mencari hiburan vs ingin menjadi terkenal

3.9K 1K 202
                                    

Dua tipe orang yang ada di atas itu banyak berkeliaran di wattpad.

Beberapa orang menulis untuk menuangkan imajinasi mereka ke dalam sebuah bentuk tulisan untuk mengetahui lebih jauh apa reaksi orang lain akan imajinasi mereka. Suka kah? Kagum kah? Ataukah biasa saja.

Untuk si pencari hiburan, sebuah apresiasi bentuk apapun akan ia hargai. *kecuali dalam beberapa poin seperti di kejar2 untuk update*

Sedangkan untuk si pencari ketenaran, ia menulis untuk di apresiasi.

Tau bedanya kan? Kalian pasti bisa membedakan mana yang jenis si pencari hiburan dan si pencari ketenaran.

Btw... cari ketenaran di wattpad itu salah banget menurut gue, gak berdampak banyak juga. Kalau di apps lain misalnya inst*gram, dengan followers banyak kalian bisa dapet endorse sana sini.

Tapi kalau disini, semakin banyak followers, semakin aneh komentar dan orang yang yang dateng ke lo yang bikin lo naik darah. Belom lagi resiko plagiarisme yang semakin besar menghampiri dan serangan para fake people.

Gue sempat muak dan ingin mengulang merintis di dunia oren ini dari nol kembali atau istilahnya ganti akun karena dulu gue merasa jauh lebih tentram di banding sekarang.

Intinya pikir-pikir lagi, terkenal di wattpad gak bikin uang kuliah lo terbayar sendiri dan nilai lo tiba-tiba berubah jadi A. Urusan real life tetep lebih penting.

Kecuali.... cerita lo diterbitin. Itu masalah lain lagi. Btw untuk masalah diterbitin jangan pikir cerita yang sudah diterima penerbit dan dinyatakan akan terbit perjuangan lo selesai gitu aja sampai sana. Perjuangan untuk buku yang akan terbit itu bahkan baru saja dimulai di saat dinyatakan terbit.

Btw... untuk terbit menterbitkan ini apakah perlu dibahas di satu bab khusus?

How to SurviveWhere stories live. Discover now