#Part 6 of 2 [sisi kehidupan-Andy]

85 14 0
                                    

Bergulatnya dengan waktu, silih berganti yang mewarnai kehidupan, hingga Andy sendiri sulit untuk memikirkan dirinya sendiri. Dalam usia yang sudah cukup matang mencapai kepala 3 lebih ia masih sibuk melayani masyarakat dalam dedikasinya menjabat sebagai Dokter specialis ahli bedah. Profesinya lah yang sulit memberi peluang waktu untuk mencari pendamping hidupnya dengan menangani 2 rumah sakit besar tempat ia bekerja mengasah ilmu yang dimiliki dalam kemampuannya.

Kedua orangtua sangat mengharapkan Andy segera menikah, sementara adiknya sendiri Wina sudah menikah melangkahi dirinya sebagai kakak tertua. Andy tidak pernah mempermasalahkan hal itu, meskipun ia berasal dari notabene kedua orangtua nya yang masih cukup kental dengan memegang teguh tradisi adat jawa. Tekanan demi tekanan membuatnya ia menyerahkan urusan pendamping hidupnya pada kedua orangtuanya agar di pilih sesuai keinginan mereka sebagai orangtua.

Andy memang anak yang sangat patuh pada kedua orangtuanya dari semasa ia sekolah. Keberhasilannya yang bergelar sebagai Dokter Specialis itu sesungguhnya atas keinginan kedua orang tua yang selalu mensupport serta dukungan penuh menjadi suatu kebanggaan tersendiri dalam keluarga, sebagai anak tertua dan laki satu-satunya dimata keluarga.

Tentunya pilihan yang akan mendampingi Andy itu bukanlah sembarang. Latar belakang keluarga hingga jabatan wanita itu haruslah yang seimbang dalam kreteria bibit bebet dan bobot menjadi suatu alasan untuk gambaran keluarga dalam tradisi.

Wanita itu bernama Ayundira Puspa, seorang gadis yang bekerja di instansi pegawai negeri Kejaksaan Agung dengan profesi jabatannya sebagai Jaksa di lingkup kepemerintahan.

Ayundira yang sering dipanggil Ayu (sebagai nama panggilan kecil), ini sama halnya dengan Andy yang menyerahkan seutuhnya perjodohan atas dirinya pada kedua orang tua.

Sesama kedua orang tua dari pihak Andy maupun pihak Ayu sama-sama sudah sangat saling mengenal, hingga tidak ada kecanggungan dari kedua belah pihak untuk merangkai suatu perjodohan pada anaknya masing-masing.

Kakeknya Andy dan Kakeknya Ayu sama-sama masih bergelar bangsawan dalam tradisi jawa yang cukup kental, hingga kedua orang tuanya sangat menghargai tradisi leluhur yang mengagungkan harkat dan martabat keluarga.

Dan pernikahan mereka akhirnya terlaksana dari awal proses pengenalan yang cukup singkat, sampai pada prosesi adat Jawa yang cukup meriah yang di warnai tradisi.

Sayangnya di saat momen yang indah itu Andy tidak di damping oleh kedua sahabatnya yaitu Rendy dan Darma yang biasanya mengisi hari-harinya semasa kuliah. Roda kehidupanlah yang sulit mempertemukan mereka hingga terpisahkan oleh keadaan yang tidak bisa terelakkan.

Bagaimana pun juga Andy masih tetap tidak bisa melupakan mereka sebagai sahabat, namun begitu waktu jua lah yang mewakili persahabatan mereka, dengan kehadiran sosok pasangan hidup yang menghibur mereka dalam mengisi hari demi hari sampai dimasa tua tiba.

Semakin hari semakin indah yang di rasakan Andy setelah menikah, hidupnya lebih bergairah dan teratur, hingga semakin percaya diri atas langkah yang ia lakukan bersama istrinya. Selain itu, Andy juga dapat merasakan kebahagian dan kebanggaan tersendiri bagi kedua orang tua yang sudah diusia senja. Kebahagiaan itu makin bertambah setelah Andy dan Ayu memiliki seorang anak laki-laki yang diberi nama Sastra Wira Pratama. Begitulah sisi kehidupan yang Andy lalui bersama keluarga kecilnya, yang senantiasa membuat ia bersyukur atas segala apa yang ia miliki.

********************

Langkahku Bagian dari BayanganmuWhere stories live. Discover now