「🏮」jadi mulfand salah?

502 61 27
                                    

Sampai saat ini, menjadi fans multifandom masih menuai pro dan kontra. Sebagian orang menganggap tak masalah kalau punya fandom lebih satu, sebagian lagi menganggap multifandom adalah tanda dari fans musiman. Sering diberi komentar miring, kira-kira seperti apa ya curhatan dari fans multifandom? Kuy simak..

1. Banyak yang bilang kalau mulfand itu fans yang nggak setia

Bagi seorang multifandom, kata-kata seperti fans yang tak setia sudah sering sekali didengar. Menurut beberapa fans KPop yang lain, setia pada satu fandom itu hal yang tak bisa ditawar. Padahal menurut fans multifandom, mendukung banyak idol bukan berarti tak setia lho.

Karena banyak sekali musik KPop yang bagus, fans multifandom hanya ingin mendukung grup idolanya dengan sepenuh hati, tanpa ada maksud berkhianat apalagi tak setia.

Sudah menjadi rahasia umum kalau para fans KPop sering bersiteru untuk membanding-bandingkan idola mereka. Mereka sama-sama yakin kalau idolanya lah yang terbaik. Hal ini kadang gak menguntungkan bagi si multi fandom karena menurutmu semuanya bagus dan sama-sama berprestasi. Makanya kamu sering dibilang gak setia dan gak konsisten.

2. Mulfand juga sering dibilang fans labil dan musiman

Selain dicap tak setia, fans multifandom juga sering dituduh fans labil karena sering pindah fandom. Walaupun sering diberi komentar miring, fans multifandom tetap tegar dan mendukung idola kesayangannya dengan sepenuh hati.

3. Kalau ada fandom yang lagi war, bingung mau bela yang mana

Nyatanya fans multifandom itu paling jarang fanwar lho. Mereka lebih sering jadi penengah untuk fandom yang lagi bertengkar. Setiap fandom gak ada yang sempurna kok, pasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Seharusnya jadi fans itu bukan nambah musuh, tapi memperbanyak teman. Akan lebih baik kalah antar sesama fandom hidup damai-damai saja. Begitulah pikir dari fans multifandom.

4. Jadi mulfand tuh nggak gampang, mereka harus nabung lebih banyak apalagi kalau idolnya comeback di waktu yang berdekatan

Jadi fans multifandom itu tak mudah lho. Mereka harus menabung lebih banyak untuk memberi album, nonton konser, atau merchandise karena punya bias lebih dari satu. Apalagi kalau beberapa grup idolanya comeback secara bersamaan, selain harus rajin menabung, harus siap kuota juga untuk bisa streaming di acara music show.

5. Tapi mulfand itu gampang bergaul dan punya banyak teman lho

Nah, ini dia kelebihan dari fans multifandom. Mereka mudah bergaul dan punya banyak teman dari fandom yang lain lho. Mau ajak nonton konser atau dukung grup manapun, cocok banget nih ajak mereka yang tergabung dalam fans multifandom.

6. Bingung harus vote dan dukung yang mana saat award akhir tahun

Televisi Korea biasanya menyiarkan secara online acara penghargaan akhir tahun untuk menghargai usaha-usaha yang dilakukan para grup band ataupun penyanyi solo Korea. Jika kamu adalah K-popers sejati, tentu kamu gak mau ketinggalan momen menyaksikan penampilan sekaligus penerimaan penghargaan buat para idolamu ini.

Sayangnya, kamu jadi bingung harus dukung yang mana saat dua atau lebih grup band idolamu masuk nominasi pada kategori yang sama. Tuh kan, jadi bingung sendiri.

7. Pengetahuan mulfand itu luas banget kalau soal kpop, soalnya mereka ngikutin perkembangan semua grup band

Menjadi seorang KPopers tentu gak cukup dengan hanya mengetahui lagu-lagunya saja. Kamu juga perlu mencari tau biodata, hal-hal yang disukai dan tidak disukai idolamu, film yang pernah dia mainkan, cerita lucu hidupnya dan masih banyak lagi. Jika kamu seorang multi fandom, sudah dipastikan pengetahuan mu soal KPop jadi lebih luas dibanding yang hanya loyal pada satu grup band. Karena kamu akan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang idola-idolamu yang jumlahnya juga banyak itu. Waw, sangat berdedikasi ya.

8. Tahu hampir semua lagu yang baru di rilis, namanya juga mulfand

Berbeda dengan KPopers yang setia pada satu grup band dan hanya tahu ketika idolanya rilis lagu baru, kamu yang multi fandom pasti tau banyak lagu baru yang dirilis oleh beberapa grup band kesayanganmu. Jadinya kamu gak pernah ketinggalan berita terbaru soal dunia KPop meskipun kamu tinggal jauh dari Korea.

9. Rebutan bias sama kpopers lain? Sudah biasa

Saking banyaknya grup band idolamu, kamu juga jadi punya banyak bias di setiap grup nya. Gak cuma grup band cowok, yang cewek pun kamu idolakan. Alhasil, ketika ngobrolin KPop sama temen, gak jarang kalian malah rebutan bias. Padahal sih, si bias juga gak tau kalian rebutin dia. Jangan patah semangat ya para KPopers multi fandom.

10. Saat ada yang wamil, masih ada oppa-oppa lain yang siap menemani

Ditinggal wamil merupakan kesedihan tersendiri bagi para KPopers di seluruh dunia. Tapi bagi si multi fandom, kesedihan yang dirasakan masih bisa terobati dengan adanya oppa-oppa lain yang belum pada wamil. Meskipun sedang dilanda rindu karena harus berpisah selama dua tahun dengan oppa kesayangan, kamu masih bisa bahagia bersama oppa lainnya. 

11. Saat beberapa grup band idola akan dijadwalkan konser di Indonesia, mulfand bakal bingung harus nabung buat nonton yang mana

Paling ngenes soal bahas nonton konser ya. Kapan lagi punya kesempatan liat idolamu secara langsung kan? Sayangnya, bagi kamu yang multi fandom, penghalang utama adalah uang jajan yang gak akan cukup untuk menyaksikan semua idolamu. Apalagi kalau waktu konsernya berdekatan, jadi harus milih salah satu deh, kan sedih.

Nah, itu dia beberapa curhatan dari fans multifandom. Tanpa bermaksud untuk menyakiti siapapun, semoga kedepannya setiap fandom KPop selalu akur dan tak ada lagi fanwar ya. Semangat!

.
.
.

Ini buat yang kemaren request, semoga pertanyaannya bisa terjawab ya^^

.
.
.

Mampir ke ceritaku yg cast nya Na Jaemin yuk, belum lama aku publish..

Book yang aku buat emang kecil semuaa, tapi aku bener2 butuh dukungan kalian

Makasih^^





about k-popersWhere stories live. Discover now