promote di message board

1.2K 279 45
                                    

Pasti kalian banyak menemukan kasus ini, baik di akun baru netes sampai yang followersnya ratusan ribu. Kadang ada juga yang nggak menerimanya, kalian bisa liat di profil orang itu. Satu hal yang gue tanyakan adalah ... apakah itu efektif?

Jujur, buat gue nyelesaiin cerita sendiri aja masih susah cari waktu wkwkwk, apa lagi baca cerita orang. Gue juga moody orangnya, semua jenis yang mau gue baca tergantung mood gue. Gue bahkan nggak pernah melihat cerita-cerita yang ada di kolom message board itu. Kalau ada yang ngirim link begitu yaudah gue lewatin gitu aja. 

Paling ngecek yang pembaca tanyakan. Tapi kadang-kadang yang ditanyakan pun sudah ada jawabannya, tapi nggak pada mau baca hehehe. Kebiasaan orang Indonesia kayaknya maunya nanya aja nggak mau nyari tau, sedangkan yang ditanya kadang udah sampe pegel ditanya hal yang sama terus menerus. Kadang nggak dibales jatuhnya, atau balesnya nunggu mood. Lagi-lagi mood berpengaruh besar. wkwkwkwk

Mungkin ada beberapa alasan para pengguna wattpad nggak mau wallnya di'kotori' oleh link promosi, aduh bahasanya kasar banget nggak sih ngotorin gitu? Gue harap nggak ada yang baperan ya pas baca ini. hahaha

Intinya sih ya kalau menurut gue, akun orang itu ya sesuai dengan orang yang punya. Kita nggak bisa protes atau gimana-gimana. Sudah dibilang sebelumnya kalau pribadi tiap orang unik bukan? Saat kita memasuki sebuah lapak, ya kita harus ikutin aturan main yang punya. 

Untuk gue sendiri gue nggak masalah kalau orang promote di message board gue, tapi gue nggak suka yang sampai berkali-kali gitu. Kadang gue sampai hapal judul dan cover ceritanya meski ngeliatnya sekilas-sekilas doang saking seringnya.

Message board, dan kolom komentar itu notifnya cuma ada yang di punya lapak. Menurut gue itu kurang efektif sih kalau digunakan sekarang. Kecuali promotenya ke yang bener-bener murni pembaca ya, gue rasa itu masih berlaku deh soalnya dia pasti ngeliat dan merhatiin tawaran yang datang ke dia. Kalau yang udah punya cerita rata-rata mau nerusin ceritanya aja pusing, jadi males baca atau buka link yang ditawarkan *itu mah gue aja kali ya wkwkwkw

Nah, rata-rata yang promosi ke message board itu malah ke yang followersnya udah banyak dan punya cerita sendiri, bukan yang murni pembaca. Oleh karena itu, gue mau nanya ke kalian, apa kalian pernah baca cerita yang ditawarkan di message board orang lain? Misalnya nih kalian kepo sama profil gue dan ngestalk, terus iseng baca message boardnya dan baca-baca cerita di sana, pernah?

Menurut gue jarang deh ada yang kayak gitu. Makanya kayaknya kurang efektif untuk promosi pakai cara itu. Meski dulu gue pernah menggunakan cara yang sama.

Menurut gue cara promosi yang paling efektif sampai saat ini adalah adalah mencari para pembaca, ya biasanya keliatan dari profilnya dia emang nggak bikin cerita dan masuk wattpad emang cuma buat baca aja.

How to SurviveWhere stories live. Discover now