Case 38 : Did you know?

4.1K 930 420
                                    

Tahukah kamu?

Apa hanya dengan NASA saja sudah cukup?

Atau, NOAA?

Sudut pandang yang lainnya?

Ada beberapa misteri yang ada baiknya tidak terpecahkan.

Misteri di ruang angkasa, bagian laut terdalam, makhluk sub-atomik, dan ...

Kehidupan.

Did you know?

You think you know,

You know nothing.

NASA : TARDIGRADA

.
.
.

RIVER ingat. Terakhir kali ia mengalami kebocoran kostum dua kali setelah Doris merusak hampir seluruh sistem HAB.

Lalu setelahnya, semuanya menjadi gelap. Setidaknya ia berpikir kegelapan menyelimutinya selama beberapa jam kedepan. Tak lebih.

Namun hal itu hanya berlaku di Mars.

Kasusnya menjadi buah bibir hampir masyarakat dunia. Dia hanya koma biasa. Begitulah penjelasan para medis. Beda lagi penjelasan oleh para astronom, hal ini sama sekali tidak berkaitan dengan medis.

Bayangkan saja, penjelasan akan kejadian yang disebut koma harus dijabarkan oleh para ilmuwan menggunakan rumus dan angka. Damian pernah berharap, semoga saja para ilmuwan itu tidak menaruh dendam kepada River saat ia dapat membantah takdirnya nanti.

LAPAN, INDONESIA

"Akan kuperjelas lagi. Relativitas mempengaruhi semua pada River. Dia tak sadarkan diri saat hal itu berlangsung. Maka secara tidak langsung River beradaptasi dengan waktu yang ada dalam cakupan peristiwa tersebut. Dalam Relativitas, ruang dan waktu tidaklah konstan. Seperti contoh saat kita melihat seseorang berwajah babyface. Kita mengira seseorang dengan wajahnya seperti itu terlihat seperti masih umur muda atau remaja. Faktanya, bisa jadi orang itu telah berumur 30 tahun ke atas atau bisa lebih. Kesimpulannya, tubuh River menganggap bahwa dia hanya koma selama 2 jam. Padahal aslinya, dia telah tak sadarkan diri selama 6 tahun. Itulah Relativitas,"

"Jadi maksud anda, seiring bertambahnya waktu tahunan di Bumi, maka hanya bertambah waktu hitungan jam bagi River?"

"Sederhananya, River hanya koma selama 2 jam. Mantan astronot NASA pun sudah memperjelasnya, efek dari Tunguska adalah apa yang disebut dengan Relativitas. Terbukti saat A-397 tiba di Bumi, para awaknya bilang mereka hanya melakukan perjalanan sekitar 6 bulan lebih cepat dari waktu keberangkatannya. Jika perjalanan Bumi-Mars memakan waktu 289 hari menggunakan pesawat Hermes, dan 233 hari jika menggunakan A-397, bukankah terasa janggal jika A-397 tiba di Bumi hanya dalam waktu 65 hari pada saat kepulangannya?"

"Profesor Moedji Hidayat-" kata salah seorang hadirin berkacamata mengangkat tangannya, tanda ingin bertanya sambil memeriksa kembali pertanyaan di buku catatannya.

"Ya, Sugar?"

"Jika Relativitas berlaku bagi astronot River dengan hitungan waktu saat di Mars lebih cepat dari Bumi, mengapa pada saat A-397 waktunya justru terasa cepat di Bumi dan lebih lama di Mars?"

NASA : Tardigrada (3) | SUDAH TERBITTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang