Jual Beli Followers?

1.9K 320 146
                                    

Akhir-akhir ini ada selentingan kabar soal jual beli followers di wattpad ini. Pendapat gue? Akan gue jabarkan satu persatu.

Pertanyaan gue saat pertamakali denger hal ini adalah buat apa? Jujur, gue lebih sering memperhatikan kolom/notifikasi komentar dibandingkan notifikasi vote. Karena kalau komentar, apalagi yang menyangkut isi cerita, gue tau bahwa pembaca itu benar-benar membaca dan terbawa dengan alur cerita yang kita buat.

Kedua, gue tau bagaimana kepuasan rasa saat ada orang lain yang mengklik tombol follow, vote dan komentar dari yang masih nol hingga sekarang. Seriously, perasaan itu nggak akan terganti oleh apapun. Kayak dapet gaji pertama tau nggak. Apakah kalian para pembeli followers merasakannya? Sayangnya nggak ya, euforia itu nggak akan tergantikan, karena harganya nggak sebanding sama pulsa 20-50ribu rupiah yang kita keluarkan hanya untuk melihat angka itu bertambah 😊

(btw harganya berapa sih? Gatau gue serius)

Kalian mendzolimi diri sendiri sekaligus orang lain kalau melakukan itu. Setalah novel wattpad sering dikaitkan dengan mengandalkan kalimat 'telah dibaca jutaan kali', terus sekarang mau ditambah 'yang penulisnya bisa beli followers'. Waduh, yang mati-matian berjuang dari nol kasihan dong ikut dicap kayak gitu.

Beli followers dan vote biar bisa terbit?
Btw, buku fisik itu dibeli sama orang, kalau views sama vote banyak tapi bukan dari orang asli, penjualannya gimana?

Intinya, berpikirlah lagi... rezeki udah ada yang ngatur.

How to SurviveWhere stories live. Discover now