SMP vs MTS

188 98 13
                                    

Wihhh. . . Judulnya keren yah, seperti ayam aduan yang akan di tandingkan. Tapi disini Kakak gak mau membandingkan keduanya kok hanya saja Kakak ingin membuka sedikit lebih luas pandangan kalian apabila masih ada diantara kalian yang menganggap madrasah itu masih kuno, ketinggalan jaman, dan masih jauh dibawah standart SMP. Jangan salah ya dek bahkan sekarang madrasah namanya sedang berkembang pesat di masyarakat sekitar kita. Tapi bukan berarti juga SMP kalah saing dengan Mts ya, gini lho dek ibaratnya mereka itu serupa namun tak sama. Jadi kalian yang memilih Mts jangan merasa unggul di Mapel Agama, dan kalian yang di SMP jangan juga menganggap remeh teman kalian yang bersekolah di Mts ya.
Lho Kak bedanya Mts sama SMP biasa apa sih?? Kakak jawab ya dek.

SMP
Sekolah Menengah Pertama atau SMP merupakan sekolah yang dikelola dibawah Kemendiknas (Kementrian Pendidikan Nasional). Banyak SMP negeri hingga swasta di berbagai daerah. Di SMP akan diajarkan berbagai macam mata pelajaran umum. Artinya, semua pelajaran akan sama porsinya yang mana tidak akan ada pelajaran yang ditekankan oleh pihak sekolah. Sistem pembelajarannya pun biasanya sistem yang dapat diterima oleh semua kalangan karena memang SMP ini ditujukan untuk umum. Siswa berasal dari latar belakang agama yang berbeda-beda sehingga murid perempuan dibebaskan untuk mengenakan hijab atau tidak.

MTS
Madrasah Tsanawiyah atau MTS merupakan sekolah yang dikelola dibawah naungan Kemenag atau Kementrian Agama. Di MTS akan diajarkan berbagai macam mata pelajaran umum seperti SMP yang membedakannya adalah adanya penekanan pada mata pelajaran agama Islam. Artinya, siswa siswi MTS akan mendapatkan porsi yang lebih banyak dalam mempelajari agama Islam. Pendidikan agama Islam akan lebih menonjol dalam keseharian para siswanya. Karena sekolah berbasis islami maka siswi dan guru pun diwajibkan menggunakan hijab.

Sumber bacaan :

https://www.google.com/amp/s/labellecritique.wordpress.com/2017/02/08/memilih-sekolah-favorit-smp-atau-mts/amp/

**********

Jadi itu ya dek perbedaanya, sebenernya sama hanya saja di Mts kalian akan mendapatkan materi tambahan sebanyak lima Mapel Agama yang terdiri dari : Al-Qur'an dan Hadist, Akidah dan Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab. Lho Kak aku dari SD nih mau daftar di Mts, bisa gak? Adaptasinya susah gak? Kakak jawab, Kakak juga dari SD kok apa yang susah kalo mau usaha, ya kan."Semua itu perlu proses gak ada yang instan. Masak mie instan aja perlu direbus dan tambahkan bumbu, itu juga sebagian dari proses".
Jadi udah paham ya. Sekarang jangan suka membeda-bedakan teman kalian yang memilih bersekolah di Mts maupun di SMP umum

Happy Reading guys📖

Dear AdekelTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang