Pencurian Ide.. akhirnya kutemukan jawabannya!

1.7K 160 54
                                    

Hai teman2 penulis atau prmbaca wattpad, sudah lama sekali saya gak update. Bukan karena saya malas atau ga konsisten, tapi saya ga mau sembarangan share lagi. Kalau ada hal yang belum saya pikir siap bagikan, saya belum mau membagikannya kepada orang lain.

Sudah lama sekali saya bergumul, merenungkan, dan mencari jawaban dari "pencurian" ide.

Mimpi buruk itu seperti ini:
Kita mendapat ide bagus, kita menuliskannya, namun karena kekurangan kita, maka sedikit orang yang membaca cerita kita dan akibatnya karya kita tidak terlalu diapresiasi.

Namun, datanglah seorang penulis yang lebih bagus cara menulisnya dari kita, punya lebih banyak fanbase, dan dia mendapat ide dari cerita kita lalu dia bikin cerita sendiri dan cerita itu malah jadi populer di tangan dia, sedangkan kita tetap tidak mendapatkan recognition yang kita harapkan.

Hal ini pernah terjadi di dunia musik, ada dua kasus yang saya tahu.

Kasus 1:
Simon dan partnernya, Garfunkel sedang main ke sebuah kotak kecil yg masih punya nilai tradisional kuat di British. Suatu hari mereka masuk ke kafe dan ada seorang pengamen menyanyikan lagu tradisional yang unik. Simon dan Garfunkel lalu menulis lagu tersebut dengan judul "Scarborough Fair" dan lagu ini jadi sangat populer. Kalau anda jadi pengamennya gimana?  Kesel banget kan?

Lagunya sama, beda org doang... Kok dia laris gue nggak?  Kan *piip*

Kasus kedua, terjadi ketika Michael Learns To Rock jalan2 ke daerah Hong Kong, lalu mereka mendengar lagu berjudul "Wen Bie" dan menyukainya.  Sama, mereka juga merilis lagu yang sama persis cuma beda aransemen dan lirik saja. Lagu itu juga jadi populer dengan judul "Take me to your heart".

Bedanya kali ini penyanyi Wen Bie punya banyak back up karena beliau juga artis internasional,  Jackie Cheung, jadi banyak yg tau dari mana MLTR mendapatkan lagu itu. Lagunya sama persis coba cari saja di youtube.

Bagaimana? Serem kan? Entah dengan kamu, tapi bagiku ini serem bgt. Rasanya seperti Nikolas Tesla yang menemukan listrik tapi dicuri Edison sehingga dia yg disebut sebagai penemu listrik. Oke mungkin Tesla ikhlas dan sekarang dia juga dikenal sebagai penemu berbakat melebihi Edison. Tapi gimana kalau kita bukan siapa2? Apa yang harus kita lakukan?

Bukankah dulu juga sempat ada musisi gak terkenal yang menuntut Justin Bieber karena mencuri pattern lagunya, tapi Bieber bersikeras menyangkal dan akibatnya musisi itu malah dicaci maki fans nya Bieber yang banyak banget jumlahnya?

Mimpi burukkkk...
Jadi apa yang harus kita lakukan?
Berhenti berkarya?
Menyembunyikan cerita kita rapat2 dan tidak mempublikasikannya agar tidak dicuri??

Temanku, saya sudah tahu jawabannya.

Kalian pasti pernah dengar pepatah "tidak ada yang baru di muka Bumi ini", bukan?

Itu memang benar. Original itu sebenarnya konsep palsu.

Mari kita mengubah persepsi kita menjadi seperti ini...
Bayangkan di semesta ini ada dua dunia, realita dan abstrak. Ketika kita bangun, kita ada di realita. Ketika kita bobo, kita ada di abstrak.

Nah perlu diketahui bahwa abstrak ini bukan kita yang ciptakan, melainkan semua bahan2 mentah yang belum diolah oleh mesin semesta bernama "manusia".

Sekarang bayangkan dunia abstrak ini sebagai sebuah hutan rimba, beberapa bagian sudah tersisir oleh manusia dan beberapa kali digali untuk diambil dan diolah.

Kemudian suatu hari kamu jalan2 ke hutan abstrak untuk mencari sesuatu untuk dimasak. Kamu menemukan sebatang jamur yang bagus sekali dan enak dimakan. Kamu mengolahnya dengan bumbu garam karena kamu pikir jamur itu enaknya dikasih garam. Eh ternyata tetangga kamu tau dimana kamu memetik jamur itu dan mengikuti kamu. Dia juga melakukan hal yang sama, hanya kali ini dia memasaknya dengan lada. Ternyata yang suka lada lebih banyak dari yang suka garam jadi jamur dia lebih laku.

Lalu apa yang akan terjadi bila kamu marah dan menuduh dia mencuri jamur kamu?

Aneh kan?
Karena pertama, apa benar itu jamur kamu?
Memangnya tumbuh di pekarangan rumah kamu dengan sengaja?
Apakah kamu yang menciptakan jamur tersebut?
Apa sebelum kamu menemukan jamur itu, ada orang yang sudah menemukannya juga?

Kamu ga bisa marah.. Karena jamur itu bukan milik kamu, itu jamur milik Abstrak, jamurnya cuma ditemukan oleh kamu, dan kebetulan org lain punya ide lebih populer ttg bagaimana cara mengolah jamur itu dari kamu.

Yang bisa kamu lakukan adalah percaya pada keyakinanmu.
Kalau kamu yakin jamur itu enaknya tetap pakai garam, teruslah masak jamur itu dengan garam karena pasti ada juga yang akan menyukai jamur itu dengan garam seperti kamu menyukainya juga.

Masalah popularitas... Apakah orang terkenal sudah pasti disayang Tuhan?
Apakah orang terkenal sudah pasti lebih benar?
Inti yang saya ingin katakan di sini adalah... Jangan berharap untuk terkenal. Fokuslah pada pesan apa yang ingin kamu sampaikan dengan karyamu.
Fokuslah kepada apa yang kamu sukai.. Bahwa kamu memasak jamur itu karena kamu suka jamur itu bila dimasak dengan garam.

Karena sebenarnya kita manusia ini lebih penting bisa bermanfaat bagi orang lain, daripada menjadi terkenal. Terkenal hanya bonus.

Lucinta Luna terkenal tapi dia terkenal karena hal negatif.... Saking kepinginnya terkenal.

Jadi itu pesan saya... Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua. Tetap berkarya dan sekalipun apa yang telah saya katakan di atas...  Saya berharap kalian yang hendak "mencuri" jamur orang 😉 ingat untuk memberi kredit pada artist yang bersangkutan. Tidak ada salahnya karena semua ide sesungguhnya bukan dari kita, tapi diberikan oleh semesta dan kita mampu menangkapnya.

Keep writing 👍🍻

Jadi, Kamu Pingin Jadi Penulis?Where stories live. Discover now