Bab 345: Tolong Katakan padaku

1.1K 110 1
                                    


Penerjemah: Terjemahan Henyee Editor: Terjemahan Henyee

Sudah sebulan sejak tesis Lu Zhou dipublikasikan di JACS; perdebatan tentang model teoritis dari antarmuka elektrokimia menjadi semakin dan semakin intens.

Karena kontroversi ini, tesis ini semakin mendapat perhatian.

Meskipun ia tidak memilih untuk tunduk pada jurnal populer Science, Science masih membuat "sorotan" untuk tesisnya.

Tidak hanya itu, ahli kimia teori terkenal dan pemenang Hadiah Nobel 2013, Profesor Martin Karplus dari Universitas Harvard, diundang untuk menulis tinjauan ilmiah dan mengomentari hasil penelitian.

“... Aku sudah memperhatikan tesisnya, dan aku tidak berharap hasilnya akan keluar begitu cepat. Ini tanpa diragukan merupakan prestasi yang luar biasa. Saya cukup optimis pada kebenaran penelitian. Namun, itu menjawab banyak masalah mengenai antarmuka elektrokimia, jadi saya punya beberapa pertanyaan yang belum terselesaikan.

"Sejauh ini, Hadiah Nobel hanya diberikan kepada bidang kimia komputasi dua kali. Saya percaya bahwa Hadiah Nobel akan mengunjungi bidang ini lagi dalam waktu dekat. "

Sebelumnya, Martin Karplus memberikan kontribusi luar biasa pada simulasi multi-skala desain sistem molekuler yang rumit dengan mengusulkan persamaan Karplus untuk hubungan antara konstanta kopling dan sudut dihedral. Inilah alasan mengapa ia menerima Hadiah Nobel 2013 dalam bidang kimia.

Dia adalah seorang ahli kimia teori yang juga mahir dalam matematika. Karplus membuat banyak kontribusi luar biasa dalam bidang-bidang seperti kimia kuantum, biomakromolekul, dan model dinamika molekuler.

Karena itu, ulasannya tentang tesis Lu Zhou mendapat perhatian luas.

Terutama karena Sains adalah salah satu dari dua jurnal top di dunia, banyak sarjana di luar bidang kimia mampu membaca ringkasan tesis.

Pada saat yang sama, sebuah foto beredar di Twitter di antara para mahasiswa Universitas Columbia.

Itu adalah foto seorang pria yang berdiri di depan patung Thinker.

Keterangannya ada dalam satu baris.

[Seorang manusia fana melihat alam semesta melalui patung perunggu.]

Foto ini diambil sebulan yang lalu.

Rupanya, itu diambil oleh seseorang dengan gelar PhD dalam filsafat yang sedang berjalan kembali ke apartemennya.

Pemegang PhD ini berpikir itu menarik bahwa seseorang berdiri di depan patung "Thinker" begitu lama, oleh karena itu ia mengambil foto.

Setelah kembali ke rumah, pemegang gelar PhD minum alkohol dan muncul tulisan untuk Twitter.

Dia tidak menyangka tweetnya akan ditemukan sebulan kemudian.

Sebenarnya, tweet ini tidak menarik perhatian khusus sampai pemenang Hadiah Nobel 2013 memberi foto ini arti yang sangat berbeda pada Sains.

Itu membawa rasa karakter dan warna.

Meskipun semua orang tahu bahwa sebuah apel tidak mungkin mengajarkan Newton tentang hukum gravitasi, sebuah cerita memberi kesan romantis ilmiah kepada publik. Maka lebih mudah bagi publik untuk menyebarkan cerita.

Berdiri di depan patung perunggu “Pemikir” sambil menghasilkan teori kimia baru adalah jenis cerita yang persis seperti ini.

Namun, Lu Zhou tidak tahu bahwa hal-hal ini terjadi di Twitter. Dia hanya menyadari bahwa dia lebih sering dikenal di kampus Columbia; beberapa orang bahkan mengambil foto bersamanya.

✔Scholar Advanced Technology System [2]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang