Kasus Kellerman : Depth of Character II

1K 65 30
                                    

Ada yang pernah nonton Prison Break? 

Prison Break adalah serial TV 4 Season yang pertama kali tayang tahun 2005 buatan Amerika Serikat yang menampilkan Wentworth Miller, Dominic Purcell sebagai Michael Scofield dan Lincoln Burrows.

Serial TV tersebut memiliki banyak tokoh, dan favorit saya selain Alexander Mahone adalah Paul Kellerman. Mahone karena otaknya sangat pintar dan pikirannya tajam, selain itu dia merupakan teman yang bisa diandalkan. Sedangkan alasan saya suka dengan Kellerman adalah karena dia cukup kompleks.

Kellerman bukanlah salah satu tokoh protagonis atau antagonis utama, dan tugasnya hanya sebagai tangan kiri pihak yang berkuasa untuk menyelesaikan pekerjaan kotor mereka. Tapi berbeda dari tokoh assassin lain dalam film itu, Wyatt, Kellerman memiliki kedalaman karakteristik yang tidak disampaikan melalui latar belakang (seperti Ymir), melainkan melalui visi dan misi pribadinya


WARNING HEAVY SPOILER!!

Pada awalnya kita mengenal Kellerman sebagai assassin rese yang sedikit "konyol". Dia mudah dikelabuhi oleh tokoh-tokoh protagonis, dan kemunculannya dalam satu scene dengan tokoh protagonis (yang harusnya menimbulkan efek tegang dan thrilling) tidak terlalu mengerikan walau cukup berbahaya. Buat saya sendiri, Kellerman cukup berbahaya karena dia selalu muncul di waktu yang paling rawan bagi para protagonis. Misalnya pada saat mobil yang membawa Lincoln tertabrak truk tronton dan Lincoln terlempar ke padang rumput, di sanalah Kellerman muncul untuk mencekiknya mati. Pada saat LJ dikejar-kejar dan sedang menelepon pengacaranya, mobil Kellerman muncul di seberang jalan dan membuat kita sedikit panik.

Tapi satu hal yang membuat Kellerman tidak terlalu mengerikan adalah dia selalu gagal. Entah bagaimana, Kellerman selalu gagal menjalankan tugas-tugasnya karena dikelabui oleh tokoh protagonis, atau karena ada tokoh penyelamat yang datang untuk menggagalkan misinya. Ini juga yang membuat atmosfer Kellerman sangat berbeda dari atmosfer Wyatt, walau keduanya sama-sama assassin yang profesional. Karena Wyatt tidak pernah gagal, berdarah dingin dan praktis, sementara Kellerman memiliki momen dimana dia berhasil namun disertai kegagalan. Ada saat dimana dia terjepit oleh rekan-rekannya sendiri dan dikucilkan, tapi ada saat juga dimana dia tampil sebagai seorang bawahan yang setia pada atasannya. Pada saat ini, creator dari Prison Break sedang "showing", not "telling" pada audence bahwa Wyatt itu seperti cyborg, sedangkan Kellerman, sekalipun dia bagus, tapi dia tetap manusia biasa.

Memasuki season 2, kita melihat ada warna baru dalam Kellerman. Dia ditugaskan untuk menginterogasi dan membunuh Sara. Kellerman bergabung dengan grup sharing, berakting sebagai seorang homoseksual untuk lebih mudah bersahabat dengan Sara. Tapi Kellerman tetap manusia assassin biasa, dimana dia kecolongan; ketahuan oleh ayahnya Sara bahwa dia bukan seorang ex-junkie seperti yang diketahui Sara. Kellerman kemudian menculik dan menginterogasi Sara dengan siksaan-siksaan, untuk memaksa Sara memberitahu tentang apa yang diketahui mendiang ayahnya. Berhubung siksaan-siksaan itu tidak berhasil membuka mulut Sara, maka Kellerman diperintahkan atasannya untuk membunuh Sara dengan memutilasinya.

Tentunya kita beranggapan bahwa seorang pembunuh profesional yang sudah bertahun-tahun melakukan tugasnya ini pasti tidak akan ragu membunuh seorang Sara. Namun lagi-lagi kita diperlihatkan emosi dari Kellerman, tentang kegalauannya untuk membunuh Sara. Ternyata pertemanan mereka yang singkat itu membuat Kellerman terkesan pada Sara (dan mungkin suka juga), sehingga dia harus merenung dulu mempersiapkan diri kalau dia harus membunuh Sara (di sini kita diperlihatkan bahwa Kellerman tidak mau membunuh Sara). Lagi-lagi, di mata kita Kellerman menjadi seorang manusia biasa.


Karena kegagalan yang terus menerus dilakukan oleh Kellerman, akhirnya pihak pemerintahan memutuskan untuk menghapusnya. Data diri, foto-foto, semua dibersihkan. Kellerman menjadi "nobody". Karena pengabdian dan kesetiannya ini disepah begitu saja oleh junjungannya, Kellerman pun berbalik menjadi teman Michael Schofield dan Lincoln Burrows. Tentu saja tokoh-tokoh protagonis kita tidak mau percaya pada Kellerman begitu saja. Tapi bagian ini adalah bagian paling menarik dari Kellerman.

Penting untuk diketahui bahwa pada season dan episode-episode sebelumnya, kita bisa melihat betapa sulitnya Michael Scofield mendapatkan apa yang dia mau dari orang lain dalam penyamarannya. Orang-orang itu antara curiga dan mengenai Scofield dan berujung kembali pada pengejaran polisi terhadap protagonis. Tapi sejak Kellerman bergabung dengan Scofield, segalanya jadi mulus! 

Bukan karena Kellerman diprogram oleh cerita sebagai seorang pesulap yang tinggal sebut mantra lalu semua yang mereka butuhkan hadir, tapi sekali lagi creator dari Prison Break ingin menampilkan alasan yang masuk akal kenapa Kellerman sangat mulus dalam mendapatkan yang dia inginkan. Semua itu bisa dirangkum dalam 1 trait ini : Kellerman sangat pandai berbicara. 

Scofield masih ketahuan karena dia ragu dan takut, dia hanya mengatakan seperlunya saja sehingga akhirnya orang mudah curiga. Tapi Kellerman sangat percaya diri dan tahu apa yang harus dia katakan pada orang-orang awam sehingga mereka tidak terpikir untuk curiga dan melaporkan pada polisi bahwa ada buronan di depan mata mereka.


Pada akhirnya saat Sara tertangkap dan diadili, Kellerman berencana untuk menembak kepalanya sendiri saat sedang berpakaian seragam lengkap, di depan medali-medali kehormatan yang dia peroleh sepanjang karir. Namun rupanya pistol Kellerman nge-jammed sehingga nyawanya terampuni. Akhirnya Kellerman melakukan hal paling heroik yang mungkin the most heroic act dalam serial Prison Break. Kellerman datang ke pengadilan Sara dan membongkar semua yang dia ketahui. Hakim dan juri tidak punya pilihan lain untuk percaya karena tersangka yang membuat semua keributan ini sudah bicara sendiri di muka umum.

Dari adegan ini, audience malah menjadi simpati dan kagum pada  Kellerman. Karena mengakui kesalahan di muka umum, itu merupakan kejadian langka dan hanya sedikit orang yang bisa melakukannya. Tapi film ini membawakannya dengan sangat masuk akal, Kellerman diperkenalkan dulu pada sisi terlembutnya; adik kandungnya, yang membujuk dia untuk meninggalkan kehidupan lamanya.

Akhirnya Kellerman dipidana dan dalam perjalanan menuju penjara, sekelompok orang menghentikan van nya dan melepaskan tembakan ke dalam van.


WARNING!! VERY HEAVY SPOILER, YOU WILL SORRY IF YOU HAVEN'T WATCH PRISON BREAK!

Di penghujung season 4, setelah semua perjuangan berebut Scylla, Scofield sudah sangat kewalahan dan lelah, dia bertemu kembali dengan "teman" lamanya. Di sinilah Kellerman lagi-lagi menjadi pahlawan yang menyelesaikan semua masalah Scofield. That's 2-0, Michael.



SPOILER ENDS


Apa yang membuat Kellerman begitu manusiawi adalah dia punya momen-momen yang dialami juga oleh setiap orang. Sekalipun ahli dalam apa yang dia lakukan, tapi kegagalan mengikutinya. Sekalipun dia sangat mantap dengan perbuatannya menjadi goverment's assassin, namun dia punya alasan yang kita semua bisa related dibalik pekerjaannya itu; dia hanya ingin mengabdi pada negara dan berpikir bahwa menjadi goverment's assassin adalah satu-satunya cara yang bisa dia lakukan demi kebaikan negara. Walau dia tidak bodoh, tapi dia beberapa kali dikecoh LJ yang masih remaja belia. Walau dia berdarah dingin dalam membunuh orang, tapi dia punya momen dimana LJ menodongnya dengan pistol dan melukai telinganya.

Ya, memang Kellerman itu jagoan, tapi dia tidak sempurna. Selalu ada "tapi" dibalik kehebatannya. Pada akhirnya, kita merasa bangga pada tokoh ini karena dia berhasil menemukan jalan yang seharusnya.

Demikianlah bagaimana creator Prison Break memberikan kedalaman karakter dari seorang tokoh tanpa menggunakan latar belakang, melainkan menggunakan visi (tujuan), dan sifat dari tokoh tersebut.


Semoga tulisan ini membantu, mohon maaf bila ada salah info, semua ini hanya bertujuan untuk analisis story building saja.

Jadi, Kamu Pingin Jadi Penulis?Where stories live. Discover now