「🏮」fansign

2.1K 233 14
                                    

Pasti banyak banget di antara para kpopers yang pengen dateng ke fansign idol favorit kalian. Bisa berinteraksi langsung sama bias, ngobrol langsung sama mereka, face to face, hand lock, high five, dll. Siapa yang bakal nolak coba.

Nggak kebayang gimana senengnya dateng ke acara fansign. Pasti banyak di antara kalian yang belum paham betul gimana teknis dari fansign.

Di sini aku bakal share semuanya tentang fansign. Soalnya kadang banyak yang nanya.

Fansign di adakan kapan aja?

Dateng ke fansign bayar nggak sih?

Ngapain aja kalau ke fansign?

Kuyy kita bahas...

Selain tampil di music show, ketika para artis K-POP dalam masa mempromosikan album terbarunya, mereka biasanya melaksanakan Fansigning Event. Pada acara Fansign, artis tersebut dapat bertemu lebih dekat dan berinteraksi dengan para penggemar, dan tentunya memberikan tanda tangan mereka secara langsung. Karena itulah Fansigning Event sangat penting bagi artis maupun penggemarnya.

"Bagaimana cara tahu adanya Fansigning Event?"
Informasi tentang adanya Fansign biasanya di post di Daum Cafe dan website artis K-POP yang bersangkutan. Kalau teman-teman kesulitan dengan bahasa Korea juga jangan khawatir, karena banyak international fanbase di Twitter atau Instagram yang rajin nge-post tentang informasi tersebut. Sering-sering aja mengikuti update-an para idola teman-teman.

• "Apa saja sih jenis-jenis Fansigning Event?"
Secara garis besar ada dua jenis dari Fansign. Yang pertama, adalah Fansign album terbaru dari suatu artis atau band. Tentunya acara ini dibuat oleh kantor manajemen si artis guna mempromosikan album terbaru mereka. Yang kedua, adalah Fansign yang dibuat oleh suatu brand (biasanya pakaian, tas, make up, dll) yang diiklankan oleh suatu artis atau band. Tujuannya adalah untuk mempromosikan barang terbaru dari brand tersebut.

• "Bagaimana cara mengikuti Fansigning Event?"
Cara mengikuti Fansign dan mendapatkan tanda tangan artis idola adalah dengan MEMBELI album atau barang dari brand yang dibintangi. Jadi bukan hanya datang lalu otomatis dapat tanda tangan secara gratisan lho.... Semua butuh uang, hiks. Pada Fansign album tentu harus membeli MINIMAL SATU album. Untuk Fansign yang dibuat oleh suatu brand, ditentukan batas minimal harga yang harus dibeli. Sebagai contoh, untuk mendapatkan kesempatan dapat tanda tangan Kim Soohyun, teman-teman harus membeli barang apapun yang dijual di toko ZIOZIA minimal 200.000 won atau setara dengan 2 juta rupiah di toko cabang tertentu, dalam periode waktu yang ditentukan.

• " Setelah membeli Album/Barang, sudah pasti dapat tanda tangan?"
TIDAK. Belum tentu teman-teman mendapat 'tiket' untuk dapat tanda tangan sang idola. Kenapa? Karena mayoritas Fansign adalah bersistem undian. Setelah membeli album/barang yang ditentukan, teman-teman akan memperoleh voucher yang harus diisi dengan informasi diri teman-teman seperti nama lengkap dan nomor hp. Kemudian voucher tersebut dimasukkan kedalam kotak undian yang nantinya dipilih secara acak oleh staff yang bersangkutan. Rata-rata untuk setiap Fansign diundi mulai dari 75 hingga 200 orang yang beruntung.

Kebayang kan sulitnya mengikuti Fansigning Event? :(

Setiap pembelian satu album, akan mendapat satu voucher. Makanya banyak fans yang harus rela membeli minimal 30 album agar mendapat 30 voucher. Karena makin banyak album yang dibeli, makin besar kesempatan untuk keluar sebagai penerima tanda tangan... Hmm... anggap saja satu album seharga 20.000 won x 30 buah = 600.000 won atau setara dengan kurang lebih 7 juta rupiah!!!! Bahkan denger-denger nih untuk artis sekelas EXO, banyak yang membeli 200 buah album sekaligus! 20.000 won x 200 buah = ..... Hitung saja sendiri ya.... Ingat ini pun belum tentu dapat tiket!!!

Kalau begitu fansign yang diadakan suatu brand lebih gampang untuk diikuti, dong?

Tidak juga. Apalagi kalau artisnya sekelas Kim Soohyun, Lee Minho, Song Joongki, dll. Jika bersistem 'siapa cepat dia dapat', fans dari berbagai negara rela bermalam di didepan toko brand yang dimaksud dari sehari sebelum waktu penjualan dimulai. Fiuh, memang semua butuh perjuangan ya!

• "Kalau nggak dapat undian, bisakah tetap datang ke Fansigning Event?"
Bisa iya, bisa nggak. Kenapa? Karena ada dua konsep dari Fansigning Event itu sendiri, yaitu: terbuka untuk umum 'gonggae' (공개) dan privat 'bigonggae' (비공개). Untuk Fansign yang 'gonggae', meski tidak berhasil mendapat undian, teman-teman tetap bisa datang untuk melihat proses acara berlangsung. Tapi datangnya harus sangat awal lho, minimal 4-5 jam sebelum berlangsungnya acara buat 'nempatin' posisi terbaik. Kebalikannya, untuk fansign yang 'bigonggae' jangan harap teman-teman bisa mencoba masuk kedalam venue. Karena banyak satpam yang menjaga tertib dan keamanan disana, hanya pemenang undian yang dapat masuk kedalam venue.

• " Beneran nih nggak ada cara lain untuk bisa ikutan Fansigning Event?"
Ada kok. Apalagi kalau idola teman-teman masih 'rookie' atau artis pendatang baru. Karena berbeda dengan artis yang sudah top, Fansign artis pendatang baru biasanya bersistem 'siapa cepat dia dapat'. Cukup dengan membeli satu album saja (dalam periode yang ditentukan), teman-teman langsung mendapat kesempatan dapat tanda tangan artis tersebut! Wih asik banget ya! Selain itu, Fansign dari artis pendatang baru biasanya berlangsung lebih lama dari Fansign artis papan atas yang biasanya hanya 45 menit hingga 1 jam saja. Fansign artis pendatang baru bisa berlangsung sampai 3 jam, lho! Karena mereka lebih bebas berinteraksi dengan fans. Makanya banyak fans yang tidak melewatkan kesempatan ini, mumpung masih rookie.

• " Apa yang harus dilakukan jika mendapat 'tiket' Fansigning Event ?"
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ini seriusan, betapa banyak fans lain yang iri dengan kesempatan langka ini. Setelah bersyukur, baru deh pikirin hal-hal dibawah ini:

1. Hadiah
Fansign adalah kesempatan untuk memberi hadiah langsung kehadapan idola teman-teman. Bahkan banyak artis yang langsung memakai/memakan hadiah fans saat itu juga!

2. Pakaian
Akan ada ratusan fans lainnya disana, pastinya mau dong menarik perhatian sang idola?

3. Kata-kata
Siapkan kalimat terindah yang akan teman-teman ucapkan saat bertatap muka dengan idola. Pastikan untuk menghafal dengan baik, karena sekali eye contact bisa membuyarkan pikiran hahaha.

4. Request
Saat Fansign boleh banget me-request sesuatu pada artis favorit teman-teman! Tapi ingat, karena hanya punya waktu beberapa detik, request yang diminta harus mudah untuk dilaksanakan. Misalnya minta 'aegyo', elus-elus rambut, pegangan tangan, menggambar atau menjawab pertanyaan yang sebelumnya sudah ditulis di post-it. Request yang unik biasanya diingat oleh sang idola, lho!

about k-popersTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang