21 Sampai

574 111 1
                                    

Provinsi Huang sebenarnya daerah yang cukup subur. Hanya saja banyak sekali pejabat yang korup. Kaisar tidak bisa menindak mereka karena provinsi ini terlalu jauh. Provinsi ini juga kurang menghasilkan bagi negara. Saat musim hujan, mereka dapat panen besar, tapi ketika kemarau, mereka tak bisa menanam sama sekali.

Zhuoyue sepanjang perjalanan memproduksi kain dengan motif-motif indah. Dia juga membuat beberapa kain katun yang polos. Selain itu, dia memproduksi berbagai jenis benang dengan berbagai warna. Semua hal itu dia simpan di gelang giok.

Jalan-jalan yang mereka lalui cenderung lancar karena hampir seua barang bawaan dimasukan ke gelang giok, sehingga kereta lebih ringan. Di tambah lagi, satu keret di bawa oleh dua ekor kuda. Karena takada bandit yang menghadang, perjalanan mereka relatif aman.

Setiap tempat yang mereka singgahi, Zhuoyue selalu membeli bibit dan bahan makanan. Dia membeli ratusan daging ayam, pilihan kilo daging sapi dan daging kambing. Zhuoyue juga membeli banyak sekali tulang sapi. Zhuoyue tak pernah membeli perhiasan, pakaian dan sepatu. Karena itu lebih mengeluarkan banyak uang dibandingkan dengan membeli makanan. Dengan gelang giok, makanan yang dia beli bisa tahan lama.

.

Yingsu merasa aneh dengan tuannya ini. Dia membeli hanyak hal, tapi dia tak bisa melihatnya sama sekali. Yingsu hanya bisa menebak bahwa ada ruang rahasia di kereta yang ditumpangi Zhuoyue. Yingsu juga melihat Zhuoyue menjual banyak perhiasan giok dan kain sutra cantik dengan harga tinggi. Yingsu tak menyangkan tuannya ini sangat pandai menghasilkan uang.

Yingsu merasa beruntung dapat mengikuti tuannya. Ibu nya yang sakit berangsur-angsur sehat kembali. Adiknya juga sudah menumbuhkan beberapa daging. Dia juga sering melihat senyum di wajah mereka berdua. Yingsu merasa bahagia.

Tinggal melewati satu kota ini dan dia dapat sampai di kabupaten huang.

"Yingsu. Bisakah kau kemari."

"Ya tuan muda."

"Kau lihat orang yang sedang menjual ternak itu?"

"Ya."

"Beli dua sapi betina, satu kerbau jantan muda dan empat kambing betina dan satu kambing jantan."

"......"

"Oh, dan jangan lupa membeli seratus anak ayam dan seratus anak bebek."

"....."
"Kau mendengar apa yang aku katakan?"

"Ya Tuan. Tapi bagaimana kita akan membawa mereka?"

Zhuoyue memperhatikan sekeliling. Dia memanggil dua orang penjaganya.

"Kalian beli dua buah gerobak dan bantu Yingsu membeli beberapa hewan. Juga beli dua budak anak laki-laki dan dua anak perempuan. Aku tak butuh orang dewasa." Zhuoyue memberi mereka lima puluh keping emas. "Kalau tidak cukup, kalian kembali lagi padaku."

BECAME A PRINCETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang