Satu Hal Penting Sebelum Mulai Menulis Bab Pertama

1.1K 155 44
                                    

Kamu harus tahu bagaimana ending dari ceritamu.

Sebelum mulai menulis kalimat atau kata pertama dalam ceritamu, kamu harus sudah tahu bagaimana cerita itu akan berakhir.

Ya, memang ini relatif karena Haruki Murakami konon menulis tanpa outline dan auto-write saja seperti itu. Kebanyakan orang Jepang seperti itu, tulis langsung. Ghibli juga tidak menggunakan story board dalam pembuatan anime-animenya dan tetap bisa sukses. Tapi bila kamu bukan orang yang seperti itu (which is sama seperti saya, gampang terserang wb), maka sebelum mulai menulis cerita, sebaiknya kamu tahu dulu ending ceritamu itu bakal seperti apa.

Karena ending ceritamu itu adalah tujuan akhir dari perjalanan cerita. Kalau kamu keluar rumah, hendak pergi ke suatu tempat, pada umumnya kamu tahu dulu dong, kamu mau pergi ke  mana? 

Nah, fungsi ending cerita juga seperti itu; sebagai arah kemana ceritamu akan berjalan. Dengan begitu ketika wb menyerang (jenis wb karena ga tau mau nulis apa lagi), kamu bisa tengok kembali ending ceritamu dan upayakan bagaimana caranya agar karaktermu atau ceritamu bisa sampai ke sana.

Ngomong-ngomong, katanya penulis manga Bleach menulis tanpa tahu endingnya akan bagaimana dan lambat laun kualitas ceritanya menurun kemudian cerita tersebut harus berakhir begitu saja.

Kalau menurut kalian, apa sih hal penting yang harus diketahui sebelum memulai nulis bab pertama? Yok kita saling sharing :)

Semoga tulisan ini membantu teman-teman dalam berkarya. Terima kasih, and keep writing!!

Jadi, Kamu Pingin Jadi Penulis?Where stories live. Discover now