ide cerita + membuatnya menarik

3.2K 839 72
                                    

Ide dapat datang dimanapun dan kapanpun, dari pengalaman diri sendiri atau orang lain di sekitar kita, dari yang sederhana sampai yang rumit, dari yang ada di sekitar kita ataupun sampai di luar nalar kaya fantasi.

Ide cerita itu mudah untuk di dapatkan, yang susah itu mengemasnya dalam sebuah tulisan menarik. 

Ide cerita MLMH bermula dari dosen gue yang ngasih nilai random ke mahasiswannya, dan itu bener-bener random padahal ujian jawaban sama dan tugas pun ngumpulin bareng satu kelompok sama temen gue tapi nilai gue sama temen gue beda beda. 

Tapi dosen gue tua cuy, gak mungkin ceritanya akan menarik kalau di ceritakan sesuai dengan kisah aslinya. Jadilah gue membuat cerita MLMH dengan bumbu dosen muda ganteng tapi juga killer dan juga ide mainstream yaitu perjodohan.

Ide mainstream itu gak masalah sebenernya, mau bikin Bad Boy, CEO playboy, dijodohin, kedatangan mantan terindah pas mau nikah, dan lain-lainnya  itu semua ide mainstream yang gue pake di cerita gue. Tapi buatlah cerita yang menarik dari ide mainstream itu yang cukup susah.

Tema cerita mainstream jika kita mengeksekusinya dengan baik, itu gak akan jadi masalah untuk readers membaca cerita kita. Karena cerita kita mempunyai point keunikan tersendiri, entah itu apa.

Nah, sekarang poin untuk membuat cerita kita terlihat menarik...

Usahakan cerita kita memiliki nilai keorisinilan tersendiri dari karakter kuat yang berkesan untuk pembaca. Jalan cerita pun gak perlu terlalu rumit asal kisahnya menarik.

Gue juga gak tau cerita gue menarik atau enggak sebenernya...

Banyak cara membuat cerita menarik kok... entah dengan jalan ceritanya, tokohnya, ataupun pembawaan kalian dalam menuliskannya.

Sekian.

How to SurviveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang