Case 19 : The Plate

4.4K 1K 103
                                    

Bukan piring. PLATE dalam artian lempeng.

-

Semua yang terlewati terasa sangat janggal.

Ethan kira masalah Hybrid sudah selesai. Nyatanya Eric mengetahui hasil karyanya, dan menjual informasinya kepada orang China itu. Dan siapa Jason? Ethan seidikit mencuri dengar percakapan mereka berdua barusan.

Mau tidak mau ia menyerahkan tardigrada itu kepada Eric, karena yakin dengan penelitian Alan. Fokusnya terpecah sudah, ia juga berpikir apa yang Eric lakukan hingga Loski ikut terseret kedalamnya? Semua pertanyaan beruntun ini membuatnya gila.

Sementara Alan, tengah mati-matian mendapatkan informasi dari ahli geologi lainnya. Hanya dari BMKG dan NOAA. Sensornya terus menunjukkan sebuah peringatan saat mereka menginjakkan kaki pertama kali di Kalimantan. Ia hanya berspekulasi bahwa kinemetric disana memang rusak karena ulah orang-orang asing itu, ralat, dirinya juga termasuk orang asing. Namun, sensor itu tidak berarti apa-apa. Ia sangat berterimakasih kepada Caitlin, walau rekannya itu berada di pihak yang salah.

"Mrs. Caitlin Johanssen? Long time no see, do you remember me? I'm Didit" sebuah pesan terpampang saat akun Caitlin mengakses sistem BMKG.

Alan menyadari sesuatu, ia sedang memakai akun Caitlin. Ia meng-klik profil pria bernama Didit itu yang ternyata adalah KPS.

(KPS : Kepala pusat seismologi teknik dan geofisika potensial di BMKG tingkat eselon 2.)

Alan akan jujur. Segera ia membalas pesan tersebut.

"Alan SR. Ahli geologi dan astronot NASA GS-12 tahap 10. Singkat saja, aku rekan kerja Caitlin. Melihat dari bidangku sepertinya aku tidak perlu lagi menjelaskan mengapa aku menghubungi BMKG,"

(Tingkat GS-12 tahap 10 adalah tingkatan astronot dari 10 tahap dan dari 2 tingkat yang ditetapkan oleh NASA. Gajinya sendiri sekitar 1,1M per tahun atau setara dengan 93,5 jt sebulan).

"Apa yang bisa saya bantu, Mr. Alan?"

"Kami terpecah menjadi 2 tim. 1 tim berisi 4 orang yang berurusan dengan LAPAN, dan tim satunya adalah diriku sendiri yang akan bekerjasama dengan kalian. Jujur, aku tidak mendapat izin dan mungkin kurang dukungan. Tapi percayalah, semua perkiraanku akurat dan, kau harus melihat ini,"

Alan mengirim sebuah koordinat dua tempat yang berbeda. Koordinat pulau Madagascar dan negara Islandia. ia juga mengirim koordinat kota Canberra, serta tempat dimana ia terakhir kali berada, Kalimantan.

Tak lama kemudian, sebuah permintaan obrolan video seperti Skype muncul di layar laptop Alan. Oh, kepala geofisika itu meminta rapat daring? sekarang Alan benar-benar merasa work from home.

"Apa pendapatmu mengenai yang kukirim tadi, Dit?" Tanya Alan langsung to the point.

"Mengingat koordinat yang kau kirim adalah koordinat dimana para kinemetric berada, aku harus menyerahkannya kepada Eselon 2, Rahmat, kepala pusat gempa bumi."

"Tidak, tidak, jangan! koordinat ini bahkan kurahasiakan dari USGS maupun NOAA. Bahkan jika perlu aku akan menghubungi pihak Pacific Northwest daripada menghubungimu yang malah menyerahkan semua ini langsung kepada kepala pusat gempa bumi!" Alan emosi, "maaf, beban pikiranku sangat banyak."

Didit tersenyum, "Bung, BMKG adalah suatu organisasi khusus penanganan masalah seputar muka bumi. Kami tidak bekerja sendirian. Dan masing-masing dari kami memegang bidang penting yang berbeda namun masih berkaitan satu sama lain. Jika kau membutuhkan bantuan kami, beginilah cara kami bekerja. Dan kau harus mematuhi peraturan ini,"

"Beberapa waktu lalu, tim laboratorium kami ditugaskan ke salah satu pulau di negaramu. Anggap saja, sebuah misi tambahan tanpa pengurangan waktu libur kami-"

"Aku tahu, koordinatmu memang akurat, Mr. Alan. Beberapa waktu lalu, kepala bagian pemantauan dan evaluasi Eselon 3 kami melaporkan bahwa 1 dari 6 kinemetric yang terpasang mengalami kerusakan,"

"Bukan masalah itu," Alan mengambil buku catatannya yang penjilid-nya sudah rapuh, "Kubacakan hipotesisku,

Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.Jalur pertemuan lempeng berada di laut sehingga apabila terjadi gempa bumi besar dengan kedalaman dangkal maka akan berpotensi menimbulkan tsunami-"

"Penjelasan yang masuk akal untuk alasan mengapa Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan tsunami, Mr. Alan," potong didit.

"Selain ahli geologi dan astronot, aku seorang pakar teknisi. Aku tak segan meretas data-datamu jika sekali lagi kau memotong penjelasanku, dit"

"Secara tak langsung kau menyatakan bahwa dirimu hacker?"

"Lupakan. ketiga lempeng tersebut saling bergerak dan tidak pernah berhenti selama Bumi berputar. "Pertanyaannya adalah, kapan lempeng akan melepaskan energi. Itu yang tidak kita tahu," dan coba kau hubungkan 4 koordinat tempat itu, kau akan tahu lempeng mana yang akan melepaskan energi dalam waktu dekat,"

Didit terlihat mengerutkan keningnya, dan berlagak membenahi kacamatanya yang bahkan tidak longgar sama sekali, "Aku sama sepertimu, Mr. Alan. Ada beberapa hal yang harus kukerjakan, akan kuhubungi kau nanti,"

"Tidak-tidak, dit, jangan kau-"

Panggilan terputus. Alan berdecak. Ia di tim 2 seorang diri, dan kali ini ia benar-benar merasa harus bekerja seorang diri. BMKG tidak mempercayai analisisnya. Yang ia lakukan hanyalah menyelesaikan penelitian Tardigrada secepatnya.

Dunia bahkan enggan mengetahui keberadaan dan pemikiran seorang Alan.

***

"Mengapa sepi sekali disini?" Tanya Awsten saat mereka memasuki sebuah ruangan di lantai pertama.

"Mobil Benedict telah tiba, kolegaku dari WHO. Seharusnya ia disini. Apa bunker ini selalu sepi?" Tanya Loski sambil menyalakan ponselnya.

"Kalau tidak sepi, aku tidak akan bisa menyusup dulu,"

"Bunker yang sangat hebat. Akan kubeli kapan-kapan," kata Loski santai, sementara Awsten menatapnya terkesima. jiwa miskinnya memberontak.

"Oh, Ben? Kau sudah tiba?"

"Kurasa mereka melarikan diri. Ada dua pasien disini, seorang anak kecil dan seorang pria,"

"Melarikan diri?"

"Eric bukan tipe orang yang tidak bertanggungjawab seperti itu, Mr," sambung Awsten.

Tunggu, beberapa menit yang lalu mata-mata kecilnya-Daniel bilang bahwa Ethan saat ini sedang bersama seseorang bernama Eric. Itu artinya,

"Eric ada di Washington. Kurasa temanmu sekarat dan benar-benar ditinggalkan," kata Loski.

NASA

ini bau2 nya mo tamat tp rasanya masi lama. dahlah, mari ngabubu-read sambil nunggu buka puasa.













NASA : Tardigrada (3) | SUDAH TERBITTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang