Bab 25 - Kuliah, Kerja, Nikung Temen

9.2K 1.2K 418
                                    

Lo yang pergi tanpa pamit, sekalinya kembali malah nuduh gue gitu aja? Di mana letak hati nurani lo, Ananda?!

============

"Lama-lama gue kayak Dilan gak, sih?"

"Hah? Kok bisa?"

Mingyu mengembuskan asap rokok dari mulut, menyulutnya lagi dan mengembuskan asap dalam beberapa detik ini. Suasana di pedalaman daerah Cianjur yang mendung-mendung manja menambah galau hatinya, berbeda dengan sekitarnya yang ramai oleh kekhidmatan orang-orang menyantap sepiring makanan.

Iya, lagi nongkrong di warteg Mingyu tuh.

Baru selesai makan siang.

"Dilan kan kalo cemburu suka gak percaya diri, kayaknya gue ngerti deh perasaan dia."

Ayim atau Changkyun teman KKN Mingyu saat semester 6 dulu menyesap kopi. Menghela napas lelah sebab sejak 4 hari yang lalu ketika si bongsor menggedor kostannya, kalimat itu lagi yang dia dengar.

Tentang percaya diri lah. Cemburu lah. Kangen lah. Butuh duit lah. Raden lah. Wonwoo lah.

Apalah-apalah.

Sebagai teman yang belum tau motivasi mengapa Mingyu sampe nekat mengambil tawaran survey ke Cianjur memang perlu ditelusuri. Tapi, dia cukup berhati-hati untuk tidak menyenggol masalah pribadi sebab sepertinya itu alasan mengapa Mingyu ada di sini.

"Lo butuh duit buat apa sih, Ming? Kayak tulang punggung keluarga aja nafkahin istri sama anak di rumah. Mahasiswa ya mahasiswa, dapet duit itu bonus buat lo hura-hura."

"Istigfar, brader. Hura-hura itu gak bikin lo bahagia, gue punya alasan buat nyari duit ya. Salah satunya buat nafkahin si dia."

Changkyun mencebikkan bibir. "Pret, susah kali nyet jaman sekarang nyari yang bener-bener kerja buat hal semestinya. Lo liat dah sana, yang dapet beasiswa aja masih suka hura-hura, mirisnya lagi mereka masih ngemis duit kiriman orang tua."

Mingyu geleng-geleng kepala sambil garukin tangannya yang bentol digigit nyamuk. Sialan emang, badannya yang berdarah manis ini dari kemarin jadi sasaran empuk hewan itu terus.

"Yang pasti itu bukan gue."

Ananda satu itu berdeham bangga karena selama merantau di Ciputat selalu mengusahakan untuk gak bergantung sama kiriman orang tuanya. Kalo kepepet doang dia pake, tapi kadang setelah itu merasa gak enak hati dan berdosa sendiri.

Ya dipikir aja, cowok ganteng kayak dia yang udah menginjak usia kepala dua emang etis buat minta-minta?

Itu pula yang bikin dia semakin bertanggung jawab pada dirinya dan Wonwoo. Siapa sih yang gak pengin nyenengin pacarnya? Kalo boleh jujur Mingyu pengin bikin Wonwoo setiap detiknya bahagia. Meskipun cinta itu utama, tapi tanpa materi sama aja timpang sebelah sodara-sodara.

Dia ngerasain banget gimana menderitanya jadi mahasiswa yang belum berpenghasilan, apalagi ketika orang lain membuat Radennya lebih bahagia. Khususnya dalam konteks materi, seperti kena bogeman mentah Mingyu tuh sama tindakan Rowoon yang tanpa pikir panjang memberikan sebuket uang.

Cinta sih cinta, tapi gak segitunya juga kali.

Kan bikin emosi.

"Terus lo ngapain ikutan survey padahal biasanya gue ajakin kagak mau? Job ngemsi pada lari ke mane? Endorse? Dan honor magang emang gak cair?"

"Ya buat nambah pengalaman, bro. Tapi emang gue lagi pengin kerja aja sih ini, di samping job MC lagi sepi, kayaknya gue gak bisa membuang waktu luang mulai sekarang. Btw, fee survey kapan turun?"

[✔] Semester 8Where stories live. Discover now