「🏮」cara menjadi trainee

705 59 0
                                    

Sebelum para penyanyi K-Pop menjadi idola, mereka terlebih dahulu menjadi peserta pelatihan. Peserta pelatihan ini (dikenal sebagai trainee) adalah calon artis K-Pop yang tinggal, berlatih, dan tampil bersama sejak usia 9 hingga 10 tahun. Semua aktivitas tersebut berada dalam pengawasan ketat label musik yang menaungi mereka. Lihatlah langkah pertama di bawah ini untuk mulai mempelajari cara menjadi peserta pelatihan dan memulai perjalananmu untuk menjadi bintang K-Pop super!

1. Pahamilah apa yang akan dihadapi ketika menjadi peserta pelatihan bintang K-Pop.

Bersiaplah untuk bekerja sangat keras, mungkin selama 10 jam setiap hari (atau lebih). Meskipun tampaknya menyenangkan ketika kamu menonton penyanyi atau grup kesayanganmu, menjadi bintang K-Pop (atau idol) ternyata membutuhkan usaha yang besar. Meskipun banyak orang yang percaya bahwa dengan menjadi selebritas, secara otomatis seseorang akan menjadi jutawan, industri musik di Korea tidak selalu memberikan penghasilan yang layak untuk para musisi/artis yang bekerja. Kebanyakan penggemar-dan bahkan orang-orang yang mendaftarkan diri untuk menjadi peserta pelatihan-tidak menyadari kondisi atau situasi yang dihadapi oleh para idola sebelumnya, seperti gaji yang kecil dan kondisi asrama yang kurang terawat. Akan tetapi, ada juga banyak hal positif yang bisa didapatkan, terutama jika kamu merasa terhubung dengan budaya dan bahasa Korea, serta tertarik dengan musik dan menari. Sebelum mengikuti audisi untuk perusahaan atau label musik tertentu, pastikan kembali bahwa tidak ada artis atau musisi yang pernah mengajukan gugatan terhadap perusahaan atau label tersebut atas masalah-masalah seperti perlakuan yang tidak adil atau kondisi tempat tinggal yang buruk.

• Selain itu, perlu diingat bahwa setelah menjadi peserta pelatihan, kamu tidak akan lantas mendapatkan karier yang diinginkan. Kamu mungkin harus mengikuti pelatihan selama dua tahun, tetapi tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk memulai debut.

2. Pelajari cara bernyanyi atau melakukan rap.

Untuk menjadi peserta pelatihan bintang K-Pop, kamu harus bisa menyanyi atau melakukan rap karena tugas utamamu adalah menciptakan musik yang menitikberatkan pada vokal. Jika kamu sudah menjadi penyanyi yang baik, baguslah. Jika kamu merasa kemampuan bernyanyimu belum cukup baik, daftarkan diri untuk mengikuti kelas vokal. Kamu juga bisa menyewa jasa pelatih vokal atau melakukan pencarian latihan vokal yang baik dari internet untuk berlatih setiap hari. Jika kamu bukanlah penyanyi yang hebat, tetapi memiliki karisma dan penampilan yang tepat, kamu mungkin terpilih untuk dilatih menjadi seorang rapper.

• Bakat bermusik lainnya, seperti bermain instrumen musik, dapat memberikan nilai tambah tersendiri. Meskipun demikian, keahlian bernyanyi yang baik tetap menjadi bakat yang utama.

• Perlu diingat bahwa banyak perusahaan/label musik yang akan mengajari para peserta untuk bernyanyi, menari, dan terkadang berbicara dalam bahasa asing untuk berkomunikasi dengan audiens. Jika kamu belum pernah mendapatkan pelatihan seperti itu secara formal, tetapi bisa menunjukkan kecakapan untuk dua kemampuan pertama (bernyanyi dan menari), sebetulnya kamu sudah memiliki kemampuan yang diperlukan untuk lolos audisi.

3. Tingkatkan gerakan tarianmu.

Jika kamu mengikuti audisi untuk bergabung dengan perusahaan hiburan seperti SM Town, JYP, atau YG, kamu akan diminta untuk menari. Jika kamu tidak bisa menari, bicaralah dengan jujur mengenai hal tersebut. Beberapa artis K-Pop, seperti Lee Hi, bahkan tidak menari sama sekali. Akan tetapi, kemampuan menari yang baik selalu menjadi nilai tambah tersendiri. Oleh karena itu, jika kamu memiliki bakat menari, berlatihlah dengan pelatih (atau berlatihlah sendiri) untuk meningkatkan kemampuanmu agar kamu bisa memasarkannya.

4. Pelajari seni peran.

Banyak bintang K-Pop yang pada akhirnya menunjukkan seni peran, baik di video musik atau produksi drama. Meskipun kemampuan bernyanyi dan menari perlu ditonjolkan terlebih dahulu, kemampuan seni peran yang baik dapat menjadi nilai tambah yang besar untukmu ketika menjalani audisi. Cobalah sewa jasa pelatih seni peran atau bergabunglah dalam produksi lakon di teater terdekat untuk memupuk kemampuan seni peranmu.

about k-popersWhere stories live. Discover now