(SEASON 2) - [21] 30 PESAN DARI BOSNIA UNTUK ISTRIKU

464 31 4
                                    

Seorang wanita berada dalam ruang sunyi. Gelapnya malam dengan hembusan angin sepoi-sepoi menambah syahdu kerinduan. Seorang istri sedang duduk dalam pembaringan, memegang sebuah pesan dari suami terkasih yang sudah lebih dulu pulang.

Penerangan di kamar itu cukup redup. Ditemani lampu gantung oleh-oleh dari Rizky untuknya, Kira melihat sampul buku yang begitu manis dengan pesan singkat di bawahnya, "... Bacalah jika kau merindukanku."

"Sepertinya Adek akan terus membaca ini setiap detik, Mas, karena setiap itu pula aku merindukanmu." Gumam Kira.

Di bukanya perlahan...

Sebuah halaman kosong tertulis, Sayang, ini adalah hadiah yang Mas persembahkan untukmu...

Hadiah? Maksud Mas jebakan?

... Setiap nasehat atau pesan yang Mas tulis di sini, jangan lupa diamalkan, ya.

Insyaa Allah, Mas.

Dan, dari semua pokok pesan yang Mas tulis di buku ini, satu yang paling utama, tetaplah mentauhidkan Allah sampai kapanpun, jangan pernah menyekutukan-Nya dengan suatu apapun. Karena, kamu harus tahu, dosa syirik adalah dosa besar yang tidak akan pernah diampuni Allah sebelum pelakunya taubat nasuha. Oke, Sayang?

Iya, Mas. Pasti...

Mas juga melampirkan foto-foto tempat wisata yang recommended buat kamu jika nanti kita pergi ke Bosnia bersama, ya...

Tidak sempat, Mas, kau sudah pergi untuk selamanya...

Kira mulai membuka halaman demi halaman dan membacanya dengan penuh penghayatan.

_____

Pesan #1: Jangan pernah menghakimi seseorang yang memiliki kenangan buruk di masa lalunya, karena setiap orang punya kesempatan untuk berubah dan menjadi lebih baik.

Mas menuliskan pesan ini ketika Mas sedang berada di sebuah restoran di Sarajevo. Saat itu Mas bersama Ivan membahas pekerjaan, namun, hati Mas seolah lega lantaran Ivan yang sudah begitu berubah dari dia yang dulu, baik perubahan penampilan maupun sikap. Mas senang melihatnya.

_____

Pesan #2: Setiap jiwa akan merasakan mati. Namun, jangan sampai hal itu membuat kita meratapi kematian dari seseorang yang telah pergi lebih dulu menuju keabadian.

Saat Mas pergi ke beberapa daerah di Bosnia, Mas sempat berziarah ke kuburan massal Potocari.

Kuburan ini adalah kuburan massal tempat orang-orang yang mati syahid di jalan Allah, insyaaAlllah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kuburan ini adalah kuburan massal tempat orang-orang yang mati syahid di jalan Allah, insyaaAlllah. Ada lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki muslim Bosnia dibunuh pada Pembantaian Srebenica tahun 1992-1995. Jika nanti kamu datang ke Bosnia, sempatkanlah untuk berziarah ke sini, ya.

Lelaki Pilihan (Season 1 & 2)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang