Awal Kisah bermula

762 139 87
                                    

Holla👋👋 Kakak persembahkan cerita ini untuk kalian kalian anak anak SD yang bakalan masuk ke SMP/MTS/Sederajat yang kalian inginkan ya.

Cerita kakak!!!!

Kakak lulus SD itu tahun 2013 di salah satu SD Negeri di Jawa Timur, di SD kakak bukanlah siswa dengan segudang prestasi, Alhasil ketika hasil akhir belajar Kakak di SD tak setinggi apa yang kakak prediksikan (Eh tapi jujur SD tuh kakak gak mikir target harus nilai berapa, cuma kakak pengen dapat piala aja udah) dulu kan di SD kakak itu kalo masuk tiga pararel sekolah bakal dapat piala, tapi sayangnya kakak gak dapat itu piala. Hasil ujian akhir Kakak di pararel sekolah cuma pas di angka 11, jadi tuh Kakak cuma dapat ucapan selamat gak dapat piala. Tapi ya udalah umur segitu kakak gak mau ambil ribet, pokoknya lulus terus di terima di SMP yang kakak inginkan, simple kan.

Dulu jaman Kakak itu ada skala prioritas namanya, jadi kita disuruh milih tiga sekolah yang kita tuju, dari yang gradenya paling tinggi sampe yang terendah. Jaman kalian gitu juga gak sih? Jadi waktu itu kakak prioritaskan sekolah yang kakak inginkan (tapi sebenernya itu kakak milih karna teman kakak banyak yang disana bukan dari hati kakak) Kalian pasti juga mikir kan gimana ntar di SMP kalian gak ada teman satu sekolah gitu terus kalian punya hayalan yang mengerikan, nah sama kakak juga gitu dulu dek. Jadi kakak ikutan temen kakak, pengen disana dan orang tua juga mengizinkan toh SMP yang kakak tuju itu beneran sekolah favorit yang jalur masuknya berbasis tes bukan dari NEM (Nilai Ujian Akhir). Jadi Kakak ikut aja tuh serangkaian tesnya.

Kakak pada waktu itu pilih :

1.SMP Negeri 5
2.SMP Negeri 11
3.SMP Negeri 8

Jadi itu yang kakak prioritaskan adalah SMP 5 bayangan Kakak waktu itu bakalan lolos disana. Kakak inget itu hari senin di ruang 10 pojok kiri sebelah taman, kakak duduk dibangku nomer 2 dekat jendela. Dalam waktu dua jam Kakak harus mengerjakan 120 butir soal pilihan ganda dan uraian yang terdiri dari Mapel B.Indonesia, Matematika, Ipa, dan Bahasa Inggris

Jujur Kakak keluar ruangan itu udah kek orang linglung tau gak, itu soal beda jauh dari pelajaran yang kakak terima di SD, Apalagi Matematika. Sebenernya Kakak juga heran dari dulu lemah banget dalam menghitung angka daripada memahami bacaan, seserius apapun Kakak berusaha paham itupun gak lama kemudian hilang, beda dengan memahami bacaan.
Kembali ke topik, Seminggu kemudian hasil tes muncul dan terpampang di mading SMP itu, ratusan anak yang daftar berbondong bondong datang untuk mencari nama mereka masing masing begitu juga dengan kakak. Satu persatu Kakak urutkan, Kakak ingat itu peserta yang lolos sejumblah 312 dari sekian pendaftar namun tak satupun nama Kakak disana, bahkan Kakak baca berulang kali namun hasilnya tetap nama Kakak gak terpampang mereka. Sedih dong pasti, kakak bawaannya cuma pengen nangis saat itu, tapi kata ibu Kakak kita harus cek di prioritas kedua dan ketiga ternyata kuota disana penuh. Binggung dong gimana ini Kakak harus sekolah dimana, satu satunya jalan hanya diswasta tapi Kakak anti banget tuh sama yang namanya swasta (Mohon maaf bukan apa, karna disana biayanya mahal) Kakak ngerasa udah terlalu membebani orang tua tak mau menambah beban mereka, Kakak cuma minta sekolah di Negeri tapi kan udah gak ada kuota dimana mana juga. Terus Kakak hari itu juga ketemu sama satu orang yang sarankan kakak untuk masuk lewat "Pintu belakang" kalian tau istilah itu gak sih?
Jadi itu istilah untuk membeli satu kursi di sekolah negeri, tanpa jalur tes tapi lumayan mahal lah uang pelicinnya. Upszzt. . jangan dibahas terlalu jauh kalian sudah paham pasti, tapi aman Kakak juga gak mau dengan jalan licik itu. Terus ibu Kakak bilang Antartika mau di pondok gak? Terus aku bilang enggak, swasta gimana? Aku jawab enggak juga, terus ditanya lagi maunya kamu apa? Di sekolah negeri dong pasti tapi udah gak ada yang buka pendaftaran, disitu udah mulai binggung bakal gimana. Sampai akhirnya Kakak dapat info bahwa di MtsN lagi ada pendaftaran gelombang kedua, hari itu juga kita gencar kesana. Kakak ingat itu kawasan busana muslim tapi kakak cuma pakek celana jeans sama kaos oblong, kata orang itu hari terakhir pendaftaran dan bakalan tutup jam 11.00 Kakak hari itu datang pukul 10.45 Kakak disuruh ngisi formulir sebanyak 3 lembar masing masing lembar ada pas foto ukuran 3×4 tapi foto kakak hanya ada 2, Ibu Kakak bilang tuh sama panitia izin untuk cucikan foto, tapi kata panitia seadanya tidak apa apa. Jadi beneran itu Kakak daftar dengan berkas seadanya. Setelah daftar semua berkas beres Kakak pulang, dan itu baru terasa lumayan lega Kakak ada kesempatan kudua untuk bersekolah di Negeri. Itu benar benar hari yang melelahkan.

Sesampai dirumah Kakak baru mikir tuh, itu sekolah negeri tapi itu sekolah legend banget sama pelajaran agamanya. Bahkan nih ya itu baru sekolah pertama yang berani pulangkan sore siswanya karna mapel di sekolah itu yang bertambah dibandingkan dengan sekolah lain. Nah Kakak kan dari SD biasa bukan MI jadi Kakak takut gak kuat belajar disana yang kental sama agamanya, Alhasil Kakak merengek untuk mundur dari sekolah itu, tapi kata ibu Kakak itu pilihan terakhir kalo Kakak bener bener niat buat sekolah, kalo Kakak gak mau malah bakalan gak sekolah katanya. Jadi kakak cuma bisa mecucut jadinya.

Tiga hari kemudian, Kakak adakan tes tulis di Mts itu, sama sih soalnya 120 terdiri dari Mapel Matematika, B.indonesia, Mipa, dan B.Inggris + 50 soal Kemampuan dasar dan Pengetahuan agama. Legend dong itu Kemampuan dasar udah mirip soal masuk perguruan tinggi, susah banget ada Numerikal, Verbal dan semacamnya itu. Tapi Kakak pada saat itu gak mau ambil pusing, jadi Kakak cuma datang duduk ngerjakan, selesai minta pulang. Kakak ingat itu ruangan Kakak di ruang satu bangku urutan ketiga sebelah jendela, itu yang jaga ujian keliling mulu gak bisa diem bentar aja, sampe Kakak pusing lihat dia keliling.
Esoknya itu hasil ujian langsung keluar, dan betapa kagetnya Kakak lihat ada nama Kakak juga disana dengan nomer urut 181 dari 325 siswa yang diterima disana. Itu jujur ekspresi Kakak bukan lagi kegirangan terlalu seneng, malah Kakak gak percaya itu namaa Kakak, Kakak beneran gak mau sekolah disana. Kakak cuma minta pulang gak mau ambil itu sekolah padahal sebenernya itu salah satu sekolah favorit juga di kota Kakak hanya saja itu dibawah naungan Kementrian Agama. Tapi tetep kata ibu Kakak hari itu juga daftar ulang buat ambil seragam dan esoknya langsung Mos (Masa Orientasi Siswa). Kebayang dong jadi Kakak gimana harus sekolah di ruang lingkup asing dan Kakak bener bener harus adaptasi ekstra dan belajar lebih di sekolah favorit itu.

****************

Itu sedikit cerita Kakak waktu masuk di SMP yang kakak tuju, begitu rumit dan melelahkan. Jadi saran aja sih buat kalian yang mau masuk sekolah keinginan kalian, jangan seperti Kakak yang gak mengukur kemampuan hanya karna ikut ikutan temen bakalan susah sendiri di akhir. Itu zaman Kakak dengan jalur tes ya, sebenernya jalur ini tuh lebih baik kalo menurut Kakak, jadikan kalo lewat NEM cuma gede gedean nilai tuh, jadi gak ada peluang untuk mereka yang nilainya dibawah garis rata rata yang telah di tentukan sekolah tersebut. Tapi kalo sistemnya tes, siapapun boleh ikut, semua berkesempatan untuk masuk ke sokolah favorit itu asalkan dia bisa mengerjakan soal tes itu dan nilainya diatas ambang batas yang telah ditentukan. Tapi dek ngomong ngomong soal tes, itu soal yang Kakak kerjakan di tes masuk di Mts beneran sampe sekarang Kakak heran gitu, kenapa Kakak bisa lolos, padahal Kakak asal lingkarin itu jawaban tanpa pikir panjang. Jadi Kakak mikir saat itu dewi fortuna sedang bersama Kakak. Mungkin bener tuh Kakak emang gak pintar tapi hari itu keberuntungan Kakak sedang berpihak. Kalian pernah denger kan kata orang "Bahwa orang pintar akan kalah dengan mereka yang beruntung" jadi alhamdullilah banget tuh Kakak termasuk dalam golongan orang yang beruntung.

Oke itu sedikit cerita tentang Kakak, ada pertanyaan? Kuy corat coret di kolom komentar. Maaf kalo banyak typo bertebaran tandain aja ya ntar Kakak koreksi ulang. Maaf ya bahasanya gak baku, mungkin malah mirip dongeng sebelum tidur tapi apapun itu semoga kalian punya gambaran awal ya buat memilih sekolah yang kalian inginkan.

Happy Reading guys📖
Tbc. . .

Dear AdekelDonde viven las historias. Descúbrelo ahora