24 Membangun

549 107 0
                                    


Zhuoyue dan gurunya sudah memeriksa lokasi pembuatan bendungan. Mereka juga sudah berdiskusi dengan beberapa ahli. Mereka memilih lokasi di sebuah gunung dengan aliran sungai yang deras. Zhuoyue dan gurunya sudah membuat rancangan bendungan dan akan memulai penggalian sore nanti.

Pertama-tama, Zhuoyue memindahkan pohon, pohon di sekitar tanah yang akan dia gali. Setelah memindahkan pohon, Zhuoyue melihat hamparan tanah seluar 200x200 meter.

Sekarang waktunya menggali. Zhuoyue mengaluarkan akar pohon. Dia menghansurkan struktur tanah yang padat dengan akar tersebut. Setelah itu, Zhuoyue mengeluarkan daun yang lebar dan kuat. Daun itu dia buat menjadi sekop raksasa. Dengan perlahan Zhuoyue menggali tanah. Orang-orang akan pingsan jika melihat sekotp raksasa bergerak sendiri.

'Jika saja aku memiliki kekuatan bumi, aku dapat menggali lebih cepat.'

Dalam waktu satu jam, Zhuoyue sudah mengali 20x20x20m. Bendungan ini akan memiliki kedalaman 5 sampai 50 meter. waktu seminggu sudah cukup untuknya. Minggu depan para pekerja akan mulai mengerjakan bendungan.

Pejabat-pejabat yang dipilih sudah memulai merekrut pekerja. Mereka menyebarkan beberapa pengumuman. Dengan upah 40 koin perak sebulan banyak pria yang mendaftar. 40 koin perak adalah upah yang cukup besar untuk mereka yang miskin. Mereka hanya dapat menghabiskan paling banyk 15-20 koin perak. Dengan cepat 500 orang sudah di dapat.

.

___________________

Bulan pertama para pekerja diminta untuk membuat batu bata sebanyak mungkin dari tanah liat. Untuk memudahkan para pekerja, Zhuoyue membuat 100 gerobak dorong dan 50 gerobak yang ditarik oleh sapi. Selain 500 orang pekerja, Zhuoyue juga merekrut perempuan untuk bekerja di dapur umum. Untuk memberimakan pekerja, zhuoyue harus menanam hektaran sayur. Dia bahkan harus membeli dua ratus ayam petelur untuk diambil telurnya. Bendungan belum selesai tai dia sudah merasa lelah.

.

Bulan kedua mereka mulai menembok sekeliling bendungan. Bulan ketiga mereka mulai membangun bengunan pengendalian air. Dengan ancaman Zhuoyue, tentu saja tak ada yang berani mengacau. Beberapa pejabat bahkan menyebutnya penyihir kecil. Setiap orang yang ingin engacau nya pasti akan sial. Tentu saja mereka yang curang akan kehilangan uang banyak.

.

Zhuoyue tentu sangat sibuk sekali. Selain proyek membuat bendungan, dia harus memperhatikan hal-hal yang lain. Misalnya dalam dua bulan lagi akan masuk ke musim dingin. Sedangkan banyak warga di sekitarnya tak memiliki rumah yang layak. Zhuoyue meminta Yingsu mencari 200 batok kelapa. Setelah semua terkumpul, Zhuoyue, Mei Li dan dua pengawalnya pergike pinggiran hutan di tanah milik pemerintah. Zhuoyue berniat membangun rumah sederhana berbentuk bulat. Rumah ini berdiameter 3 meter.

Zhuoyue membuat 200 rumah dari batok kelapa. Di setiap rumah tersedia dua set alat makan terbuat dari kayu, sebuah kasur tipis, dua buah selimut, dan dua buah bantal. Rumah ini dibangun untuk pengungsi atau warga yang tak memiliki rumah. Biaya sewa rumah ini pun sangat murah. Yakni 4 perunggu per hari. Uang itu akan masuk ke kas negara. Dengan murahnya biaya, banyak orang-orang yang tinggal di gubuk-gubuktua mulai pindah. Akan ada orang yang datang menagih uang setiap sore.

.

Kembali ke bendungan. Setelah pembangunan selesai pada akhir bulan ke tiga, bendungan mulai diisi air. Zhuoyue juga sudah menggali saluran air tempat keluarnya air dari bendungan. Beberapa warga juga ada yang memasukan bibit ikan ke danau. Zhuoyue juga menanam beberapa Lotus.

Beberapa meter dari bendungan, Zhuoyue membangun penginapan tiga lantai. Di sekeliling danau dia dan penginapan, dia menanam pohon plum dan pohon jeruk. Sehingga di masa depan, setiap musim semi tempat ini akan penuh dengan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan bunga plum yang bermekaran.

.

____________________________

Terbentuknya bendungan di provinsi Huang mengejutkan semua orang. Baru empat bulan menjabat tapi gubernur baru itu menoreh prestasi. Pembangunan rumah murah untuk rakyat miskin di beberapa tempat dan pembangunan bendungan yang spektakuler. Itu bukanlah pretasi yang dapat dilaksanakandalam empat bulan. Beberapa orang datang sendiri untuk memastikannya.

Kaisar dan jenderal Qiang bangga mendengar hal ini. Kaisar menghadiahkannya 500 tael emas. Jenderal Qiang memberinya 10 pengawal rahasia.

.

'Dengan membuat bendungan dengan modal 300 tael emas, aku mendapatkan 500 tael emas sebagai hadiah. Kalau aku membuat bendungan lagi, apakah mereka memberiku lebih banyak?'

BECAME A PRINCEWhere stories live. Discover now