Case 8 : Continental Drift

6.2K 1.4K 241
                                    

Pergeseran Benua.

-

"Bisa tidak kalian datang kepadaku dengan raut wajah bahagia sekalipun membawa kabar buruk, hah?!"

"Matt, Luis? Kalian menemukannya?"

"Jika dia menyuruh kita semua mencari habitat mikro, mengapa harus sampai sejauh ini? Debu disekitar kita bahkan lebih mudah untuk mencari makhluk mikro sekalipun!" Matt  emosi.

"Atau dia sedang mengerjakan sesuatu yang tidak ingin kita ketahui," sambung Ethan sambil mengingat percakapannya dengan Eric saat ditelepon tadi.

"Menurutku dia hanya dendam padamu, bung. Dan kami semua terkena imbasnya!" Sahut Luis mengatakan apa yang dipendam oleh semua kru selama ini.

Damian menatap Luis dengan tatapan sialan-bodoh-jangan-katakan-itu-secara-langsung!

"Benar," jawab Ethan kosong, "Kemasi barang kalian. Lupakan misi ini, besok kalian akan pulang."

"I'm in home now.  Aku sudah pulang ke negara asalku, man."  kata Damian.

Ethan tersenyum, "Right. Tapi apa kau pikir bisa tenang karena kembali pulang dengan cara seperti ini? Temanmu masih koma, stupid!"

"Ada hal penting yang perlu kalian ketahui. Tapi aku tidak bisa mengatakannya secara terang-terangan," kata Damian.

"Sebaiknya kita masuk, guys. Gerimis!" Luis menginterupsi, kemudian semuanya masuk kedalam penginapan yang entah mengapa auranya terlihat suram.

"Anjay, mengapa sepi sekali disini?" Tanya Moris.

"Oh, kalian datang rupanya. " sambut Megan dengan raut wajah biasa saja. Lalu disusul oleh Alan yang dibelakangnya, tengah berdiri sambil menatap beberapa orang yang ada dihadapannya, kini dengan tatapan penuh akan penjelasan.

"Aku mendengar percakapanmu dengan direktur." kata Alan kepada Ethan.

"O-ow, rasanya atmosfer semakin menipis disini," kata Moris, kompor.

"Dimana Martin?" Tanya Ethan.

"Jangan mengelak. Dia sedang bersama Daniel. Jadi, mengapa kau tak bilang?"

"Matt, Luis, katakan padanya."

"Oke.  Alan, so-"

"Itu adalah sebuah kinemetric.  Di zaman sekarang, sangat jarang negara yang masih memakai Kinemetric  untuk mendeteksi gempa secara manual. Kau tahu mengapa? Karena terlalu beresiko. Salah sedikit saja pemasangannya, kau tak akan bisa tidur nyenyak. Kinemetric tidak dijual secara umum sekarang. Beberapa membelinya untuk kembali dibongkar-pasang bersama peneliti. Namun untuk orang ini, kurasa disengaja."

"Apa maksudmu?"

Alan mengeluarkan ponselnya, karena ia adalah seorang ahli Geologi, ia juga mempunyai sensor didaerah yang rawan bencana seperti yang ia tunjukkan saat ini; Islandia.

"Kau lihat titik merah yang berkedip ini? Ini adalah seismograf milik NOAA  yang merekam aktivitas episentrum didalam lempeng tektonik di Madagascar.  Gempa dengan kekuatan 3,2 SR  baru saja mengacaukan salah satu wilayah di Islandia."

"Excuse me, tapi apa hubungannya dengan—hei, apa yang kita bahas sebenarnya?" Tanya Luis.

"Tak ada gunung aktif atau apapun di Madagascar. Atau sesuatu yang memicu terjadinya gempa ini." Alan men-zoom gambar di ponselnya, "Lempeng tektonik di Madagascar  terhubung satu jalur dengan lempeng tektonik di Islandia."

NASA : Tardigrada (3) | SUDAH TERBITTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang