Semua orang perlu belajar

2K 559 48
                                    

Banyak buku di wattpad yang bertebaran dengan EYD yang salah dan kosa kata yang tidak ada di KBBI atau bahasa baku dan non baku.

Apa itu salah?

Kalau untuk gue, tergantung. Setiap orang di wattpad membuat cerita untuk tujuan tertentu. Entah itu untuk 'menyampaikan' isi cerita kepada pembaca, menghibur, atau mungkin untuk di lirik oleh penerbit.

Kalau mau dilirik penerbit tapi menggunakan EYD dan KBBI yang salah jelas salah. Tapi kalau itu sebagai proses dia belajar untuk menjadi penulis yang lebih baik nggak ada salahnya. Toh semua orang masih perlu belajar.

Tapi kalau tujuan membuat cerita untuk menghibur tentu aja gak ada salahnya.

Tidak ada peraturan di wattpad yang mewajibkan setiap penulisnya untuk menulis menggunakan bahasa baku.

Gue sering banget menemukan kalimat di buku rant yang intinya kadang Rank teratas ditempati oleh buku-buku yang tidak pantas untuk mendapatkannya karena EYD yang berantakan dan KBBI yang salah, yang bahkan tidak memiliki diksi.

Selera tiap orang beda-beda, dan yang menempati rank teratas mungkin sedang sesuai dengan selera pasar. Belum tokoh utama terutama dalam genre fanfiction itu berpengaruh besar.

Hidup udah berat, kadang orang-orang pun butuh bacaan ringan yang menghibur tanpa harus berpikir dan mencerna kalimat penuh diksi. Dan setiap penulis pun punya cirinya tersendiri bukan?

Semua orang masih perlu belajar untuk menjadi lebih baik lagi, termasuk dalam hal tulis menulis di wattpad ini.

Jadi tolong saling menghargai aja.

Setiap karya yang diciptakan manusia gak ada yang sempurna, yang sempurna cuma milik Sang Pencipta.

How to SurviveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang