Yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin

3.6K 1K 221
                                    

Ya.. itulah ungkapan yang tepat di dunia oren ini.

Gak setiap orang yang followersnya banyak itu punya cerita yang bagus. Begitupun sebaliknya, gak setiap orang yang ceritanya bagus punya followers banyak.

Kenapa?

Karena pemilihan cast itu utama, terutama di genre fanfiction ini.

Si author A dengan cerita bagus, antimainstream dan pembawaan yang unik akan kalah dengan si author B yang punya cerita mainstream dan pembawaan biasa aja. Hanya karena cast.

Cerita dengan cast gak terkenal gak gampang di terima dengan mudah kecuali jika memang jalan ceritanya menarik.

Contohnya adalah FF No:el punya @joampas , gue gak begitu mengenal itu tokohnya siapa sebetulnya, tapi dia bisa membawa dengan baik ceritanya jadi membuat orang lain juga tetap membacanya meski castnya tidak seterkenal oppa oppa boyband.

Faktor keberuntungan itu sangat besar di sini, kita gak tau kapan cerita kita bisa tereksplore lebih banyak oleh orang lain. Apakah di cerita pertama, cerita kedua, atau bahkan cerita ke enam?

Orang mempunyai kecendrungan membaca karya yang sudah banyak di baca dan di tulis oleh akun yang followersnya banyak. Jadi prinsip yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin emang berlaku di dunia oren ini.

Tapi percayalah, kalau emang karya kalian belum di lirik atau tereksplore, kalian masih bisa memperbaiki itu daripada sudah punya followers banyak terus nanti ada yang ngomongin, "kok bisa ya peminat ceritanya dan followersnya sebanyak itu padahal ceritanya gak bagus?"

Itu akan benar-benar jadi tamparan keras.

How to SurviveWhere stories live. Discover now