Bab 376: He3 Atom Probe

963 95 0
                                    

Penerjemah: Terjemahan Henyee Editor:Terjemahan Henyee

Pada ujung tombak fisika teoretis, adalah umum untuk melemparkan partikel ke dalam sistem kacau yang tak terduga.

Kemudian, sistem dapat diamati secara tidak langsung oleh gerakan partikel.

Sebenarnya, ide proposal eksperimen Lu Zhou berasal dari pekerjaan sebelumnya di CERN.

Seluruh sistem plasma bisa diperlakukan seperti meja biliar di mana memainkan tembakan bisa memberi tahu Anda di mana bola berada.

Adapun partikel yang akan memainkan peran "bola putih", tidak ada pilihan yang lebih baik daripada helium-3.

Pertama-tama, diameter atomnya kecil. Itu terdiri dari dua proton dan satu neutron, yang dekat dengan massa atom helium-2, dan struktur nuklir lebih stabil daripada helium-2!Tidak hanya itu dapat menghindari tabrakan multi-atom dibedakan, tetapi juga bisa melewati plasma lebih mudah.

Untuk mencapai suhu di mana reaksi fusi terjadi antara helium-3 dan deuterium, diperlukan suhu seratus kali medan magnet.

Karena itu, tidak ada pilihan yang lebih baik daripada helium-3!

Karena sejumlah besar partikel dalam sistem plasma, efek atom helium 3 pada seluruh sistem dapat diabaikan. Bagaimanapun, melemparkan satu atom ke dalam sistem jauh lebih baik daripada memasukkan probe atom!

Atom helium-3 melewati plasma dan bertabrakan dengan partikel-partikel dalam sistem. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dalam tabrakan akan bertindak sebagai "suara", yang bisa didengar oleh perangkat pengamatan. Dengan menggunakan data ini, parameter makro dan mikroskopis dari sistem plasma dapat dianalisis.

Setelah itu, atom helium-3 akan bertabrakan dengan bahan target dan data dampak juga akan direkam.

Selama atom helium-3 bertabrakan dengan sistem plasma, dan data gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh tabrakan dan data dampak pada bahan target dapat dikumpulkan, Lu Zhou yakin bahwa ia dapat secara tidak langsung menganalisis sistem menggunakan metode matematika.

Ini bisa dimasukkan ke dalam analogi sederhana.

Jika seseorang mengukur indeks bias air, mempelajari seluruh sistem air itu sendiri akan terlalu rumit. Namun, mempelajari satu berkas cahaya yang disuntikkan ke dalam air dan mengamati perubahan sudut akan jauh lebih mudah.

Eksperimen Lu Zhou terdiri dari menyuntikkan partikel helium-3 ke dalam sistem plasma!

"... Kita hanya perlu menyiapkan bahan target berbentuk telapak tangan besar di dinding pertama stellarator untuk menangkap partikel helium-3 yang dipancarkan dari pistol atom yang dapat dihasilkan oleh tumbukan helium-3 dengan atom tritium di siklus emisi. Sinyal gelombang elektromagnetik dan data momentum sudut tumbukan ketika helium-3 akhir mengenai target dapat direkam. Kemudian, kita secara tidak langsung dapat menganalisis keadaan plasma di bawah tekanan suhu tinggi! "

"Saya tidak mengatakan bahwa itu tidak dapat dilakukan," Profesor Lazerson memandang Lu Zhou dan berkata, "tetapi apakah Anda yakin bahwa Anda dapat memproses data? Jika kita meluncurkan partikel N, maka ada variabel N yang akan terlibat! Kami juga harus mempertimbangkan gangguan medan magnet pada plasma ... "

Dengan variabel yang cukup, bahkan komputer super tidak akan dapat menghitung model.

Namun, Lu Zhou tidak kaget dengan kata-kata Lazerson.

Lu Zhou yakin, dan dia berkata, "Saya memiliki 90% kepastian bahwa ini akan berhasil."

Meskipun membangun model matematika terdengar membosankan, itu bukan superkomputer yang tidak bisa dipecahkan.

✔Scholar Advanced Technology System [2]Where stories live. Discover now