakiti dan kau tak tau cara mengutuhkannya kembali seperti apa. tak apa-apa tidak baik-baik saja.

kau belajar dan kau bertumbuh. kau memilih memaafkan diri sendiri--sebagaimana orang lain pantas mendapatkan maaf.

ketika tanaman tak tumbuh dengan baik, kau tak menyalahkan tanamannya. kau mengubah lingkungannya agar ia dapat terus bertumbuh. inilah sudut pandang yang perlu kau gunakan atas segala sesuatu di hidupmu.

diakhir, yang perlu kau tau adalah kau berharga dan kau pantas merasa berharga.
kau akan baik-baik saja, mungkin tidak selalu, mungkin tidak setiap saat; tapi setidaknya ini adalah sebuah kepastian yang perlu kau amin-kan.

semesta mencintaimu. selalu.

-----
19 Mei 2020
Ekwa.

HUJAN: Sebait Kenangan KusamHikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin