Question that i hate

1.4K 285 58
                                    

Buat kalian mungkin ada beberapa pertanyaan yang nggak mengenakan yang datang dari orang lain, dan pendapat orang beda-beda.

Kalau gue, gue paling nggak suka sama orang yang nge-dm tanpa nyapa, tanpa basa-basi, dengan pertanyaan 'Kak, kok followersnya bisa banyak sih?'

Menurut gue itu nggak sopan.

Followers nggak dateng dalam sehari dan jatuh gitu aja dari langit. Semakin banyak angkanya semakin aneh aneh kelakuan dan komentarnya. Itu pasti.

Kalau kalian memulai sesuatu dengan cara yang baik, pasti akan dibalas dengan respon yang baik pula.

Gue nggak masalah kalau ada yang nanya soal pengalaman nulis yang biasanya langsung gue arahkan ke works ini, atau nanya-nanya soal penerbitan, bahkan sampai konsultasi ibu hamil dan remaja online gue ladeni via dm karena background gue yang memang tenaga kesehatan.

Tapi kalau di awal udah nanya soal followers dan sebangsanya biasanya gue males ngeladenin. Jujur aja.

Gue yakin yang followersnya ribuan, bahkan ratusan ribu di luar sana bisa kayak sekarang karena sebuah usaha, dan usaha mereka adalah menulis. Bukan karena ngemis di follback atau sibuk manjat sana sini.

Kalau mau mulai berinteraksi dengan orang, pakailah pertanyaan yang tepat, jangan yang malah terkesan buruk. Setiap orang punya penilaian berbeda-beda, jadi kalau mau berinteraksi pertamakali, yang wajar-wajar saja.

Kalau kalian, pertanyaan apa yang paling kalian nggak suka?

How to SurviveWhere stories live. Discover now