Buku cetakan wattpad sampah?

2K 455 89
                                    

Hem... jahat banget yang buat staetment begitu.

Dan yang ngomong begitu adalah orang yang nulis di wattpad sendiri. Jadi merasa miris dan juga lucu...

Berarti kalian mengeneralisasikan semua karya di wattpad adalah sampah.

Wattpad berguna sebagai sarana latihan dan juga batu loncatan. Kalau tanpa wattpad mungkin minat membaca anak Indonesia belum tentu banyak, secara sekarang yang serba online yang diminati.

Gini deh, kalau mau bandingin orang yang pertama kali nerbitin buku dan dulunya penulis wattpad dibandingkan dengan penulis sekelas Andrea Hirata atau Tere Liye sih ya jelas jauh. Jam terbang juga mempengaruhi bukan?

Nyamain bayi yang baru merangkak kok sama anak SD yang sudah menangin lomba lari se-Kota.

Ibaratnya ya semua orang berhak untuk dapat kesempatan untuk mengembangkan karyanya. Kalau yang diekspos hanya orang-orang yang itu saja, tentunya penulis baru yang mungkin ternyata punya bakat yang lebih hebat dari nama nama besar yang disebutkan di atas nggak terekspos dan terasah untuk menjadi lebih baik.

Semua balik lagi ke selera pasar juga. Kalau memang fenomena buku wattpad yang sedang diminati dan berjajar di toko buku ya mungkin memang itu sedang jamannya.

Semua orang berhak memilih mana bacaan yang ingin mereka baca atau tidak. Tapi tidak satu orang pun yang berhak menyebut karya orang lain sebagai sampah.

Nggak suka sama buku terbitan wattpad? Masih banyak kok buku yang terbit tanpa embel-embel wattpad.

Embel-embel dibaca jutaan kali? Ceritaku yang dua sisi belum menyentuh angka satu juta, tapi alhamdulillah penerbit masih menerima naskahnya.

Rejeki mah udah ada yang ngatur. Nggak usah menjudge dengan sesuka hati karena selera setiap orang berbeda-beda.

Saling menghargai, karena satu dua kalimat yang orang lain tulis mungkin butuh berjam-jam bagi orang itu untuk menuliskannya. Jika hal itu disebut dengan sampah, yang lebih sampah adalah orang yang tidak mengghargai karya orang lain.

Pernah liat penulis besar menghina penulis penulis pemula? Nggak kan. Kalau mau jadi orang besar, janganlah suka menghina orang lain.

How to SurviveWhere stories live. Discover now