Newbie?

1.7K 447 68
                                    

Apa definisi newbie menurut kalian?

Yang baru join kah? Atau yang baru menulis cerita kah? Yang followersnya dikit kah?

Ada yang join dari 2014 tapi baru mulai nulis 2016, itu gue contohnya. Ada yang baru join langsung nulis. Bahkan ada yang join dari 2012 tapi nggak nulis sampai sekarang jadi nggak punya followers. Masuk newbie juga kah?

Entah mengapa gue kurang suka dengan penggunaan kata newbie. Terlalu mengkasta menurut gue.

Kalau ada newbie, ada senior berarti?

Semua orang sama kok di wattpad, yang membedakan ya pengalamannya. Mau yang join dari tahun 2012 pun kalau memang statusnya hanya membaca dia pasti tidak tau seluk beluk dan apa yang penulis rasakan. Nah, kalau yang hanya menulis tanpa membaca pun juga sama dia hanya tau dari sisi penulisnya aja. Makanya lebih baik kita menjadi penulis dan juga pembaca agar bisa merasakan posisi keduanya.

"Kak, mohon bantuannya untuk promote. Aku masih newbie."

Dibandingkan minta promote yang kemungkinan besar tidak ditanggapi, lebih baik kenali warga wattpad dan seluk beluknya. Jadi kalian tau harus bagaimana bermain di dunia oren ini.

Kalau dibilang newbie, gue juga masih newbie kok. Nulis di wattpad belum lama. Dengan tulisan yang dibilang seadanya. Nggak ngerti apa-apa pula tentang EYD dan EBI. Tapi gue belajar dikit-dikit selama di sini.

Jangan karena followers udah K K an bisa jadi seenaknya dan mengkastakan orang yang baru join dan nulis di bawah kalian. Kita semua sama. Yang membedakan hanya pengalaman, dan juga keberuntungan.

Buat kalian yang belum tereksplore, semangat! Buat yang udah, dan kebetulan banyak yang suka jangan arogan. Jadilah penulis yang dicintai pembacanya 😊

How to SurviveWhere stories live. Discover now