Tulisan dapat mengubah

4.9K 1K 232
                                    

Tulislah apa yang bisa dipertanggung jawabkan.

Percaya atau nggak tulisan yang kita buat bisa mengubah pola pikir orang lain. Bisa menjadi lebih terbuka, atau malah ke arah yang buruk seperti berita hoax yang banyak bertebaran akhir-akhir ini.

Pernah merasa termotivasi setelah membaca sebuah tulisan? Pasti pernah bukan? Bahkan hanya sebait quotes yang beredar di medsos bisa merubah mood dan pola pikir kalian.

Jadilah penulis yang cerdas agar pembaca kalian juga menjadi pembaca yang cerdas, karena kalau yang kita tulis bahkan sampai mengubah pola pikir orang lain dan melakukan hal yang nggak-nggak itu secara nggak langsung ya tanggung jawab kita sebagai penulis.

Kalau orang lebih banyak mempermasalahkan soal konsep badboy atau CEO yang bertebaran di wattpad, gue lebih mempermasalahkan anak di bawah umur yang membuat cerita dewasa, menikah di usia muda atau membuat cerita dengan tema hamil di luar nikah. Okelah kalau orang dewasa yang bikin biasanya di dalam ceritanya menyelipkan pesan-pesan tersirat kalau yang dilakukan itu salah. Tapi kalau cerita MBA yang diisi dengan kesenangan-kesenangan semata yang ditulis oleh anak di bawah umur gue merasa... wah! 

Kenyataan tidak seindah dunia wattpad, fenomena nikah muda, MBA dan lain-lain bisa hadir lewat tulisan-tulisan di wattpad ini loh...

Kemarin sempet ada pembaca yang bilang "Kak, temenku nyuruh aku nikah soalnya biar kaya bacaanku di wattpad."

Gue be like : Woah! Kehidupan pernikahan di wattpad yang nikah dalam keadaan mapan dengan petinggi perusahaan atau CEO itu hanyalah khayalan.

Sebegitu besar efek tulisan kita terhadap orang lain.

Jadi, lebih hati-hatilah dalam menulis, dan mencerna setiap cerita yang ada teman-teman. Jangan ditelan bulat-bulat.

Bagaimana kalau besok ada yang bilang, "Aku hamil di luar nikah karena tulisan-tulisan karya A yang kebanyakan kayak gitu, dan tokohnya pun berakhir dengan bahagia-bahagia aja." 

Siapa yang paling bertanggung jawab? Itu berasal dari kebodohan pembaca, atau penulisnya?

Jika sebuah tulisan dapat mengubah, maka buatlah tulisan yang bisa mengubah orang untuk menjadi lebih baik.

How to SurviveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang