「🏮」sasaeng mengganggu idol

579 47 3
                                    

Banyak cara yang dapat dilakukan seorang penggemar untuk menunjukkan apresiasi atau dukungan terhadap artis idola mereka, khususnya artis pop Korea Selatan. Bisa dari hal yang sederhana, seperti membeli album, memberikan vote agar idolanya menang, atau memberikan komentar-komentar positif di akun social medianya. Begitulah seharusnya sikap seorang penggemar yang baik, menjadikan idola mereka sebagai motivasi dan dapat membawa dampak positif. Namun, sayangnya hal-hal tersebut tidak berlaku untuk sasaeng, atau sebuah istilah untuk perilaku buruk seorang penggemar di Korea Selatan. Sasaeng merupakan sebutan untuk penggemar yang obsesif terhadap idola pop Korea Selatan atau tokoh masyarakat lainnya yang sampai pada tahap pelanggaran privasi atau biasa disebut penggemar fanatik.

Biasanya, sasaeng yang sudah sangat terobsesi dengan artis idolanya, rela menguntit selama 24 jam bahkan menunggu sang idola di sekitar rumah atau apartemennya agar dapat bertemu. Mereka dikenal memiliki banyak akal untuk terus berdekatan dengan artis idolanya. Tak tanggung-tanggung, sasaeng fans bahkan rela membayar sebuah informasi detail yang bersifat pribadi dengan sejumlah uang. Penasaran siapa saja artis Korea Selatan yang pernah berhadapan dengan sasaeng, serat tindakan paling gila apa yang telah mereka lakukan? Yuk, simak ceritanya di bawah ini.

1. Taecyeon '2PM'

Mendapatkan surat dari penggemar tentunya sudah menjadi hal yang lumrah untuk seorang artis. Namun tidak untuk personel 2PM, Taecyeon. Alih-alih mendapatkan surat cinta yang ditulis dengan pensil atau pulpen, ia justru mendapatkan surat yang ditulis dengan darah menstruasi! Surat itu bertuliskan "I dedicate to Taecyeon my period blood-letter. Ok Taecyeon, you cannot live without me. Sprinkled with a few strands of my pubes." Duh, ada-ada saja ya!

2. Taeyeon 'SNSD'

Kejadian tidak mengenakkan terjadi pada SNSD saat sedang membawakan lagu "Run, Devil, Run" di acara Angel Price Music Festival. Salah satu member SNSD, Taeyeon, tiba-tiba ditarik oleh penggemar fanatik yang secara diam-diam naik ke atas panggung. Untung saja "penculikan" ini dilihat oleh member lain, Sunny, yang langsung menghampiri Taeyeon secepat mungkin. Sang pembawa acara juga berhasil menangkap si penculik sebelum ia bertindak lebih jauh.

3. Kim Heechul 'Super Junior'

Korban aksi sasaeng yang membahayakan dialami oleh salah satu member Super Junior, Kim Heechul. Untuk menghindari mobil sasaeng yang menguntitnya, ia memutuskan untuk melewati berbagai rute, tetapi sayang, ia malah mengalami kecelakaan. Akibatnya, Kim Heechul harus menderita patah kaki akibat menghindari sasaeng tersebut. Kasus penguntitan menggunakan mobil banyak terjadi di Korea Selatan. Tak jarang pula artis yang mengalami kecelakaan karena berusaha menghindar atau jarak mobil yang terlalu dekat.

4. EXO

Sasaeng pastinya rela melakukan apa saja agar bisa bertemu dengan artis idolanya sedekat mungkin. Seperti yang dilakukan oleh seorang penggemar fanatik EXO ini. Ia rela mencukur rambut dan berpakaian laki-laki dan kemudian masuk ke dalam kamar mandi pria yang member EXO gunakan saat berada di tempat umum. Sejak kejadian ini, para anggota EXO bergiliran menjaga di luar pintu masuk kamar mandi untuk mencegah kejadian ini terulang lagi.

5. SEVENTEEN

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kesempatan menghadiri jumpa fans dengan artis idolanya? Selayaknya jumpa fans, pasti ada banyak hal yang menyenangkan terjadi. Selain bisa bertemu langsung dengan artis idola, Anda juga diberi kesempatan untuk mengobrol. Namun, sayangnya hal ini tidak berlaku untuk seorang sasaeng Seventeen. Fans fanatik ini tiba-tiba marah kepada salah satu member, Joshua. Entah mengapa, ia tiba-tiba melemparkan sesuatu ke Joshua dan membuat orang-orang terkejut. Acara sempat terhenti karena tindakannya tersebut. Manager Seventeen langsung mengamankan suasana dengan membawa fans arogan itu keluar dari venue.

6. Jonghyun 'CN Blue'

Sudah menjadi kebiasaan Jonghyun 'CN Blue' berlatih gitar seperti biasa di kamar asramanya. Namun hari itu, saat sedang berlatih gitar, ia tidak bisa mendapatkan nada yang diinginkannya sehingga ia meluapkan kekesalannya dengan gitar. Tak lama kemudian, ia mendengar suara cekikikan dari balik lemari kamarnya. Iapun mengecek dan membuka pintu lemari. Betapa terkejutnya ia ketika melihat sasaeng sedang bersembunyi di dalam sana! Duh, ini sih creepy banget, ya.

7. Jaejoong 'JYJ'

Menikmati waktu me time saja terasa sangat sulit bagi Jejoong 'JYJ'. Saat ia sedang beristirahat di sauna, pemandian air panas, seorang sasaeng datang menganggu privasinya. Ia memotret Jaejoong yang tengah tertidur pulas dan mengunggahnya di sosial media dengan tulisan, "Jaejoong is now sleeping in a sauna." Bukan hanya itu, fans fanatik ini juga mengaku telah mencium Jaejoong saat ia tertidur. Duh, ini sih namanya sudah pelecehan seksual.

8. BTS

Grup yang saat ini tengah naik daun, BTS, sangat memungkinkan memiliki fans fanatik. Salah satu hal tidak mengenakkan yang dialami BTS saat bertemu sasaeng adalah saat di bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Penggemar fanatik grup band ini menyambut BTS di bandara dengan cara yang sedikit tidak sopan, yaitu berusaha meraih dan menyentuh tubuh mereka hingga berlarian ke sana ke mari. Bahkan ada satu penggemar yang juga berusaha mengambil barang-barang mereka dan menargetkan salah satu member BTS, Jungkook, yang tertinggal dari rombongan.

9. Kim Yoo Jung

Mantan artis cilik yang beranjak dewasa ini hampir menjadi korban penculikan saat ia duduk di sekolah dasar. Seorang sasaeng mendatangi sekolahnya dan memberitahu gurunya untuk menjemput Yoo Jung. Fans gila ini menyamar sebagai ayahnya dan berusaha untuk membawanya pergi. Untung saja sang guru menyadari ada hal aneh. Ia pun bertanya kepada Yoo Jung apakah mengenal orang itu atau tidak. Saat Yoo Jung mengatakan tidak mengenalnya, guru itu pun akhirnya memanggil polisi.

10. Siwon 'Super Junior'

Di era yang serba digital ini, tidak heran jika perbuatan tidak menyenangkan terjadi melalui sosial media. Dalam pengalamannya menghadapi sasaeng, Siwon 'Super Junior' harus rela akun Twitter-nya dihacked sebanyak dua kali. Bahkan ia sendiri tahu siapa yang telah meretas akunnya tersebut. Ia sempat menulis dan membuat peringatan, "Someone hacked my account. I know who did it, but I'm not going to tell. Just please don't do it again!" - Siwon. Hmm, semoga kejadian ini tidak terulang lagi untuk ketiga kalinya, ya.

about k-popersWhere stories live. Discover now