「🏮」menghina vs menasehati

698 60 19
                                    

"Bedain Antara Menghina Dan Menasehati"

Sering nggak sih kalian menjumpai non-kpopers yang katanya ingin menasehati kita, tapi jatuhnya malah terdengar seperti menghina?

Banyakk!!

Aku jelasin kasus-kasus yang pernah aku alamin ya..

Ini cerita udah lama sih, duluuu..

Cuma aku baru sempet nulis sekarang:v

☆ Pertama,

Ini terjadi disaat aku lagi presentasi di depan kelas. Materi pembelajarannya tentang westernisasi.

Aku juga gak tau gimana jalan pikirannya mereka. Jelas-jelas lagi bahas westernisasi, kok malah bawa-bawa kpop. Padahal mah aslinya Korea itu daerah Asia kan, bukan termasuk negara barat:v

Terus banyak nih dari mereka yang nanya,

"Lah kamu sendiri kan suka kpop tuh, termasuk westernisasi. Gak baik."

"Kpop berdampak buruk loh." /wah minta ditampol ni orang, dikira kpop kaga ada positifnya sama sekali apa?!

"Buat penyuka kpop gimana tuh? Kan nggak cinta negara sendiri."

"Penyuka kpop kan sekarang banyak banget. Gimana cara menghindarinya?" /eh monyet, dikira kpop itu virus c*r*n* apa. Seberbahaya itu?

Dan masih banyak lagi..

Awalnya gua kicep. ---mode gua-lu on.

Ya lu bayangin aja sendiri. Gua dilawan sama 5 orang lebih, sedangkan gua cuma sendirian. Tapi gua gak langsung nyerah gitu aja, ntar kesenengan mereka dong dikira gua kaga bisa ngasih opini.

Jadi gua jawab gini..

"Lah kamu sendiri kan suka kpop tuh, termasuk westernisasi. Ga baik."

Memang kpop bisa dibilang salah satu dampak dari westernisasi. Apalagi jaman sekarang tuh makin canggih kan, budaya apa aja bisa masuk tanpa dibatasi ruang dan waktu. Makanya kita harus selalu menguatkan jati diri bangsa kita. Gak ada yang ngelarang toh buat suka sama kpop. Selama kita masih dalam batasan yang wajar, nggak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Yang penting kita tetep tau batasan. Suka boleh, terobsesi jangan. Suka sama lagu-lagu nya boleh, dance-nya boleh, orangnya juga boleh. Kita boleh menyukai segala hal yang berkaitan dengan kpop asalkan itu positif. Jangan mengikuti yang negatif dan sudah jelas-jelas salah, contohnya seperti gaya berpakaiannya yang terlalu terbuka. Karena gaya pakaian mereka kan beda sama budaya kita, orang indonesia yang lebih ke budaya timur. Sebenarnya tergantung sama diri masing-masing, kalo sudah tau salah ya jangan diikuti. Dan kalau kamu melihat orang yang salah, itu ditegur dengan cara baik-baik. Bukan malah menghinanya dan bersikap diskriminasi. Inget ya, diskriminasi itu sikap menyimpang dan jelas salah. Kamu gak ada bedanya sama orang-orang yang salah diluar sana kalo gitu.

"K-pop berdampak buruk loh"

Banyak orang yang nggak kenal kpop selalu bilang plastik lah, gak baik lah, gak ada beragama lah, dan lain-lain. Tapi dibalik pemikiran kamu yang pendek itu, sepertinya mereka lebih baik daripada kalian yang hanya tau soal menghina dan merendahkan.

Mereka juga banyak membantu sesama, donasi dan aktif di gerakan2 kemanusiaan. Kalau dijelasin semuanya satu-satu disini, gak bakalan selesai karena saking banyaknya.

about k-popersWhere stories live. Discover now