SNMPTN Berkisah

82 9 7
                                    

Come back dek. . .❤❤

Di capther sebelumnya adalah gambaran umum, penjelasan detail tentang apa arti SNMPTN itu sesungguhnya. Itu update terbaru 2019 lho dek😂

Jadi lebih gampangnya SNMPTN itu adalah seleksi masuk universitas negeri lewat nilai raport kalian dari semester 1-5 (Dari kalian kelas 10 sampe kalian kelas 12 semester 1). Nah nilai raport kalian itu gak semuanya bisa ikut SNMPTN, jadi hanya beberapa persen aja yang boleh ikut seleksi (Baru seleksi lho ya, bukan pasti lolos). Yang menyeleksi siapa kak? Ya sekolah kalian lewat PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) dek.

Jadi setelah launching SNMPTN itu kalian akan diberikan nomer pendaftaran dan pasword yang kalian gunakan untuk login pada laman PDSS.

Isinya PDSS itu apa kak?

Di PDSS itu berisikan tentang data kalian dan sekolah kalian. Jadi kalian pergi ke web PDSS lalu pilih data siswa, nah kalian disana akan di cantumkan daftar nilai kalian selama 5 semester. Tugas kalian adalah mengecek apakah data kalian sudah bener ataukah ada yang salah? Jika kalian menemuka ada data yang salah dimohon untuk segera melapor pada guru bk kalian yang berperan dalam koordinasi.

Cara cek data gimana kak?
• Emang kalo salah kenapa?
• Cara benerin datanya gimana?

Cek data kalian di web itu sama yang di raport kalian sama apa enggak, misal nilai bahasa Indonesia kalian 83 tapi di web di tulis 98. Nah itu yang mesti kalian laporkan pada guru bk agar nilai 98 itu dirubah menjadi 83 dan menjadi sesuai dengan raport kalian.

Kalo misal nilai itu di biarkan dan sekolah tidak tau atas kesalahan itu dek, Jikalau nanti kamu lolos SNMPTN akan ada verifikasi data dan raport kalian adalah kuncinya, jika data tidak sama maka di takutkan pihak universitas berpendapat bahwa sekolah kalian melakukan kecurangan, dan itu akan berakibat pada pendiskualifikasi kalian nantinya. Bukan hanya itu bisa saja ratting sekolah kalian di universitas itu turun, karna ulah kalian.

Cara benahin data kalian yang tidak sesuai cukup mudah kok, Kalian tinggal datang ke bk dan lapor ada data kalian yang salah.

Untuk pengecekan data pada laman PDSS itu dek semua siswa kelas 12 akan mendapatkannya,tapi satu minggu kemudian akan ada pengumuman siapa saja dari kalian yang bisa ikut pendaftaran SNMPTN ataukah tidak.

Dilihat dari apa kak penentuan siapa yg boleh ikut dan siapa yang tidak boleh ikut?

Dilihat dari akreditasi sekolah kalian dek, untuk tahun Kakak di 2019 ini untuk sekolah berakreditasi A mendapat kesempatan mendaftarkan muridnya di bangku SNMPTN sebanyak 40%, sedangkan sekolah berakreditasi B mendapat kesempatan 25%, dan sekolah berakreditasi C mendapat kesempatan 15 % untuk mendaftarkan muridnya.

Kak 40%, 25%, dan 15% itu satu angkatan atau per jurusan?

Per jurusan dek. Jadi misal di sekolah kalian ada jurusan Ips dan Ipa masing-masing jurusan ada 100 anak dan sekolah kalian berakreditasi A, maka 40% dari 100 anak Ipa dan 40% dari anak Ips lah yang boleh mendaftar di jalur SNMPTN. Sisanya? Kalian bisa ikut jakur SBMPTN dan jalur lainnya.

Paham gak sampe sini?

Ada pertanyaan? Mau tanya lebih detail bisa DM Kakak ya.

********


Kakak lolos SNMPTN gak?

Kakak cuma lolos 40% sekolah tidak untuk 20% di universitas yang Kakak inginkan.

Dear AdekelWhere stories live. Discover now